Questions and Explanations

FAQ (Frequently Asked Questions)

No. Pertanyaan dan Penjelasan
1. Mengapa harus memilih Program Studi Manajemen BINUS Online Learning?

 

BINUS Online Learning menawarkan program pembelajaran jarak jauh yang ditujukan untuk lulusan SMA/SMK sederajat & Diploma (D3) agar bisa meraih impiannya mendapatkan gelar sarjana (S1), dengan waktu perkuliahan yang sangat fleksibel sehingga memungkinkan mahasiswa dapat melakukan aktivitas lainnya tanpa harus takut mengganggu waktu perkuliahan.

Program Program Studi Manajemen BINUS Online Learning mempersiapkan mahasiswa untuk meniti karier pada dunia usaha dan menjadi wirausaha yang berpikir manajerial. Dengan kurikulum yang berkualitas sehingga memberikan kesempatan yang luas dan terbuka kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan akademiknya sesuai dengan bakat dan minatnya di bidang manajemen dan bisnis.

Dapat dilihat pada link berikut:

https://onlinelearning.binus.ac.id/business-management

2. Apa saja program PJJ Manajemen BINUS Online Learning?

 

·       Extension D3 – S1

·       SMA – S1

·       RPL Program

3. Dari Program D3 apa saja yang dapat masuk ke dalam program Extension PJJ Manajemen?

 

Mahasiswa yang berasal dari program D3 dapat masuk ke prodi PJJ Manajemen antara lain: Manajemen, Sekretari, Komunikasi, Hubungan Masyarakat (PR), Pemasaran, Bisnis, Bahasa, Hubungan Internasional, Pariwisata, Perhotelan, Sistem Informasi, teknik industri.

Apabila jurusan SMK/D3 tidak tercantum pada daftar di atas, dapat mengirimkan hasil scan rapor SMK/transkrip nilai D3 ke alamat email pmbbinusonline@binus.edu untuk dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

Sebelum melakukan pembelian formulir, cek data mahasiswa di http://forlap.ristekdikti.go.id (khusus lulusan D3). Data mahasiswa D3 harus terdaftar di dalam website PDDIKTI tersebut.

4. Dari Program SMA apa saja yang dapat masuk ke dalam program PJJ Manajemen?

 

Dari SMA atau SMK semua jurusan.

5. Apa itu RPL / Pengakuan Pengalaman Kerja? Apakah berlaku di Program Studi Manajemen BINUS Online Learning?

 

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah penyetaraan akademik atas pengalaman kerja (minimal 3 tahun setelah SMA / SMK) dan/atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di Program Studi Manajemen BINUS Online Learning dengan disetarakan pada mata kuliah tertentu sesuai dengan SO (Student Outcome).

Tentu berlaku juga di Program Studi Manajemen BINUS Online Learning. Melalui asesmen, capaian pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikasi ditetapkan menjadi raihan satuan kredit semester (sks) dalam bentuk mata kuliah. Jumlah maksimal mata kuliah yang bisa diperoleh adalah 15 mata kuliah. Kekurangan kredit selanjutnya dipenuhi melalui pelaksanaan perkuliahan sesuai dengan kurikulum Program Studi Manajemen BINUS Online Learning.

Info lebih lanjut:

https://onlinelearning.binus.ac.id/informasi-pendaftaran-mahasiswa-baru-jalur-rpl/

Berikut Video penjelasan mengenai RPL:

https://youtu.be/_tnAruKREtk

6. Apa akreditasi Program Studi Manajemen BINUS Online Learning pada Program Sarjana Universitas Bina Nusantara?

 

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 8250/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020, Peringkat Akreditasi Program Studi PJJ Manajemen Pada Program Sarjana Universitas Bina Nusantara, Kota Jakarta Barat, adalah B, terhitung mulai tanggal 15 Desember 2020.

