BINUS Online

Kenapa Jadi Sarjana Itu Penting?

Pendidikan adalah tolok ukur suatu bangsa. Bangsa yang maju tentunya memiliki persentase masyarakat berpendidikan yang cukup tinggi. Maka dari itu, di Indonesia sendiri pemerintah mewajibkan pendidikan setidaknya sampai 12 tahun. Sayangnya, banyak masyarakat yang tidak melanjutkan pendidikan hingga kuliah padahal pendidikan untuk jadi sarjana sangatlah penting. 

Keterbatasan biaya menjadi salah satu faktor utama banyak masyarakat memilih untuk tidak melanjutkan ke jenjang sarjana. Sebagai gantinya, mereka lebih memilih mencari pekerjaan sehingga kini waktu mereka tersita karena bekerja. Padahal, untuk kamu yang saat ini sedang bekerja dan ingin jadi sarjana, kuliah S1 online bisa jadi opsi yang menarik untuk dicoba. Lalu, kenapa jadi sarjana itu penting meskipun sudah punya pekerjaan tetap? Berikut penjelasannya!

Pendidikan adalah tolok ukur suatu bangsa. Bangsa yang maju tentunya memiliki persentase masyarakat berpendidikan yang cukup tinggi. Maka dari itu, di Indonesia sendiri pemerintah mewajibkan pendidikan setidaknya sampai 12 tahun. Sayangnya, banyak masyarakat yang tidak melanjutkan pendidikan hingga kuliah padahal pendidikan untuk jadi sarjana sangatlah penting. 

  1. Peluang kerja lebih banyak 

Memang benar kalau standar sejumlah profesi di Indonesia adalah SMA/SMK, sehingga kamu mungkin berpikir kalau lulusan SMA sudah cukup untuk bisa mencari pekerjaan. Padahal, ada banyak peluang kerja yang bisa kamu dapatkan jika menyelesaikan pendidikan hingga sarjana. Sejumlah pekerjaan kebanyakan ingin mencari calon pegawai yang sudah pernah belajar di bidang pekerjaan terkait, sehingga sedikit banyak sudah punya pemahaman terhadap pekerjaan tersebut.

Misalnya, profesi arsitek akan memerlukan orang yang pernah menekuni pelajaran di bidang arsitektur, atau bahkan kedokteran di mana kamu harus menyelesaikan sejumlah tingkat pendidikan dan prosedur untuk mencapai gelar dokter. Jenis pekerjaan tersebut tentunya bisa kamu tekuni jika sudah menyelesaikan pendidikan sarjana arsitek ataupun sarjana kedokteran. Itulah sebabnya jadi sarjana akan membantu kamu membuka peluang kerja yang jauh lebih banyak.

  1. Meningkatkan skill

Dengan melanjutkan pendidikan ke tingkat sarjana, kamu akan mempelajari skill baru dan tentunya akan berguna ketika memasuki dunia kerja. Skill yang dipelajari saat pendidikan sarjana sangat berbeda dari saat SMA. Skill tersebut bisa digunakan sebagai nilai tambah saat perusahaan mempertimbangkan kamu. Nah, bagi yang sekarang telah bekerja, tenang saja karena kamu masih berkesempatan meningkatkan skill dengan mengambil kuliah S1 online dengan jadwal fleksibel.

  1. Ajang mengembangkan minat

Selain menambah pengetahuan dan wawasan luas, pendidikan sarjana juga bisa jadi ajang kamu mengembangkan minat, baik dari akademik ataupun non-akademik, dengan mengikuti organisasi ataupun kegiatan mahasiswa lainnya. Kegiatan pengembangan minat ini juga jadi tempat terbaik untuk belajar cara bekerja dalam tim sebelum merasakan pengalaman kerja di lapangan.

Kamu juga bisa mendapatkan prestasi jika minat kamu tersalurkan dengan baik melalui pengalaman dari mengikuti event atau kompetisi tertentu. Sehingga, selain jadi sarjana, kamu juga bisa mengembangkan potensi kamu secara maksimal dan akan menambah nilai kamu di mata perusahaan.

  1. Siap kerja

Salah satu keuntungan yang kamu dapat ketika melanjutkan pendidikan hingga jadi sarjana adalah kamu akan siap untuk menghadapi dunia kerja. Berbekal pengetahuan yang sudah kamu dapat selama pendidikan, belum lagi program magang yang biasanya diberikan universitas sebagai persiapan sebelum masuk ke dunia kerja, hal ini membuat kamu satu langkah di depan.

Selain itu, kamu juga akan lebih diprioritaskan oleh perusahaan karena status kamu sebagai sarjana. Ditambah lagi jika kamu adalah lulusan dari jurusan yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar, atau memiliki sejumlah pengalaman di organisasi atau kegiatan non-akademik lainnya, maka peluang diterima kerja akan semakin besar.

  1. Relasi lebih besar

Selama pendidikan, kamu akan bertemu mahasiswa, dosen, dan orang-orang baru dengan latar belakang berbeda. Dengan berkenalan bersama mereka, kamu akan menambah relasi baru yang lebih luas dan orang-orang ini nantinya akan sangat berguna ketika kamu ingin menjalin relasi dalam dunia kerja.

Melanjutkan pendidikan sampai jadi sarjana sangat penting untuk perkembangan karier. Namun, keterbatasan biaya dan sulitnya membagi waktu kerap menjadi masalah untuk kamu mengembangkan diri. Jangan khawatir! BINUS ONLINE LEARNING memberikan kesempatan bagi kamu yang sudah bekerja, atau ingin melanjutkan pendidikan tanpa harus datang ke kampus setiap hari, untuk jadi sarjana melalui kuliah S1 online

Selain metode pembelajaran yang bisa dilakukan secara online, BINUS ONLINE LEARNING juga menerapkan sistem modular di mana mahasiswa mendapat kebebasan untuk memilih jadwal dan jumlah mata kuliah yang kamu inginkan. Kebebasan mengatur jadwal ini membuat biaya kuliah per semester juga lebih fleksibel, menyesuaikan keuangan kamu. Buat kamu yang sudah siap kuliah S1 online dan jadi sarjana di BINUS ONLINE LEARNING, klik di sini untuk info lebih lanjut!

Whatsapp