Cari Tahu Lebih Dalam tentang Metode Kualitatif dalam Penelitian Akuntansi

Kamis, 12 Januari 2023 – BINUS ONLINE LEARNING kembali mengadakan webinar BOLD Series “Metode Kualitatif dalam Penelitian Akuntansi” yang dibawakan oleh dosen DEP. Akuntansi FEB UI yaitu ibu Miranti Kartika Dewi dan dimoderatori oleh Dosen PJJ Akuntansi BINUS ONLINE LEARNING yaitu ibu Metya Kartikasary. Acara tersebut dihadiri oleh 180 peserta melalui zoom meeting.

Webinar BOLD Series “Metode Kualitatif dalam Penelitian Akuntansi”.

Pada saat melakukan penelitian terhadap suatu fenomena biasanya menggunakan salah satu metode penelitian yang sesuai dengan pertanyaan yang dimiliki. Ada 3 jenis metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, dan penelitian gabungan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penelitian adalah pencarian sumber-sumber yang terpercaya, dengan memanfaatkan platform-platform yang telah disediakan.

Penelitian kualitatif merupakan penelitian deskriptif terhadap suatu fenomena dengan mendalam dan dilakukan dengan mengumpulkan data sedalam-dalamnya. Bahan penelitian dalam studi kasus kualitatif terdiri dari, konstruktif, non-determinis, interpretif, non-intervention, sedikit minat pada generalisasi, bertujuan untuk membangun empati pembaca, dan lebih suka memahami pengalaman manusia daripada mencari sebab akibat. Metode penelitian kualitatif bisa dilakukan dengan etnografis dan observasi partisipan, wawancara kualitatif (mendalam), diskusi kelompok terfokus (FGD), dan analisis dokumen.

Ibu Metya memberi kesimpulan dengan mengatakan “ketika melakukan penelitian dengan metode apapun harus cari jurnal yang banyak dirujuk dan handal serta terupdate, harus belajar dari sumber yang tepat seperti melalui publish or perish. Penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian gabungan merupakan penelitian yang bisa kalian pilih sesuai dengan pertanyaan studi kasusnya.” Dan pesan yang diberikan oleh Ibu Miranti adalah untuk hati-hati dalam pencarian sumber-sumber dalam menambah ilmu pengetahuan dalam melakukan penelitian akuntansi.

Whatsapp