Matematika di Data Science

Data Science tidak pernah lepas dari matematika terutama ketika kita menggunakan machine learning untuk pembuatan model. Hal ini menjadikan mahasiswa perlu untuk belajar matematika untuk memahami Data Science. Berikut beberapa materi matematika yang wajib dipahami oleh seorang Data Scientist.

  1. Probabilitas dan Statistik
    Probabilitas dan statistik digunakan untuk visualisasi feature, data preprocessing, transformasi, imputasi, feature engineering, dan model evaluasi. Beberapa materi yang familiar seperti rata-rata, median, modus, correlation, central limit theorem, dan sebagainya.
  2. Kalkulus
    Kalkulus merupakan mata kuliah wajib pada tahun pertama perkuliahan. Biasanya beberapa jurusan teknik mewajibkan untuk mengambil mata kuliah ini tak terkecuali Computer Science. Dalam dunia Data Science, terdapat materi turunan, gradient, persamaan multi variabel yang biasanya digunakan untuk pembentukan model machine learning.
  3. Optimisasi
    Semua algoritma machine learning membutuhkan mekanisme optimisasi untuk bisa meminimalisir nilai error dari suatu model. Berikut beberapa materi optimisasi yang mungkin pernah kalian dengar sebelumnya. Ada cost function, likelihood function, gradient descent algorithm, dll.

Sumber :