What You Should Know as a New Student

No Pertanyaan dan Penjelasan
1 Dari mana Mahasiswa akan mendapat seluruh materi perkuliahan?

 

Mahasiswa akan menggunakan Learning Management System (LMS) yang berbasis web dan mobile untuk mengaksesberbagai macam media antara lain video, ppt, lecture noted, forum diskusi, quiz, tugas dan ujian online. LMS diakses melalui https://ol.binus.ac.id/.

Akses LMS dan email binus.ac.id, perlu sign in microsoft dengan email dan password email binus Mahasiswa masing-masing terlebih dulu.

2 Apakah Mahasiswa mendapat orientasi?        

 

Ya. Sebagai Mahasiswa yang baru bergabung, di semester 1 periode 1 akan menjalani orientasi yang seluruh materinya akan tersedia di https://orientasionline.apps.binus.ac.id/ atau dari LMS lalu klik menu “Orientasi Mahasiswa Binus Online Learning”.

3 Dari mana Mahasiswa akan mendapat seluruh materi orientasi?

 

Mahasiswa dapat men-download materi orientasi di LMS (https://ol.binus.ac.id/) >> services >> rules and guidelines.

4 Apakah akan ada tatap muka selama perkuliahan?

 

Tatap muka dilaksanakan secara online melalui zoom meeting.

Mahasiswa perlu sign up akun zoom dengan email binus, karena join akses zoom vicon perkuliahan hanya akun zoom dengan email binus masing-masing.

Mahasiswa perlu akses menu video conference di LMS untuk klik attend, supaya otomatis absensinya tercatat di LMS.

5 Bagaimana jika Mahasiswa ada kendala terkait teknis atau operasional perkuliahan?

 

Mahasiswa dapat masuk ke zoom layanan, yang dapat diakses pada LMS, klik button “zoom consultation”, pada menu tampilan awal login, dekat informasi GPA.

6 Bagaimana Mahasiswa dapat melihat apakah kehadirannya sudah tercatat?

 

untuk cek attendance orientasi:

1. Dari LMS > menu > Student Orientation > pilih course > klik general orientation > scroll menu horizontal > pilih Attendance

2. Dari LMS Orientation > Scroll menu horizontal > Pilih Attendance

7 Apakah ada orientasi dan mata kuliah ada quiz yang harus dikerjakan?

 

Ya. Terkait quiz orientasi: quiz orientasi diakses di LMS Orientasi (klik tiap materi dalam kotak biru, scroll menu horizontal, pilih assignment & quiz) kalau sudah periode berjalan, setelah nilai quiz orientasi dinyatakan tidak lulus Mahasiswa bisa mengerjakan quiz kembali dalam 30 menit kemudian. Ulang terus sampai lulus dan sampai deadline. Pengulangan hanya berlaku untuk quiz orientasi saja, quiz matkul tidak bisa diulang.

8 Dari mana Mahasiswa mengetahui kode kelasnya?

 

Di LMS mata kuliah (https://ol.binus.ac.id/). kelas besar (selalu dimulai dengan huruf B) diakses hanya untuk vicon overview [biasanya di sesi 1 (atau week 1 atau 2) dan sesi 9 (atau week 6 atau 7)], selebihnya seperti akses tugas personal, tugas kelompok, quiz, vicon review, akses materi dilakukan di kelas kecil.

9 Dari mana Mahasiswa mendapatkan kalender akademik?

 

Kalender akademik yang akan update tiap periode, jadwal kuliah di kalender akademik, dapat di akses di LMS >> rules and guidelines >> general–kalender perkuliahan.

10 Bagaimana proses penilaian dalam setiap mata kuliah?

 

Absensi : 10%

Keaktifan Forum : 10%

Tugas Kelompok : 15%

Tugas Personal : 20%

Kuis : 15%

UAS : 30%

Semua kegiatan harus dilakukan, karena ada bobot masing-masing.

11 Bagaimana jika foto Mahasiswa belum tampil di LMS?

 

Mahasiswa yang baru bergabung dapat cek berkala di LMS, menunggu proses sync-nya secara otomatis.

12 Apa akreditasi Program Studi Manajemen BINUS Online Learning pada Program Sarjana Universitas Bina Nusantara?

 

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 8250/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020, Peringkat Akreditasi Program Studi PJJ Manajemen Pada Program Sarjana Universitas Bina Nusantara, Kota Jakarta Barat, adalah B, terhitung mulai tanggal 15 Desember 2020.

Prodi akan reakreditasi pada 2025.

