BINUS Online

Peran Business Development dalam Meningkatkan Bisnis yang Berkelanjutan

Di era ini, mungkin kata “Business Development” sudah tidak asing lagi di kalangan para generasi muda. Namun, masih banyak yang sering menyalahartikan tugas dan posisi tersebut. Pada dasasrnya, Business Development adalah kegiatan yang dilakukan untuk membangun dan mengembangkan bisnis agar menjadi lebih baik. Artinya, tugas posisi Business Development meliputi pendekatan dengan customer, partnership atau kerja sama yang strategis, memperluas pasar, hingga membangun reputasi perusahaan. Maka dari itu, Business Development berperan penting dalam pengembangan bisnis agar dapat meningkatkan penjualan dan brand awareness.

Business Development harus mampu mengambil setiap keputusan dengan baik, karena akan diimplementasikan perusahaan. Selain itu, Business Development juga harus selalu update dengan segala informasi yang berkaitan dengan pasar dan perusahaan. Tak hanya menganalisa keuntungan dari sisi perusahaan saja, tetapi juga dari sisi customer. Tujuannya tak lain agar perusahaan dapat menciptakan inovasi yang relevan bagi para customer sebagai konsumen.

Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) adalah salah satu cara mudah yang dapat dilakukan dalam pengembangan bisnis. Jika kalian mampu melihat kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dalam bisnis, maka cara tersebut akan mempermudah proses pengembangan bisnis. Apalagi, jika kalian memiliki rasa penasaran yang tinggi. Maka kalian dapat memahami perspektif dari berbagai sisi, yang secara tidak langsung akan mendorong semangat kinerja kalian untuk berinovasi.

Untuk menjadi sosok yang mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis berkelanjutan di era digital ini, maka ilmu dari para experts yang berpengalaman akan sangat membantu. Jika kalian tertarik untuk memahami Business Development secara lebih detail, BINUS ONLINE LEARNING punya solusinya! Sebagai kampus yang selalu berupaya untuk memberikan pengalaman belajar kuliah fleksibel dan menciptakan lulusan berkualitas, memiliki acara webinar yang diadakan setiap bulan, yaitu BINUS ONLINE LEARNING DISCUSSION atua biasa disebut BOLD Series.

Webinar ini dikenal karena sering kali menghadirkan narasumber-narasumber yang luar biasa, bahkan tak jarang pula BOLD Series mengundang narasumber dari luar negeri. Dengan sistem online, tentunya para generasi muda terutama BINUSIAN dapat hadir untuk menimba ilmu dimanapun dan kapanpun. Para peserta yang hadir juga pastinya memiliki kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung kepada para narasumber terkait topik.

Pada hari Sabtu, 6 Mei 2023, BINUS ONLINE LEARNING kembali menyelenggarakan acara BOLD Series dengan tema “Melampaui Batas: Menjelajahi Peluang Baru dalam Perencanaan Bisnis” dimana acara ini dilaksanakan selama kurang lebih dua jam, yaitu mulai pukul 10.00 sampai dengan 12.00. Dikenal sebagai sarana berbagi ilmu, BOLD Series kali ini mengundang Dr. Tri Siwi Agustina, S.E., M.Si. selaku Dosen Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR dan dimoderatori oleh Ibu Lily Leonita, S.E., M.M. selaku Dosen Business Management BINUS ONLINE LEARNING.

“Ketika kita melihat suatu peluang bisnis, kita tentunya melihat dulu konsumen kita siapa dan siapa yang kita layani, karena tidak semuanya memiliki kebutuhan yang sama. Jadi tidak boleh mengatakan untuk semua kalangan, karena setiap kalangan tidak memiliki kebutuhan yang sama.” Ucap Ibu Tri Siwi Agustina

Dengan diadakannya BOLD Series “Melampaui Batas: Menjelajahi Peluang Baru dalam Perencanaan Bisnis” ini, diharapkan menjadi wadah edukasi bagi para peserta agar selalu mampu melihat peluang dalam bisnis dan meningkatkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, sehingga terciptanya inovasi bisnis yang relevan di era digital dan menjadi sumber daya manusia yang unggul serta relevan.

Whatsapp