BINUS Online

Apa Saja Mata Kuliah Jurusan Akuntansi? Ini yang Akan Dipelajari!

Siapa yang tak kenal dengan jurusan akuntansi? Sebuah jurusan yang erat kaitannya dengan urusan keuangan. Ya, kuliah jurusan akuntansi ini akan meluluskan para mahasiswanya sebagai ahli dalam metode pencatatan dan pelaporan keuangan perusahaan.

Nah, bagi Anda yang ingin masuk jurusan akuntansi, Anda wajib tahu apa saja pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa jurusan akuntansi. Tak hanya tentang pencatatan, namun ada banyak hal lain yang harus dipelajari dalam mata kuliah jurusan akuntansi. Dan hal tersebut akan diulas di bawah ini.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Akuntansi

Bagi Anda yang hendak menjadi kuliah jurusan akuntansi, tentu Anda bertanya-tanya apa saja yang akan dipelajari nantinya. Pada dasarnya jurusan ini mempelajari segala hal tentang cara pencatatan laporan keuangan, memberi penilaian terhadap informasi keuangan serta mempelajari cara memeriksa laporan keuangan. Namun lebih jelasnya simak ulasan mata kuliah jurusan akuntansi secara umum seperti dibawah ini:

1. Pengantar

Pada mata kuliah ini Anda akan mulai mengenal beragam metode atau cara untuk mengumpulkan, menganalisis, mencetak, menyusun, serta menafsirkan semua yang berhubungan dengan laporan keuangan.

2. Akuntansi sektor publik

Dalam mata kuliah ini para mahasiswa akan belajar bagaimana cara untuk mengumpulkan, mencatat, mengklasifikasi, menganalisis, dan membuat laporan keuangan bagi organisasi publik serta mempertanggungjawabkannya.

3. Akuntansi biaya

Mata kuliah ini masuk kategori akuntansi khusus yang didalamnya berkaitan dengan cara cara untuk mencetak, menggolongkan, meringkas, dan menyajikan beragam biaya baik mulai biaya produksi hingga biaya penjualan produk serta harga tafsirannya.

4. Akuntansi anggaran

Mata kuliah ini akan mempelajari bagaimana cara menggunakan data akuntansi sebagai dasar dalam persiapan rencana anggaran atau keuangan mendatang.

5. Akuntansi pemerintah

Sama seperti akuntansi biaya yang masuk kategori akuntansi khusus, mata kuliah ini mempelajari berbagai praktik akuntansi yang terjadi dalam lingkup pemerintahan.

6. Sistem informasi akuntansi

Ini adalah mata kuliah yang membantu Anda menetapkan pola catatan dan laporan akuntansi. Selain itu mata kuliah ini juga membantu untuk mengembangkan prosedur dari dalam serta mengumpulkan, mencatat dan menyusun data dalam akuntansi.

7. Perpajakan

Mata kuliah ini membahas praktik akuntansi yang dilakukan untuk menghitung besaran pajak.

8. Pengauditan

Mata kuliah ini Anda akan mempelajari bagaimana metode pemeriksaan atau audit dari hasil pekerjaan yang telah selesai dilakukan.

Diatas adalah beberapa mata kuliah yang secara umum diajarkan pada jurusan akuntansi. Selain beberapa mata kuliah diatas, ada beberapa mata kuliah lainnya seperti: Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Akuntansi keuangan menengah, Manajemen Keuangan, Akuntansi manajemen, Teori akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi, Perencanaan pajak, Analis informasi keuangan, Bisnis Pengantar, Hukum Bisnis, Matematika Bisnis, Sistem Informasi Manajemen, Analis dan sistem desain, Manajemen strategic, Statistika bisnis, Studi kelayakan bisnis, Bisnis internasional, Komunikasi bisnis

Pengetahuan dan Keterampilan Harus Dimiliki Calon Mahasiswa Kuliah Jurusan Akuntansi

Jika Anda ingin menjadi salah satu mahasiswa jurusan akuntansi, pertama kali yang Anda perlukan adalah sedikit pengetahuan serta keterampilan yang sesuai dengan bidang akuntansi. Nah, ini penting mengingat kedepannya Anda akan mempelajarinya lebih detail. Lantas apa saja pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan calon mahasiswa yang kuliah jurusan akuntansi?

1. Kemampuan yang baik dalam pengelolaan keuangan

Ketika Anda mengambil jurusan akuntansi, hal pertama yang sangat harus dimiliki adalah kemampuan pengelolaan keuagnan. Jadi Anda harus lebih sensitive terhadap hal yang berhubungan dengan keuangan. Anda diharuskan untuk aktif dan terbiasa dalam mengatasi masalah keuangan serta harus mampu mencari dan mengetahui solusi dari setiap masalah tersebut.

2. Kemampuan menyajikan laporan data keuangan

Ini adalah kemampuan yang harus dimiliki para lulusan jurusan akuntansi. Nah, oleh karena itu jika Anda hendak kuliah jurusan akuntansi, sedari sekarang mulailah untuk belajar menyajikan laporan keuangan mulai dari keuangan pribadi. Lantas cobalah presentasikan untuk diri sendiri ataupun bersama partner.

3. Kemampuan menganalisis

Ini adalah salah satu kemampuan yang juga perlu dipelajari seorang calon akuntan. Jadi pastikan untuk mulai mencari tahu dan belajar sedikit demi sedikit segala hal terkait analisis laporan keuangan.