 

Dapat dilihat pada link berikut:

https://online.binus.ac.id/business-management/post/akreditasi-prodi-pjj-mn/

https://online.binus.ac.id/business-management/post/faq-2/

13 Apakah Binus Graduate Point?

 

Mahasiswa selain mendapatkan pembelajaran dari mata kuliah, selama berkuliah juga perlu memenuhi Binus Graduate Point sebagai syarat kelulusan. Point ini dipenuhi selama berkuliah dari awal masuk hingga menjelang skripsi. 

 

Jumlah point yang perlu dipenuhi adalah sebagai berikut:

NIM 23 ke bawah : minimal 2 IE
NIM 24 ke atas : D3-S1 (IE = 20 ; IS = 10; OR = 50) dan SMA-S1 (IE = 30; IS = 20; OR = 80)

 

IE = international experience

IS = industrial sharing

OR = orientasi

14 Dari mana Mahasiswa mengetahui informasi penyelenggaraan kegiatan International Experience dan Industrial Sharing?

 

Informasi adanya kegiatan IE dan IS dipublikasikan di LMS tampilan dashboard dan di https://binus.ac.id/webinar

15 Dari mana Mahasiswa mengetahui jumlah point orientasi, point international experience, dan point industrial sharing?

 

Akses di LMS>>private>>e-certificate. Unduh sertifikat orientasi untuk mengetahui point orientasi.

Sedangkan point IE dan IS cukup menghitung jumlah e-certificate yang tersedia, yaitu 1 kali kegiatan IE atau IS adalah sebesar 10 point.

 

Jika mahasiswa tidak mengikuti orientasi selama 1 periode awal, maka poin orientasi adalah 0, dan tidak diberikan e-certificate orientation.

16 Bagaimana jika Mahasiswa tidak mencapai point orientasi maksimal?

 

Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan IE atau IS untuk menutupi kekurangan point orientasi. 1 kali kegiatan IE atau IS adalah sebesar 10 point.

Misal, Mahasiswa D3-S1 Nama XYZ mendapatkan 40 point orientasi, maka kekurangan 10 pointnya ditutup dengan 1 kali mengikuti kegiatan IE atau IS.

17 Apakah kewajiban Mahasiswa terkait International Experience (IE atau International Webinar)?

 

1) Mahasiswa wajib mengikuti IE setiap tahun minimal 1 kali.
2) Mahasiswa SMA-S1 wajib mendapatkan 3 sertifikat IE sebelum pengajuan proposal skripsi (untuk nim mahasiswa 24, 25, 26, dan seterusnya, jika nim 23 ke bawah, 22, 21, dan seterusnya IE 2 saja sebagai persyaratan pengajuan proposal skripsi).
3) Mahasiswa D3-S1 wajib mendapatkan 2 sertifikat IE sebelum pengajuan proposal skripsi.
4) Mendaftar kegiatan IE dengan email mahasiswa @binus.ac.id dan join zoom kegiatan IE dengan akun zoom yang juga login menggunakan email mahasiswa @binus.ac.id.
5) Untuk mendapatkan sertifikat maka harus mengikuti penuh acara IE dan mengisi exit ticket atau presensi yang biasanya diinfokan di akhir acara.
6) Mengikuti ketentuan dari panitia IE terkait penamaan di zoom (misalnya NIM – Nama Mahasiswa).
7) Dianjurkan simpan screenshot kehadiran saat acara sebagai bukti hadir (pastikan nama dan wajah terlihat dalam screenshot tersebut).

18 Apakah kewajiban Mahasiswa terkait Industrial Sharing (IS)?

 

1) Mahasiswa SMA-S1 wajib mendapatkan 2 sertifikat IS sebelum pengajuan proposal skripsi (untuk nim mahasiswa 24, 25, 26, dan seterusnya, jika nim 23 ke bawah, 22, 21, dan seterusnya tidak memerlukan IS sebagai persyaratan pengajuan proposal skripsi).
2) Mahasiswa D3-S1 wajib mendapatkan 1 sertifikat IS sebelum pengajuan proposal skripsi (untuk nim mahasiswa 24, 25, 26, dan seterusnya, jika nim 23 ke bawah, 22, 21, dan seterusnya tidak memerlukan IS sebagai persyaratan pengajuan proposal skripsi).
3) Mendaftar kegiatan IS dengan email mahasiswa @binus.ac.id dan join zoom kegiatan IS dengan akun zoom yang juga login menggunakan email mahasiswa @binus.ac.id.
4) Untuk mendapatkan sertifikat maka harus mengikuti penuh acara IS dan mengisi exit ticket atau presensi yang biasanya diinfokan di akhir acara.
5) Mengikuti ketentuan dari panitia IS terkait penamaan di zoom (misalnya NIM – Nama Mahasiswa).
6) Dianjurkan simpan screenshot kehadiran saat acara sebagai bukti hadir (pastikan nama dan wajah terlihat dalam screenshot tersebut).