Dapat dilihat pada link berikut:

https://onlinelearning.binus.ac.id/business-management/post/akreditasi-prodi-pjj-mn/

7. Bagaimana proses perkuliahannya?

 

Perkuliahan akan menggunakan Learning Management System (LMS) yang berbasis web dan mobile dan terintegrasi untuk interaksi mahasiswa dengan teman-teman, dosen, dan pembimbing. Di dalam Learning Management System (LMS) sudah tersedia semua materi pembelajaran, mulai dari Video Pembelajaran, Power Point, Lecture Notes, dan tugas yaitu Tugas Personal dan Tugas Kelompok. Selain itu ada Quiz yang akan aktif pada waktu yang ditentukan serta Forum Diskusi dilakukan secara online dirancang khusus untuk interaksi virtual mahasiswa dengan kelompok kerja dan seluruh dosen. Mahasiswa pun akan bertemu dengan Dosen secara online melalui video conference yang jadwalnya sudah ditetapkan (di luar jam kerja) dan jadwalnya ditampilkan di Learning Management System (LMS) beberapa minggu sebelum berjalannya video conference.

8. Apakah ujiannya juga online?

 

Selain kuliah online, mahasiswa dapat menjalani ujian secara online dimanapun dalam platform yang telah disediakan.

9. Bagaimana waktu perkuliahannya?

 

Untuk progam SMA -> S1 lama belajar adalah 8 semester (4 tahun), sedangkan untuk program D3 -> S1 adalah 4 semester (2 tahun).

Dalam 1 semester (kurang lebih 6 bulan) akan dibagi menjadi 2 periode (dalam 1 periode kurang lebih 10 minggu), dan mata kuliah yang dijalani tiap periode sebanyak 2 hingga 3 mata kuliah.

PJJ Manajemen mempunyai tagline “Fleksible dan Berkualitas” sehingga mahasiswa dapat menggambil mata kuliah untuk setiap minggunya 2 – 3 mata kuliah per periode dan vicon dilakukan diluar jam kerja senin s/d jumat (17.20 – 21.00 WIB) dan sabtu (09.00 – 15.00).

10. Apakah kualitas lulusan prodi PJJ Manajemen sama dengan Program Manajemen Reguler BINUS?

 

Tentu saja sama, karena prodi PJJ Manajemen dan Manajemen Reguler menggunakan sistem penjaminan mutu yang sama.

11. Apakah kurikulum di Program Studi Manajemen BINUS Online Learning sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasar atau industri?

 

Kurikulum Program Studi Manajemen BINUS Online Learning selalu disesuaikan dengan kebutuhan industri. Program Studi Manajemen BINUS Online Learning secara berkala melaksanakan Focus Group Discussion bersama pelaku industri, alumni, perguruan tinggi sejenis, dan bahkan dengan mahasiswa aktif guna menerima masukan dan pandangan mengenai kurikulum S1 Prodi Manajemen, untuk mengembangkan kurikulum yang merespon perkembangan ilmu di masyarakat dan dunia kerja.

Program Studi Manajemen BINUS Online Learning secara rutin mengadakan sesi kuliah tamu dengan menghadirkan praktisi dan profesional dari internasional dan dunia industri sehingga mahasiswa mendapatkan wawasan tentang kebutuhan global dan industri terkini.

Info lebih lanjut:

https://onlinelearning.binus.ac.id/business-management/post/kurikulum-2020/

12. Apakah prospek kerja lulusan Manajemen Bisnis?

 

Prospek karir lulusan Manajemen Bisnis adalah:

  • Entrepreneur/Wirausaha yang berwawasan strategi bisnis dan teknologi informasi
  • Chief Operational Officer pada korporasi/perusahaan
  • Konsultan Manajemen Strategi/bisnis global
  • Manajer yang berorientasi e-Bisnis
  • Manajer pada hampir semua bidang industri (manufaktur, jasa, transportasi, retail, perbankan)
  • Manajer HRD, Marketing, Accounting, Finance pada korporasi/perusahaan multinasional
  • Business researcher/developer pada industri perbankan, asuransi, jasa keuangan, perhotelan, dan berbagai industri lainnya
  • Project and Development Manager

Dapat dilihat pada link berikut:

https://onlinelearning.binus.ac.id/business-management/post/prospective-career-of-the-graduates-4/