Mengapa Penting untuk Belajar Teknik Informatika?

Mengapa Penting untuk Belajar Teknik Informatika?

Hingga kini, Teknik Informatika masih menjadi salah satu jurusan yang difavoritkan mahasiswa, baik oleh mereka yang tertarik dengan bidang ini atau sekadar penasaran. Sejumlah perguruan tinggi pun mengklaim mempunyai jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia. Jika diperhatikan, Teknik Informatika menyajikan materi-materi yang sebenarnya cukup kompleks. Lantas, mengapa jumlah peminatnya terus bertambah? Inilah alasan-alasan yang menjadikan Teknik Informatika sebagai jurusan idaman para calon mahasiswa baru.

    Peka terhadap perkembangan teknologi
    Mahasiswa-mahasiswa yang melanjutkan studi di Teknik Informatika bisa dikatakan beruntung. Pasalnya, mereka akan dilatih untuk peka terhadap perkembangan teknologi yang lajunya semakin pesat. Hal ini pun akan membantu mereka mengikuti materi hingga berinovasi mengembangkan teknologi terbaru. Mengikuti tren di bidang teknologi pun tak akan membuat Anda lebih siap saat menghadapi perubahan berskala global.
    Mengetahui pemrosesan informasi pada komputer
    Anda yang kuliah di jurusan Teknik Informatika mungkin akan terkejut saat memasuki materi seputar pemrosesan komputer. Pasalnya, perangkat ini terdiri atas serangkaian proses rumit. Walau awalnya terasa sulit mengikuti, Anda yang fokus mengikuti pembelajaran akan mendapatkan sejumlah benefit. Misalnya saja mampu menganalisis sebuah sistem yang digunakan dalam perangkat dan merancang sistem baru yang lebih inovatif.
    Mampu mengembangkan software dan hardware
    Mengembangkan software dan hadware adalah salah satu materi utama yang akan Anda temukan di jurusan Teknik Informatika. Ketika mempelajari software, Anda akan dibimbing merancang perangkat lunak seperti aplikasi untuk smartphone. Sementara hardware berkaitan dengan perangkat keras seperti personal computer, printer, atau laptop. Bisa saja setelah lulus Anda dapat membuat sebuah hardware praktis dengan software yang user-friendly.
    Prospek masa depan yang menjanjikan
    Alasan lain yang membuat Teknik Informatika menjadi jurusan populer adalah prospek masa depannya yang menjanjikan. Sekarang, sudah semakin banyak perusahaan besar maupun perintis (startup) yang membutuhkan lulusan dari jurusan tersebut. Belum dapat pekerjaan yang cocok? Anda bisa menjadi freelancer atau pekerja lepas. Penghasilan yang diperoleh pun tak kalah besar dari pegawai yang bekerja di perkantoran.
    Lebih cermat saat membeli perangkat
    Selain memberikan manfaat-manfaat berskala besar, belajar Teknik Informatika secara tak langsung membuat Anda lebih cermat saat membeli perangkat. Ketika kuliah, Anda akan mengenali istilah-istilah seperti RAM, hard disk, GPU, coding, dan lain sebagainya. Setelah mengetahui fungsi hingga kelebihan dan kekurangannya, Anda dapat mengetahui jenis perangkat yang sesuai kebutuhan dan lebih cepat menemukannya saat pergi ke toko.

Masih mencari rekomendasi tempat dengan jurusan Teknik Informatika terbaik? BINUS Online Learning dapat menjadi pertimbangan, khususnya bagi Anda yang ingin menimba ilmu di tengah kesibukan kerja. Bersama BINUS, Anda akan mendapatkan materi-materi Teknik Informatika terkini dan terpercaya.