BINUS Online

Kenalan Lebih Jauh dengan Teknologi Cloud Computing, Apa Itu?

Saat ini, banyak bisnis menggunakan cloud computing karena saat bisnis semakin besar dan berkembang, jumlah data yang diproduksi juga akan semakin banyak. Bisnis butuh kemudahan dalam mengakses data dalam jumlah besar agar bisa dimanfaatkan untuk keuntungan bisnis. Tertarik mengenal lebih jauh apa itu teknologi cloud computing? Simak artikel berikut!

Cloud computing adalah teknologi canggih masa kini yang punya beragam manfaat. Yuk, kenalan lebih jauh dengan teknologi cloud computing!

Apa itu cloud computing?

Cloud computing secara sederhana merupakan pengiriman berbagai layanan komputasi, termasuk server, perangkat lunak, penyimpanan data, database, jaringan, serta analitik melalui internet (cloud). Cloud computing sudah banyak dipakai oleh berbagai perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan storage berkapasitas besar tanpa harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk membeli hardware, software, maupun pemeliharaan sistem. 

Cloud computing berbeda dengan server konvensional yang memaksa perusahaan mengeluarkan sejumlah dana besar untuk membeli server, router, dan mempekerjakan SDM untuk memelihara storage dan infrastruktur. Beberapa contoh jenis layanan cloud computing adalah:

  1. Public cloud – Penggunaan jenis cloud computing yang ditujukan murni untuk umum;
  2. Private cloud – Layanan ini menyediakan pengelolaan dan pengoperasian infrastruktur hanya untuk klien tertentu yang biasanya berskala besar dan memiliki dana untuk punya cloud sendiri;
  3. Community cloud – Dipakai secara bersama-sama oleh sejumlah organisasi yang punya kepentingan yang sama dan kebutuhan tingkat keamanan yang sama;
  4. Hybrid cloud – Meskipun secara entitas berdiri sendiri, hybrid cloud menggunakan teknologi yang memungkinkan portabilitas data dan terhubungnya aplikasi antar-cloud;

Manfaat mengadaptasi cloud computing

Cloud computing memiliki beragam manfaat, selain menyediakan sistem penyimpanan yang tak terbatas. Berikut sejumlah manfaat mengadaptasi cloud computing.

  1. Keamanan data

Manfaat mengadaptasi cloud computing yang pertama adalah keamanan data. Cloud computing memiliki keamanan data yang relatif lebih terjamin karena masalah keamanan sudah diantisipasi oleh cloud hosting. Jadi, pengguna sistem ini tidak lagi perlu khawatir soal menyimpan semua data perusahaan di satu tempat yang bisa diakses dari mana saja. 

Dilengkapi sistem keamanan tangguh berupa enkripsi data, cloud computing memastikan keamanan data yang terjaga. Sistem keamanan yang kokoh membuat database cloud sangat sulit ditembus oleh peretas sehingga menjamin keamanan data.

  1. Akses lebih mudah

Cloud computing memiliki sistem yang membuat penggunanya bisa dengan mudah mengakses berbagai data yang tersimpan di dalam sistem. Kapan pun dan di mana pun, pengguna bisa membuka maupun mengakses semua data dengan mudah dan praktis selama terkoneksi dengan jaringan internet. 

Cloud computing juga memudahkan penggunanya dalam kegiatan sehari-hari berkat penyimpanannya yang berbentuk virtual. Pengguna tidak perlu repot membawa hardware untuk membuka semua file atau data yang diinginkan jika menggunakan cloud computing. Dengan demikian, cloud computing mendukung proses bisnis yang berjalan lebih cepat dan produktif. 

  1. Penyimpanan tak terbatas

Kapasitas penyimpanan cloud computing relatif lebih besar, bahkan tak terbatas. Manfaat ini membuat cloud computing menjadi solusi bagi kebutuhan penyimpanan banyak perusahaan. Semakin menguntungkan karena cloud computing tidak butuh perangkat keras dalam melakukan penyimpanan data. 

Penyimpanan tak terbatas juga membuat cloud computing sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data dalam sistem akademik dalam jumlah yang tidak sedikit. Selain itu, sistem ini juga menarik karena menawarkan kemudahan penggunaan.

  1. Kemudahan kolaborasi

Cloud computing juga menawarkan kemudahan kolaborasi. Bagi perusahaan yang memiliki jumlah karyawan cukup banyak, memprioritaskan kolaborasi penting dilakukan. Sistem cloud computing bisa dimanfaatkan untuk membuat kolaborasi menjadi proses sederhana karena setiap anggota tim bisa melihat dan berbagi informasi di seluruh platform berbasis cloud. Sistemnya yang lebih cepat dan canggih juga memungkinkan setiap anggota tim melakukan pemindahan data ke cloud tanpa repot. 

Yuk, belajar cloud computing di BINUS ONLINE LEARNING! 

Cara mempelajari cloud computing bisa kamu lakukan dengan ikut kuliah S1 online jurusan Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING! Jurusan Sistem Informasi merupakan sebuah disiplin ilmu yang berhubungan dengan teknologi aplikasi pada berbagai masalah bisnis. 

Biasanya, para lulusan jurusan Sistem Informasi memiliki kesempatan karier yang baik di bidang bisnis atau teknologi. Dengan kuliah online jurusan Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa mempunyai latar belakang yang baik dalam manajemen dan menyediakan karier yang berkelanjutan, bahkan di pasar global.

Itu tadi informasi tentang teknologi cloud computing. Yuk, belajar cloud computing dengan kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING untuk mencapai impian berkarier di bidang teknologi dan bekerja di perusahaan besar. Jika ingin tahu info lebih lanjut tentang BINUS ONLINE LEARNING, klik di sini!

Whatsapp