BINUS Online

Ini Dia Kelebihan Jurusan Akuntansi. Apa Saja?

Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan favorit di perguruan tinggi. Salah satu kelebihan jurusan Akuntansi adalah prospek karier-nya yang cukup luas. Jurusan ini masuk ke dalam lima besar dalam prodi soshum (sosial humaniora). Bahkan pada beberapa PTN yang memiliki daya tampung kurang dari 60 orang, peminatnya tetap saja sangat banyak, mencapai lebih dari 2000 orang. Hal tersebut tentu tak dikarenakan karena banyaknya kelebihan jurusan akuntansi.

Padahal jurusan akuntansi sangat erat dengan kegiatan pencatatan, serta hitung menghitung yang banyak tidak disukai oleh orang-orang,  tetapi  nyatanya jurusan ini memiliki peminat yang tak sedikit. Apa kelebihannya?

Kelebihan Jurusan Akuntansi

Akuntansi disebut sebagai sebuah seni dalam hal pencatatan, penggolongan, serta pengikhtisaran yang menggunakan metode tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan juga keuangan. Akuntansi dibutuhkan di setiap bagian industri, karena itu jurusan ini memiliki prospek karir yang luas. Bahkan meskipun sekarang teknologi sudah sangat maju, skill mereka tetap dibutuhkan.

Terlepas dari ulasan di atas, lantas apa saja kelebihan jurusan akuntansi yang membuatnya tak pernah sepi peminat?

1. Jurusan yang mudah dilalui

Padahal materi untuk jurusan akuntansi disebut sulit, tetapi kenapa jurusan ini mudah dilalui? Jurusan akuntansi sebenarnya tidak memiliki banyak teori untuk dihapalkan. Salah satu hal yang terpenting adalah kemampuan logika dan berhitung yang mendapatkan hasil yang sama dengan pada hasil akhir. Meski disebut mudah dilalui, tetapi jurusan ini tetap tidak bisa dianggap remeh karena salah satu huruf saja bisa jadi masalah besar.

2. Melatih logika

Kelebihan jurusan akuntansi salah satunya ada pada logika. Logika sendiri memang identik dengan ilmu alam atau ilmu pasti, tetapi nyatanya ilmu sosial juga melatih seseorang berpikir sistematis dan logis dan akuntansi merupakan salah satunya. Akuntansi tak hanya mengajarkan cara mengelola keuangan yang benar, tetapi juga bagaimana menganalisis serta memproses seluruh catatan keuangan yang telah dibuat.

3. Membantu mempermudah pengelolaan keuangan

Masalah keuangan tak hanya berkutat dalam lingkup pekerjaan seperti perusahaan atau instansi, tetapi juga pribadi. Memiliki keterampilan akuntansi sama halnya dengan membantu diri sendiri mengatur serta mengelola keuangan pribadi. Dengan terbiasa melakukan kegiatan pencatatan, maka kita juga akan terbiasa untuk mencatat dan mengatur pemasukan atau pengeluaran. Selain itu, kita bisa lebih bijak memutuskan pengalokasian keuangan. Misal dengan hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

4. Melatih disiplin serta tanggung jawab

Seorang mahasiswa jurusan akuntansi dituntut lebih disiplin serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Tentu saja karena kelak mereka akan berurusan dengan masalah keuangan serta laporannya. Laporan keuangan harus dikerjakan sesuai deadline dan semuanya harus bisa dipertanggungjawabkan. Jadi, isi laporan tidak boleh dibuat asal-asalan, harus ada bukti sehingga bisa dipertanggungjawabkan secara penuh.

5. Prospek Pekerjaan yang luas

Kelebihan jurusan akuntansi yang utama yakni prospek kerja yang luas. Tentu saja karena semua sektor pasti membutuhkan skill seorang akuntan baik itu sektor industri, pajak, perbankan, otomotif, pendidikan, penerbangan, dan lain sebagainya. Dalam arti lain, kamu memiliki banyak pilihan untuk bekerja. Kamu bisa memilih kelak ingin bekerja sendiri sebagai seorang wirausaha, bekerja di sebuah perusahaan swasta atau BUMN, atau bahkan bekerja sebagai seorang PNS.

