BINUS Online

Peluang Pemanfaatan AI Untuk Dunia Yang Lebih Maju Peluang hadirnya AI dapat menggantikan manusia?

Zoom Pemanfaatan AI

Kecerdasan buatan atau yang biasa disebut dengan AI (Artificial intelligence) merupakan bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk dapat memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola. Singkatnya AI adalah komputer dengan karakteristik seperti otak manusia. AI melibatkan pengembangan algoritma dan model matematika yang memungkinkan komputer atau sistem komputasi lainnya untuk menganalisis, memahami, dan merespons informasi dengan cara yang serupa dengan manusia.

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence atau AI) telah membuka pintu bagi berbagai peluang yang dapat memberikan dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan manusia.  Konsep “AI for Good” mendorong pemanfaatan teknologi AI untuk memecahkan masalah sosial, lingkungan, dan kemanusiaan. Dengan pemahaman yang baik tentang peluang dan tantangan ini, AI for Good dapat menjadi kekuatan yang mendorong kemajuan sosial dan kemanusiaan yang signifikan.

AI seringkali digunakan dalam aplikasi di kehidupan sehari-hari, seperti chatbot, pengenalan wajah, asisten virtual, dan mobil otonom. AI digunakan dalam berbagai bidang, seperti manufaktur, keuangan, dan kesehatan. Seiring dengan kemajuan teknologi komputer dan pengolahan data, AI telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Oleh sebab itu, BINUS ONLINE mengadakan BOLD Series dengan topik mengenai “AI for Good: Opportunities and Challenges” pada hari Kamis, 11 Mei 2023. Webinar tersebut dibawakan oleh Asisten Profesor Data Science di Monash University yaitu bapak M. Risqi Utama Saputra, D.Phil. dan dimoderatori oleh Dosen Business Management BINUS ONLINE yaitu Dr. Ir. Teguh Sriwidadi, M.M.

Kesimpulan yang dapat dipetik melalui BOLD Series Kegunaan AI Untuk Dunia Yang Lebih Maju adalah ruang lingkup AI dibagi menjadi dua yaitu fundamental dan aplikasi. AI memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat diterapkan bagi kepentingan publik, terutama meningkatkan kinerja model pembelajaran mesin dan menyediakan jenis layanan dan aplikasi baru. Namun tantangan terkait bias transparansi kepercayaan bahwa ketersediaan, keamanan privasi, dan kesetaraan harus dipertimbangkan untuk mengizinkan penggunaan kecerdasan buatan atau AI secara etis.

Whatsapp