19 Bagaimana jika Mahasiswa merasa sudah mengikuti IE atau IS tapi belum mendapat e-certificate?

 

Jika dalam 2 minggu setelah acara, Mahasiswa belum mendapat e-certificate, maka Mahasiswa dapat email ke student service dengan menyebutkan: nama, nim, menjelaskan kendalanya bahwa belum mendapatkan e-certificate, judul IE/IS, tanggal IE/IS, dan melampirkan bukti screenshot kehadiran.

20 Kapan Mahasiswa melakukan pembayaran kuliah?

 

Meskipun perkuliahan dilakukan per periode (dalam 1 semester dibagi menjadi 2 periode yaitu periode 1 dan peride 2), pembayaran uang kuliah dilakukan per semester.

Tagihan pembayaran kuliah diumumkan pada periode 2 semester sebelumnya untuk kuliah di semester selanjutnya. Contoh: untuk kuliah di semester 3, maka perlu bayar tagihan kuliah di semester 2 periode 2. Jumlah yang dibayarkan adalah sejumlah “pending charge” yang ada di LMS>>financial.

21 Apakah Mahasiswa mendapat akun Microsoft Office?

 

Ya. Mahasiswa dapat men-download aplikasi seperti Ms. Outlook dan Ms. Office lainnya, dengan login di office.com dengan username dan password yang sama seperti LMS. Dengan mengaktifkan Ms. Outlook, Mahasiswa akan lebih update  terhadap informasi-informasi dari BINUS Online.

22 Bagaimana pelaksanaan ujian online di BINUS Online?

 

Ujian di BINUS Online ada 2 macam ujian take home dan ujian online.

Ujian dilaksanakan selama 1 minggu. Tidak ada perpanjangan waktu ujian.

 

Terkait ujian take home, ini bisa diakses soal ujiannya dari awal minggu ujian, dikerjakan selama minggu aktif ujian, diupload sebelum deadline ujian. Secara pengerjaannya seperti pengerjaan tugas personal.

 

Terkait ujian online baik open book ataupun close book, sewaktu memulai ujian, Mahasiswa komitmen 100 menit ke depan untuk mengerjakannya. Pengerjaan menggunakan protorio, pastikan sudah latihan ujian online (trial online exam) dulu.

Mahasiswa perlu membaca peraturan ujian dengan seksama. Apapun jenis ujiannya Mahasiswa perlu mengerjakan secara mandiri.

23 Apakah ada Student Recognition di BINUS Online?

 

Tentu saja. Para BINUSIAN yang :
– telah berhasil meraih prestasi baik dalam tingkat Internasional, Nasional dan Jabodetabek, dan
– memiliki pengalaman dalam Pendaftaran Paten, Hak Cipta, Buku ber ISBN/Chapter Book, Juri/Pelatih, Conference/Seminar, Jurnal Penelitian, Tulisan di Media Massa, dan Pagelaran/Pameran/Karya Seni,
dapat melaporkan hasil peraihan prestasinya.

Baca selengkapnya di:

https://student.binus.ac.id/student-achievement-and-student-recognition/

24 Bagaimana jika Mahasiswa ada mata kuliah yang “FAILED”?

 

Mahasiswa dapat melihat grade minimal kelulusan di LMS>>Learning>>Course Distribution.

Grade nilai akhir mata kuliah yang diperoleh setelah ujian, akan ditunjukkan pada menu tersebut juga.

Jika ada mata kuliah dengan status “FAILED”, mahasiswa dapat mengajukan pengulangan mata kuliah.

Pengajuan ini dapat dikonsultasikan oleh mahasiswa terlebih dahulu ke student service melalui zoom consultation.

25 Bagaimana jika Mahasiswa ingin mengakses kembali webinar-webinar yang telah dilaksanakan oleh BINUS?

 

Webinar yang akan dan telah dilaksanakan akan dipublikasikan pada https://binus.ac.id/webinar

26 Bagaimana jika Mahasiswa ingin mendapatkan “daftar nilai kumulatif”?

 

berikut tahapannya: LMS >> Services>>Letter>>Add Request Letter>>surat keterangan
cari di menu dropdown untuk daftar nilai kumulatif.

27 Bagaimana jika Mahasiswa ingin mendapatkan “Surat Keterangan Mahasiswa Aktif”?

 

berikut tahapannya: LMS>>Services>>Letter>>Add Request Letter>>surat keterangan
lalu cari yang surat keterangan mahasiswa aktif.