BINUS Online

6 Tips Membuat Presentasi yang Estetik dan Menarik

Ketika presentasi, tentunya kamu tidak ingin membuat audiens merasa bosan dan mengantuk dengan apa yang sedang kamu jelaskan. Meski keberhasilan presentasi juga ditentukan oleh kemampuan komunikasi yang kamu miliki, jangan remehkan pentingnya desain slide yang estetik dan menarik.

Jika kamu menggunakan jenis tulisan, warna, atau gambar yang menarik, tentunya mata audiens akan tertuju pada bahan presentasimu. Nah, penasaran cara membuat presentasi yang menarik dan tidak membosankan? Simak enam tips berikut ini!

  1. Tentukan dulu kerangkanya

Kerangka presentasi yang bagus umumnya memiliki bagian awalan, tengah, dan akhiran yang jelas. Untuk menarik perhatian audiens, kamu bisa mengajukan pertanyaan sebagai pembuka presentasimu.

Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan menyajikan presentasi tentang apa saja yang akan kamu jelaskan dalam presentasi selama beberapa menit ke depan. Di bagian akhir, kamu bisa menutup presentasi dengan memberi ringkasan singkat dan mengajak audiens untuk bertindak sesuai dengan materi yang disampaikan.

  1. Pilih desain yang simpel

Tips kedua untuk membuat presentasi yang menarik dan estetik adalah gunakan desain yang simpel dan minimalis. Hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok atau teks yang berlebihan. Ini akan menurunkan ketertarikan audiens untuk membaca slide presentasi yang kamu sajikan.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan maksimal tiga jenis warna dan mendominasi latar belakang dengan warna yang netral, seperti warna putih atau beige. Untuk jenis font, pilihkan tulisan yang mudah untuk dibaca.

  1. Hindari kalimat panjang

Ketika membuat slide presentasi, kamu mungkin akan kesulitan memilih materi apa yang perlu dimasukkan karena rasanya penting semua. Pada akhirnya, slide presentasi yang kamu buat pun dipenuhi dengan tulisan. Cobalah untuk menghindari hal ini karena bisa mengalihkan fokus audiens.

Slide presentasi yang terlalu banyak mengandung tulisan akan membuat audiens hanya fokus pada proyektor atau layar, sehingga mereka tidak akan mendengar apa yang kamu bicarakan. Jadi, lebih baik untuk memasukkan beberapa kata kunci dan penjelasan singkat pada presentasi kamu. Dengan begitu, audiens akan lebih fokus pada apa yang kamu jelaskan secara verbal.

  1. Perhatikan pemilihan warna dan font

Aspek penting lainnya yang perlu kamu perhatikan saat membuat presentasi adalah pilihan warna dan font. Untuk warna, pilihlah kombinasi warna yang harmonis sehingga slide presentasi akan lebih menarik untuk dilihat. Sementara untuk font, hindari menggunakan jenis font dekoratif yang terlalu berlebihan karena jenis font tersebut sulit untuk dibaca. Selain itu, perhatikan juga ukuran tulisannya. Jangan terlalu kecil sampai tidak bisa dibaca, tetapi juga jangan terlalu besar sampai memusingkan audiens.

Pemilihan warna teks juga perlu diperhatikan. Jika kamu sudah memilih skema warna tertentu, pastikan warna background dan teksnya kontras. Misalnya, jika kamu menggunakan warna biru tua sebagai background, kamu bisa memilih warna putih untuk teksnya. Dengan begini, audiens bisa membaca teks yang kamu tampilkan tanpa merasa kesulitan.

  1. Tak perlu berlebihan

Pada aplikasi pembuatan presentasi, disediakan beragam fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik tampilan slides. Melihat banyaknya fitur tersebut mungkin membangkitkan kreativitasmu sehingga mencampurkan berbagai elemen ke dalam satu slide presentasi tanpa memikirkan efektivitasnya.

Misalnya, kamu menggunakan lebih dari tiga warna, menambah berbagai foto dan video, menggunakan berbagai font dalam satu slide, dan lain sebagainya. Alih-alih menarik perhatian audiens, hal ini justru membuat presentasi kamu kurang menarik.

Jika elemen desain terlalu berlebihan, poin penting yang ingin kamu sampaikan justru tidak akan sampai kepada audiens. Ada baiknya untuk membuat presentasi yang sederhana. Jika ada poin penting berupa teks yang ingin kamu tonjolkan, kamu bisa menebalkan atau menggarisbawahi teks tersebut. Kamu juga bisa mengganti tulisan dengan foto bila itu dirasa bisa memudahkan penjelasan.

  1. Manfaatkan free template di internet

Cara lainnya untuk membuat presentasi yang menarik adalah dengan memanfaatkan free template yang sudah tersedia di internet. Tidak hanya menarik, ini juga akan mempermudah kamu dalam proses pembuatan presentasi. Dengan free template, kamu hanya perlu memasukkan informasi penting yang ingin disampaikan saja. Sementara jenis font, warna, dan desain sudah disediakan.

Kemampuan membuat presentasi yang menarik ini akan sangat diperlukan di bangku kuliah, termasuk saat kuliah online di BINUS Online Learning. Selain skill membuat presentasi, tentunya masih banyak kemampuan lain yang diperlukan untuk menunjang aktivitas perkuliahan. Untuk itu, kamu bisa ikut event ONE-X Connect 2022 yang diadakan oleh BINUS Online Learning pada 27-29 Oktober.

Di acara ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai kuliah fleksibel dan 100% online, menghadiri berbagai acara menarik bersama berbagai komunitas, ikut dalam webinar dari praktisi industri dan entrepreneur, kesempatan untuk konsultasi gratis, dan peluang mendapat beasiswa hingga 100%!

Yuk, jangan lewatkan pendaftarannya. Kamu bisa segera daftar lewat website onex-connect.apps.binus.ac.id ya!

Whatsapp