BINUS Online

Mengenal Akuntansi Forensik, Apa Saja Perannya?

Akuntansi forensik adalah area khusus akuntansi. Seorang akuntan forensik menyelidiki insiden penipuan, penyuapan, pencucian uang, dan penggelapan dengan menganalisis catatan keuangan dan transaksi, menelusuri aset, dan banyak lagi. Ingin mengenal akuntansi forensik lebih dalam dan mengetahui apa saja perannya? Mari simak ulasan berikut!

Akuntansi forensik adalah area khusus akuntansi. Seorang akuntan forensik menyelidiki insiden penipuan, penyuapan, pencucian uang, dan penggelapan dengan menganalisis catatan keuangan dan transaksi, menelusuri aset, dan banyak lagi. Ingin mengenal akuntansi forensik lebih dalam dan mengetahui apa saja perannya? Mari simak ulasan berikut!

Definisi akuntansi forensik

Akuntansi forensik adalah metodologi investigasi pada data sejarah keuangan atau aktivitas akuntansi lainnya yang hasilnya bisa menjadi bahan dalam pengadilan guna menyelesaikan sengketa hukum di masa sekarang atau yang akan datang. Dalam profesi akuntan, forensik berkaitan dengan hal keuangan dan permasalahan hukum. Isi area akuntansi ini adalah audit atas catatan akuntansi untuk mencari bukti penipuan, seperti kecurangan dan pemalsuan terhadap data keuangan.

Berikut beberapa hal yang dilakukan dalam akuntansi forensik:

  • Menggunakan teknik investigasi dan audit;
  • Mengintegrasikan data keuangan dengan keterampilan akuntansi dan komersial;
  • Memberikan kesaksian melalui saksi ahli di pengadilan;
  • Menyelesaikan masalah keuangan yang kompleks;
  • Melaksanakan investigasi penipuan;
  • Membantu pemahaman yang lebih baik tentang sistem akuntansi yang dipegang oleh bisnis.

Peran akuntansi forensik di Indonesia

Di Indonesia, peran akuntansi forensik fokus pada pengungkapan kasus korupsi melalui sinergi lembaga-lembaga antikorupsi, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan kepolisian. Akuntansi forensik digunakan untuk mengungkap kasus korupsi karena tingginya kasus tersebut di tanah air. 

Berdasarkan rekapan Indonesia Corruption Watch (ICW), ada 271 kasus korupsi pada 2019 yang berhasil mendapat penindakan dengan total kerugian negara mencapai Rp8,4 triliun. Menguatnya peluang akuntansi dan audit forensik didukung oleh adanya penambahan jumlah Kantor Akuntan Publik (KAP) yang mulai memberikan jasa audit forensik dan investigasi audit kepada kliennya. 

Penguatan peluang akuntansi dan audit forensik bertujuan untuk memerangi fenomena fraud dan korupsi yang kini menjadi ancaman bagi pihak BUMN, swasta, dan pemerintahan. Di Indonesia, istilah akuntansi forensik dikenal pasca keberhasilan PricewaterhouseCoopers (PwC) saat berhasil membongkar kasus Bank Bali pada 1999. 

Beasiswa akuntansi forensik 

Jika tertarik bergelut di bidang ini, kamu bisa memburu beasiswa Ritchie-Jennings Memorial Scholarship Program untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Program beasiswa dari ACFE (Association Certified Fraud Examiners) ini bisa membantumu selangkah lebih dekat untuk mewujudkan impianmu berkarier sebagai fraud examiner atau profesi serupa anti-fraud.

ACFE sendiri adalah sebuah organisasi antipenipuan serta penyedia utama pelatihan dan pendidikan tentang hal serupa yang terbesar di dunia. ACFE yang berdiri sejak 1988 di Austin, Texas, USA, dan telah meminimalkan kasus penipuan bisnis di berbagai penjuru dunia. Bergerak bersama lebih dari 90.000 anggota, ACFE juga menginspirasi kepercayaan publik terhadap integritas dan objektivitas dalam profesi. ACFE mempunyai perwakilan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kuliah S1 online Akuntansi di BINUS ONLINE LEARNING saja! 

Kalau beasiswa kuliah S1, sekarang bisa kuliah online supaya lebih mudah. Kuliah S1 online Akuntansi di BINUS saja, yuk! Program bagi mahasiswa yang ingin menjadi akuntan profesional ini bisa jadi langkah awal tepat bagi kamu yang nantinya ingin terjun di bidang akuntansi ini. Berikut beberapa kelebihan kuliah online Akuntansi di BINUS ONLINE LEARNING:

  • Kurikulum yang dirancang agar dapat membentuk skill di bidang bisnis dan teknologi informasi;
  • Kurikulum dalam program kuliah S1 online akuntansi di BINUS yang sesuai dengan tren kurikulum pendidikan akuntansi global;
  • Kurikulum dalam program kuliah S1 online akuntansi di BINUS sesuai aturan International Federation of Accountant, International Education Standard, serta International Financial Reporting Standard (IFRS);
  • Mata kuliah S1 online Akuntansi di BINUS bahkan mengacu pada Chartered Accountant-CA, sertifikasi Akuntan Profesional;
  • Menawarkan model pembelajaran secara online sehingga memberikan kemudahan dan fleksibilitas pada mahasiswa menjalin komunikasi dengan dosen dan kawan-kawan mahasiswa lain;
  • Bahan pembelajaran dirancang agar bisa dipelajari secara mandiri, baik secara tatap muka maupun melalui internet, televisi, radio, serta sumber belajar lain.

Kamu bakal mendapatkan banyak keuntungan dari kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING yang juga bisa menjadi kelas karyawan. Dengan menjadi mahasiswa BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa mencapai impian untuk berkarier di bidang akuntansi forensik. Ditujukan untuk lulusan SMA/SMK sederajat dan Diploma (D3) guna meraih impian mendapat gelar S1, kamu yang ingin tahu info lebih lanjut tentang BINUS ONLINE LEARNING bisa langsung klik di sini!

Whatsapp