6. Karier yang beragam

Memiliki prospek kerja yang luas tak berarti kamu akan berakhir menjadi seorang akuntan. Memang ada beberapa jenis profesi akuntansi yang bisa dijadikan pilihan antara lain akuntan internal, akuntan pendidikan, akuntan publik, serta akuntan forensik. Namun, perlu diketahui juga jika ada juga profesi lain bagi lulusan jurusan akuntansi selain menjadi akuntan.
Tidak dipungkiri jika setiap orang memiliki minat yang berbeda. Nah, bagi kamu yang masuk ke jurusan akuntansi tetapi tidak ingin menjadi akuntan, beberapa pilihan karier ini bisa dijadikan opsi, seperti accounting manager, konsultan pajak, financial analyst, data analyst, staf keuangan, auditor, budget analyst dan lain sebagainya.

7. Berpeluang sebagai PNS

Seperti yang diulas diatas jika jurusan akuntansi memiliki prospek kerja yang luas dan salah satunya menjadi PNS. Sampai saat ini PNS tetap menjadi pilihan pekerjaan cukup difavoritkan, dan jurusan akuntansi memang cukup dibutuhkan disini. Ada banyak posisi yang tersedia bagi para lulusan akuntansi, beberapa di antaranya adalah analis keuangan, Ahli Pertama Analis Anggaran Negara dan Manajemen Keuangan, Ahli pertama Tata Kelola Keuangan Perusahaan Negara, dan lain sebagainya.

8. Berpeluang untuk berwirausaha

Seorang akuntan juga berpeluang membuka perusahaan mereka sendiri. Tak hanya dibekali tentang ilmu akuntansi, mahasiswa jurusan akuntansi juga dibekali dengan ilmu tentang wirausaha. Adapun usaha yang cocok untuk para lulusan akuntansi salah satunya adalah akuntan publik.
Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan jasa akuntan publik dan secara umum mereka berani membayar mahal untuk jasa ini. Nah, bagi Kamu yang suka berwirausaha, pekerjaan ini bisa jadi pilihan.

9. Memiliki potensi untuk terus berkembang

Kelebihan jurusan akuntansi adalah potensi besar untuk terus berkembang. Berbagai pilihan sertifikat pun bisa diperoleh untuk mendongkrak karir. Beberapa di antaranya yakni Certified Internal Auditor, Certified Public Accountant, Certified management Accountant, Certified Financial Analyst, Sertifikat konsultan pajak, dan lain sebagainya.
Dalam suatu perusahaan selalu ada peningkatan jenjang karir, nah lulusan akuntansi memiliki kesempatan untuk meningkatkannya dengan cara meningkatkan kemahiran yang dimilikinya. Hal ini bisa dibuktikan, salah satunya dari sertifikat yang didapat.

10. Range pendapatan yang baik

Perlu diketahui jika gaji seorang lulusan akuntansi bisa cukup besar. Apalagi jika dia telah memiliki jam terbang yang tinggi. Mereka yang bekerja sebagai konsultan atau mereka yang berada di ranah perpajakan tentu biasa dengan nominal gaji tinggi. Begitu pula dengan gaji seorang akuntan senior.
Selain itu, kemampuan seorang akuntan di perusahaan manapun juga selalu diakui dan dihargai tinggi karena memang setiap perusahaan memerlukan seorang yang teliti dan mampu menganalisis dengan baik.

Nah, bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 jurusan akuntansi, Anda bisa memilih BINUS ONLINE sebagai pilihan terbaik. Tak hanya menjadi kampus swasta yang telah terakreditasi, BINUS ONLINE pun memiliki kelas online atau kelas karyawan dengan jadwal pertemuan yang fleksibel. Jadi bagi kamu yang ingin kerja sambil kuliah, tentu sistem daring akan lebih menguntungkan.

Tunggu apa lagi? Dapatkan semua kelebihan jurusan akuntansi dengan menjadi mahasiswa di BINUS ONLINE.

Whatsapp