Bukan Hal yang Mudah, Begini Dilema Kuliah Sambil Kerja

Bagi banyak orang mengenyam pendidikan setinggi mungkin merupakan sebuah impian. Di saat bersamaan, biaya yang dikeluarkan untuk kuliah tidaklah sedikit. Demi mengurangi beban orang tua dalam membayar uang kuliah, ada juga yang memilih kuliah sambil kerja.

Oh iya, bicara mengenai kuliah sambil kerja, melakukan dua pekerjaan dalam satu waktu bukan perkara mudah, lho. Apalagi kalau kuliah yang diambil adalah kuliah reguler. Tentunya ada tantangan yang harus dihadapi dengan penuh semangat dan pantang menyerah agar bisa membiayai uang kuliah secara mandiri.

Inilah yang akhirnya membuat sebagian merasa dilema bila harus kuliah reguler sambil kerja. Kalau kamu berencana melakukan keduanya, simak dulu tantangan kuliah reguler sambil kerja berikut ini.

Tantangan Kuliah Reguler Sambil Kerja 

Berdasarkan pengalaman yang pernah melakukan kedua pekerjaan ini, berikut tantangan yang harus dihadapi ketika kuliah reguler sambil bekerja.

  • Tubuh Terasa Lebih Lelah

Jika mengambil kelas reguler, itu artinya jam perkuliahan berlangsung sejak pagi sampai sore, sementara di malam harinya kamu harus bekerja.

Kondisi ini jelas membuat tubuh terasa lebih lelah. Bagaimana tidak, setelah kuliah usai kamu hanya punya waktu sebentar untuk beristirahat sebelum akhirnya melanjutkan ke pekerjaan lainnya.

Selain fisik, kadang pikiran juga cepat lelah, apalagi kalau urusan kuliah dan pekerjaan sama-sama tidak berjalan baik.

  • Waktu Istirahat Jadi Berkurang

Ketika kuliah sambil kerja, itu artinya kamu harus siap kalau waktu istirahatmu jadi berkurang. Belum lagi jika dosen banyak memberikan pekerjaan rumah.

Sepulang bekerja alih-alih beristirahat kamu perlu terjaga lebih lama untuk merampungkan pekerjaan rumah. Sebisa mungkin jangan menunda pekerjaan tersebut karena bisa menjadi beban suatu hari nanti

  • Bisa Memengaruhi Kualitas Kerja

Merasa lelah selesai kelas adalah hal yang wajar. Tapi terkadang kondisi ini membuat kualitas bekerja di tempat kerja jadi menurun. Pikiran yang mengganggu mengenai tugas kuliah juga kerap memengaruhi perfomance di tempat kerja.

Kalau tak segera di atasi, bisa-bisa kamu mendapat teguran dari atasan karena dianggap tidak profesional. Wah, jangan sampai, ya!

  • Harus Pintar Mengatur Waktu 

Waktu menjadi berharga ketika kuliah dan bekerja dilakukan secara bersamaan. Tips supaya kamu bisa survive di kondisi ini adalah pintar mengatur waktu.

Ketika memiliki waktu luang di sela-sela kuliah, kamu bisa memanfaatkannya untuk beristirahat ataupun mengerjakan tugas. Kamu juga perlu merelakan waktu berkumpul dengan teman untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat.

  • Berisiko Jatuh Sakit Akibat Kelelahan

Selalu bekali diri dengan makanan yang cukup dan vitamin agar tubuh selalu bugar. Badan yang kelelahan akibat kuliah sambil bekerja bisa meningkatkan risiko sakit. Kalau sudah sakit, rutinitas pun bisa terganggu dan jadwal harian menjadi berantakan.

Tips Kuliah Sambil Kerja

Mau tahu bagaimana caranya agar bisa lancar kuliah sambil kerja?

Pertama, tentukan dulu kegiatan mana yang menjadi prioritas. Jika mengambil kuliah reguler, itu artinya kamu perlu mencari kerja dengan waktu yang lebih fleksibel seperti freelance. Selain fleksibel dari segi waktu, seorang freelancer juga bisa bekerja dari mana saja.

Sebaliknya, bila kamu seorang pegawai yang ingin berkuliah, kamu bisa mengambil kuliah kelas karyawan seperti yang disediakan oleh BINUS ONLINE LEARNING. Selepas kerja kamu bisa mengikuti kuliah yang digelar secara online. Jauh lebih praktis daripada harus datang ke kampus, kan?

Tips selanjutnya adalah pilihlah jurusan yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Dengan begitu antara kuliah dan urusan pekerjaan bisa mendukung satu sama lain. Sebagai contoh, misalnya saat ini kamu bekerja sebagai staf administrasi, maka kamu bisa mengambil program studi akuntansi atau manajemen.

Sekali lagi melakukan dua kegiatan penting seperti kuliah sambil bekerja dalam waktu bersamaan bukan sesuatu yang mudah. Perlu semangat juang yang tinggi dan kerja keras agar kedua aktivitas dapat berjalan lancar.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kompetensi diri, karier dan bisnis yuk, ikuti mengikuti serangkaian kegiatan ONE-X (Online Learning Expo) yang akan digelar pada 23 – 25 September 2021. catat dan ingat tanggalnya yah dan segera bergabung di ONE-X https://onlinelearning.binus.ac.id/one-x/