BINUS Online

Mengenal Apa Itu Pemrograman, Materi Penting Kuliah Jurusan Computer Science

Beberapa tahun belakangan ini, pemrograman komputer menjadi semakin populer. Para mahasiswa yang kuliah Jurusan Computer Science banyak yang ingin mendapatkan pekerjaan di perusahaan teknologi impian, seperti Google, Facebook, Microsoft, Apple, dan lain-lain. Apa itu pemrograman komputer? Jika kamu adalah mahasiswa di Jurusan Computer Science atau memiliki impian untuk bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi tersebut, mari simak ulasan tentang pemrograman berikut!

Beberapa tahun belakangan ini, pemrograman komputer menjadi semakin populer. Para mahasiswa yang kuliah Jurusan Computer Science banyak yang ingin mendapatkan pekerjaan di perusahaan teknologi impian, seperti Google, Facebook, Microsoft, Apple, dan lain-lain. Apa itu pemrograman komputer? Jika kamu adalah mahasiswa di Jurusan Computer Science atau memiliki impian untuk bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi tersebut, mari simak ulasan tentang pemrograman berikut!

Apa itu pemrograman?

Sederhananya, pemrograman adalah proses membuat program di komputer. Pembuatan program ini bisa berupa website, software, aplikasi android, dan sebagainya. Pemrograman dimulai melalui beberapa tahapan, seperti tulis-menulis, menguji, merevisi, mengevaluasi, serta pengujian kembali. Tahapan-tahapan tersebut dilakukan terus-menerus sampai program jadi sesuai yang diinginkan. 

Jenis pemrograman

Saat membuat program di dalam perangkat teknologi, ada tiga jenis pemrograman yang bisa Anda temui. Berikut penjelasannya.

  1. Website

Website adalah kumpulan dari banyak halaman web. Halaman web sendiri merupakan file digital yang ditulis menggunakan HTML (HyperText Markup Language). Website dibentuk menggunakan sistem pemrograman dan jalinan beragam sintaks bahasa pemrograman. Berbagai bahasa pemrograman web yang berbeda-beda tersebut membuat website memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan oleh orang awam.

Jenis pemrograman website memiliki fungsi utama untuk menyusun fungsional website agar menjadi lebih mudah digunakan. Mekanisme pemrograman membuat website dapat berjalan dengan lebih interaktif, dinamis, dan memiliki daya fungsional yang lebih tinggi. Beberapa contoh jenis bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk menyusun website adalah Javascript, CSS, HTM, PHP, dan JSP.

  1. Aplikasi

Jenis pemrograman selanjutnya adalah aplikasi yang digunakan di smartphone. Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, aplikasi semakin banyak digunakan karena lebih praktis dan interaktif dibandingkan website, serta mampu bekerja lebih spesifik untuk menyelesaikan berbagai jenis tugas dan pekerjaan penggunanya. Jenis pemrograman ini lebih fokus pada hasil untuk menyusun sebuah aplikasi. 

Sistem terbaik yang digunakan oleh para developer yang bekerja di bidang pengembangan aplikasi untuk menciptakan aplikasi dengan daya kegunaan tinggi. Pemrograman aplikasi umumnya fokus pada satu tujuan saja, seperti aplikasi Microsoft Office yang berfokus pada pengolahan data.

  1. Sistem operasi

Terakhir ada sistem operasi, jenis pemrograman yang bisa dibilang komponen penting karena dipakai untuk membentuk perangkat komputer. Untuk bisa berfungsi dengan baik, sistem operasi perlu diinstal terlebih dahulu pada sebuah perangkat komputer. Jenis pemrograman ini tidak bisa lagi diubah karena sudah menjadi satu dalam setiap perangkat hardware yang dibeli, misalnya seperti laptop, komputer, smartphone, atau tablet. Beberapa contoh sistem operasi adalah Windows, Linux, Android, iOS, dan lain-lain.

Fungsi pemrograman

Fungsi apa itu pemrograman adalah memberikan instruksi pada komputer sehingga manusia dapat memerintahkan mesin secara spesifik, apa yang harus dilakukan. Sebagai media komunikasi antara manusia dengan komputer, bahasa pemrograman memungkinkan komputer memproses data sesuai dengan jalur sistematis yang dibuat oleh penerjemah. Bahasa pemrograman juga membuat mesin lebih mudah digunakan untuk mengurangi pekerjaan manusia.

Yuk, belajar pemrograman di BINUS ONLINE LEARNING! 

Jika tertarik belajar pemrograman, kamu bisa kuliah S1 online dan ambil jurusan Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING! Jurusan Sistem Informasi merupakan sebuah disiplin ilmu yang berhubungan dengan teknologi aplikasi pada berbagai masalah bisnis. 

Biasanya, para lulusan jurusan Sistem Informasi memiliki kesempatan karier yang baik di bidang bisnis atau teknologi. Jika mengenyaman pendidikan di jurusan Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa mempunyai latar belakang yang baik dalam manajemen dan menyediakan karier yang berkelanjutan.

Kamu berkesempatan memupuk keahlian yang tak pernah habis dan dapat diterapkan. Jurusan Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk masuk ke dalam pasar global atau lebih pada bidang bisnis dan teknologi.

Itu tadi informasi tentang apa itu pemrograman, materi penting kuliah jurusan Computer Science. Jika ingin kuliah jurusan Computer Science, kamu bisa mendaftar kuliah online di BINUS. Kamu bisa menikmati sistem kuliah masa depan, sistem kuliah global yang mendunia, serta dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Kuliah online juga menawarkan proses belajar-mengajar yang interaktif menggunakan internet sebagai media perkuliahannya. Jika ingin tahu info lebih lanjut tentang BINUS ONLINE LEARNING, klik di sini!

Whatsapp