Rektor Binus: Kebutuhan Online Learning Makin Masif

Program Binus Online dapat mempercepat peningkatan karier dan wawasan mahasiswa

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Senin 13 Feb 2023 19:16 WIB

Binus University menghadirkan Binus Online untuk memenuhi kebutuhan di bidang pendidikan masyarakat, khususnya para pekerja yang sulit membagi waktu dan menyesuaikan kuliah dengan pekerjaan. Di Binus Online, pekerja yang hendak melanjutkan pendidikan dapat belajar dengan fleksibel karena sistem pembelajaran yang sepenuhnya daring.

“Kami melihat, kebutuhan akan online learning ini semakin masif. Karena itu, semenjak tahun 2000 kami telah menghadirkan pembelajaran Multi-Channel Learning atau MCL yang kemudian berkembang menjadi Binus Online hingga saat ini. Selain itu, kami juga tetap menjunjung integritas bagi binusian Binus Online, yakni menyontek sama dengan DO,” ujar Rektor Binus University, Harjanto Prabowo, di Jakarta, Senin (13/2/2023).

Program-program yang diterapkan antara lain rekognisi pembelajaram lampau (RPL) dan Flexible Program. RPL adalah penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai program studi Binus Online. Sementara itu, Flexible Program adalah berbagai program dan sistem yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa saat akan mendaftar di Binus Online.

Dia menerangkan, aktivitas belajar dirancang untuk fokus pada karakteristik mahasiswa dan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dengan bimbingan dosen akademisi maupun praktisi yang berpengalaman. Semua itu, kata Harjanto, menjadikan program Binus Online dapat mempercepat peningkatan karier dan wawasan mahasiswa.

Sementara itu, Direktur Binus Online, Agus Putranto, mengatakan, Binus Online merupakan metode pembelajaran yang diselenggarakan dan disiapkan Binus University melalui sistem perkuliahan daring. Di mana semua itu dijalankan secara mandiri untuk menjawab tantangan para mahasiswa yang tidak memiliki banyak waktu dan kesempatan dalam meningkatkan pendidikan namun tetap dapat mengembangkan diri.

“Demi mendukung masyarakat Indonesia yang merupakan pekerja dan ingin melanjutkan perkuliahan, kami menghadirkan Flexible Program yang terdiri dari Sistem Modular, Enrichment Program, dan juga Minor Program yang diterapkan di Binus Online,” jelas Agus.

Dia berharap Binus Online dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia dengan sistem pembelajaran yang efisien. Dengan demikian, mahasiswa tidak perlu khawatir akan meninggalkan dunia kerja dan mampu meningkatkan produktivitas. Dia menjelaskan, Binus Online memiliki berbagai program yang mendukung mahasiswa dalam pembelajaran.

 

Ref: https://republika.co.id/berita//rq0q3l349/rektor-binus-kebutuhan-online-learning-makin-masif