BINUS Online

Apa Perbedaan Antara Ekonomi Bisnis dan Manajemen Bisnis?

Ekonomi bisnis dan manajemen bisnis merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di dunia kewirausahaan. Akan tetapi, kedua pembahasan tersebut masih sering menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang yang belum mengerti apa perbedaan dari kedua istilah tersebut, sehingga seringkali terjadi kesalahan dalam penerapannya. Terlebih bagi Anda yang ingin memperoleh pendidikan yang tinggi dalam bidang bisnis.

Anda mungkin akan merasa kebingungan tentang perbedaan kedua istilah tersebut. Agar dapat mengetahui apa saja perbedaan antara manajemen bisnis dan ekonomi bisnis, simak ulasan berikut ini.

Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis harus direncanakan secara matang karena manajemen sangat dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Hal ini agar semua sumber daya yang telah direncanakan dapat mencapai target yang diinginkan meskipun rencana yang dibuat untuk menjalankan sebenarnya tidaklah begitu sulit seperti yang sudah dibayangkan.

Belajar dan berlatih tentang bisnis adalah salah satu langkah awal yang akan memberikan pengalaman, dari perincian modal, pemasukan hingga pengeluaran, di mana semua ini nantinya akan dihabiskan. Sampai nanti suatu bisnis tersebut bisa menjadi sebuah usaha yang lebih besar daripada sebelumnya.

Manajemen bisnis ini bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan yang wajib dilakukan sebelum membangun usaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan karena tanpa adanya manajemen, sebuah usaha tidak akan bisa terbentuk secara maksimal dan akan mendapatkan keuntungan yang sangatlah kurang.

Di bidang pendidikan, jurusan manajemen bisnis dalah bidang studi yang akan melibatkan dua area yang sangat luas untuk perluan pelatiahan, perekrutan, serta koordinasi sampai manjadi manajer dalam mengambil sebuah keputusan agar bisa mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Sebelum menentukan jurusan tersebut, Anda harus mengetahui bahwa jurusan tersebut akan mempelajari aktivitas pengoperasian, perencanaan serta pengelolaan suatu bisnis atau usaha. Adapun beberapa contoh ilmu yang akan dipelajari selama Anda menjalani perkuliahan di jurusan tersebut yaitu manajemen mutu, ilmu manajemen, hingga skill dalam berkomunikasi serta melakukan negosiasi dengan baik.

Jika Anda ingin melanjutkan studi di tingkat yang lebih tinggi, maka jurusan manajemen bisnis ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berkarir di dunia bisnis dan manajemen, d imana tujuan juruan ini untuk mencetuskan lulusan profesional dalam bisan bisnis dan manajemen.

Ekonomi Bisnis

Ekonomi bisnis sangat erat kaitannya dengan kegiatan operasional dalam suatu perusahaan agar bisa terus bertahan sampai berkembang dan terwujud sebuah kondisi ekonomi yang lebih baik. Ekonomi bisnis adalah bidang ekonomi yang mempelajari berbagai macam masalah yang berkaitan dengan pasar, organisasi, keuangan, sampai lingkungan yang wajib dihadapi bagi perusahaan.

Ekonomi bisnis ini juga dapat diartikan suatu ilmu terapan yang tujuan utamanya melakukan analisis yang lebih lanjut pada bidang bisnis yang terdapat pada teori ekonomi serta metode kuantitatif. Ekonomi bisnis memiliki peranan penting pada hubungan kerjasama dan struktur organisasi antara perusahaan dengan pasar modal, pegawai sampai produk yang akan dihasilkan langsung oleh sebuah perusahaan.

Ekonomi bisnis lebih fokus kepada perpaduan dua sudut pandang, yaitu pendekatan kuantitatif dan teori ekonomi. Jadi, nanti akan terbentuk suatu hasil analisis yang sudah dibentuk dalam kurun waktu tertentu yang nantinya akan bisa digunakan sebagai dasar untuk membuat sebuah keputusan yang sangat penting. Setelah itu, bisnis yang sudah direncanakan akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan keinginan.

Secara umum, ekonomi berlandaskan pada sebuah pembelajaran tentang suatu komponen serta fungsi apada sebuah pasar tertentu, di mana hal tersebut akan melibatkan permintaan, penawaran, serta dampak dari konsep kelangkaan. Sedangkan untuk ekonomi yang terdapat pada bisnis akan lebih fokus di berbagai macam elemen sampai faktor apa saja yang ada di dalamnya.

Karakteristik Ekonomi Bisnis

Ekonomi di dalam sebuah bisnis dapat dilihat dari usaha yang ada ada hubungannya serta langsung berinteraksi pada beberapa aspek, yakni karyawan, konsumen, penyedia modal, dan juga pemerintah. Dengan begitu, ekonomi dalam suatu bisnis berperan sangat penting di dalam kehidupan keseharian kita.

Saat melihat langsung praktik bisnis di lapangan, ekonomi bisnis ini dapat dijadikan sebuah pembelajaran yang sangat bermanfaat untuk para pelaku usaha, apalagi di bidang ilmu bisnis ekonomi.

Ekonomi bisnis memiliki tujuan agar dapat medapatkan sebuah penghasilan. Akan tetapi, yang harus dipahami penghasilan di sini bukan penghasilan yang asal dapat saja, tetapi harus mendapatkan keuntungan, atau yang biasa disebut dengan laba.

Berikut beberapa karakteristik ekonomi bisnis yang harus dipahami, di antaranya sebagai berikut:

  1. Ekonomi bisnis memiliki karakteristik, yakni teori dalam melakukan bisnis, penerapan konsep ekonomi, serta prinsip apa yang digunakan dalan melakukan bisnis.
  2. Untuk level ekonomi mikro, ekonomi bisnis ini berkaitan langsung pada sebuah permasalahan terhadap pelaku bisnis tersebut.
  3. Untuk level makro, ekonomi bisnis akan langsung berkaitan dengan sebuah lingkungan usaha yang luas, misalnya kemampuan seorang pengusaha untuk memahami perdagangan di skala internasional, anggaran, perpajakan, masalah moneter, siklus bisnis, hubungan perburuan, hingga sampai pendapatan nasional. Dengan memahami beberapa hal tersebut, maka seorang pengusaha akan lebih tepat dan bijak dalam pengambilan keputusan agar bisa mewujudkan masa depan perusahaan untuk menjadi lebih baik lagi.

Ruang Lingkup Ekonomi Bisnis

Akar dari ruang lingkup ekonomi bisnis ini adalah teori ekonomi. Namun, pembahasannya tidak seperti teori ekonomi, di mana di dalam ekonomi bisnis ini terdapat sebuah manajemen serta alat untuk perencanaan yang sangat strategis sehingga sudut pandang dalam dunia bisnis lebih jelas yang berkaitan dengan cara kerjanya. Ada dua bidang yang mencakup ruang lingkup dalam pengambilan keputusan, yakni masalah eksternal serta masalah internal.

Nah, itulah perbedaan antara manajemen bisnis dan ekonomi bisnis yang harus Anda ketahui. Untuk kalian yang sedang berencana melanjutkan sekolah, Anda bisa memilih jurusan tersebut karena jurusan manajemen bisnis memiliki peluang pekerjaan yang sangat luas.

Namun, bagi Anda yang memiliki kesibukan dan ingin melanjutkan studi, Anda bisa berkuliah di BINUS ONLINE. Di sini Anda bisa melakukan pembelajaran jarak jauh khusus untuk kuliah karyawan. Jam kuliahnya juga sangat fleksibel sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan Anda di rumah.

Whatsapp