4. Kemampuan untuk memberikan penilaian terhadap laporan keuangan

Menilai laporan keuangan bukanlah hal yang mudah karena sebelumnya Anda terlebih dulu harus memahami dan mengerti setiap bagian pada laporan keuangan perusahaan. Sebelumnya Anda diharuskan untuk membaca laporan seperti arus kas, perubahan modal, neraca, laba rugi, dan berbagai laporan lainnya. Kemampuan ini juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi perusahaan apakah itu stabil atau tidak.

5. Kemampuan untuk membuat rekomendasi

Lulusan kuliah jurusan akuntansi harus mampu membuat rekomendasi berdasarkan dari analis yang dibuatnya. Jadi pastikan pula untuk memahaminya sedari dini agar di kemudian hari Anda bisa dengan mudah membuat rekomendasi strategi dari hal-hal yang diprioritaskan perusahaan pada bagian keuangan.

6. Kemampuan mengevaluasi anggaran

Evaluasi terhadap anggaran merupaka keterampilan yang harus dimiliki seorang akuntan. Perhitungan anggaran yang tidak tepat bisa berdampak pada keberlangsungan perusahaan, oleh karena itu anggaran harus dibuat dengan tepat dan di evaluasi apakah sudah sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini atau belum.

7. Teliti dalam menghitung

Ini adalah sebuah keterampilan dasar yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang hendak kuliah jurusan akuntansi. Akuntansi menuntut ketelitian dalam menghitung. Bahkan mungkin hingga ke decimal. Karena itu jika hendak menjadi lulusan terbaik, maka pastikan untuk menjadi mahasiswa yang teliti. Khususnya dalam menghitung.

Nah, apakah Anda memiliki beberapa kemampuan diatas? Jika iya, artinya Anda tepat memilih kuliah jurusan akuntansi. Tingkatkan kemampuan Anda dengan kuliah jurusan akuntansi di kampus yang tepat dan jadilah seorang akuntan professional.

Manfaat Ilmu Akuntansi dalam Dunia Bisnis

Dari ulasan diatas kita bisa mengetahui bahwa jurusan akuntansi memiliki keilmuwan yang sangat luas, khususnya dalam bidang bisnis. Hal ini tak lepas dari tuntutan kuliah jurusan akuntansi untuk ahli dalam bidang sistem informasi, manajemen, perpajakan hingga ke pengauditan. Latnas apa saja manfaat diterapkannya ilmu akuntansi dalam dunia bisnis?

Lebih lengkapnya berikut uraiannya!

1. Sebagai alat kontrol serta bukti keuangan

Proses akuntansi yaitu pencatatan akan menghasilkan bukti valid yang bisa dimanfaatkan oleh semua pihak baik internal ataupun eksternal untuk mengambik keputusan terkait masalah keuangan. Selain itu ilmu akuntansi akan turut berperan sebagai alat konrol pengendalian arus keluar masuk keuangan.

2. Sebagai informasi keuangan

Proses akuntansi menghasilkan data yang bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam melakukan perencanaan kedepannya dalam upaya peningkatan keberkembangan perusahaan.

3. Sebagai sumber informasi keuangan

Proses akuntansi yang berjalan akan membuat semua pihak baik internal ataupun eksternal mendapatkan informasi keuangan secara detail untuk kemudian dijadikan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan manajerial.

Akuntasi sangat erat kaitannya dengan bisnis, jadi jurusan ini tak hanya bagi mereka yang ingin menjadi seorang akuntan saja. Namun bagi Anda yang ingin berwirausahapun jurusan akuntansi tetap pilihan terbaik. Prospek kerja yang luas serta keterampilan yang mumpuni jelas menjadikan lulusan jurusan akuntansi perlu diperhitungkan.

BINUS ONLINE sebagai Kampus Terbaik untuk Kuliah Jurusan Akuntansi

Bagi Anda yang ingin kuliah jurusan akuntansi, maka rekomendasi kampus terbaik adalah Binus Online University. Kenapa harus BINUS ONLINE?

Pertama, ini adalah kampus swasta yang telah terakreditasi dan menawarkan kuliah daring dengan sistem modular sehingga Anda dapat mengambil mata kuliah sesuai jadwal kelas online yang ditentukan.

Kedua, BINUS ONLINE menawarkan program pembelajaran jarak jauh yang fleksibel sehingga memungkinkanmu berinteraksi dengan dosen tanpa batasan waktu.

Ketiga, BINUS ONLINE adalah pilihan kampus yang berkualitas karena telah menerapkan LMS atau Learning Management System yang terintegrasi untuk interaksi dengan dosen pembimbing, dosen pengajar serta teman.

Keempat, BINUS ONLINE merupakan kampus berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Dan yang terakhir, karena jurusan akuntansi di Binus Online telah sesuai dengan kurikulum International Financial Reporting Standars yang telah menjadi acuan bagi seluruh perusahaan dunia sejak tahun 2012. Selain itu mata kuliah yang diajarkan juga mengacu pada sertifikasi Akuntan Profesional.

Nah, menarik bukan? Jadi, ingin kuliah jurusan akuntansi? BINUS ONLINE solusinya!

Whatsapp