Ingin Menguasai Algoritma Pemrograman? Yuk, Kuliah Jurusan Sistem Informasi!

Jika ingin menyelesaikan sesuatu dengan komputer, kamu harus memberi tahu komputer cara melakukannya. Caranya adalah dengan menulis program komputer yang menjelaskan langkah demi langkah tugas apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Di sinilah algoritma pemrograman berperan.

Algoritma adalah seperangkat instruksi yang digunakan oleh komputer untuk memecahkan masalah yang diberikan untuk memenuhi tujuan akhir. Penasaran dengan fungsi algoritma dan cara kerjanya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut!

Jika ingin menyelesaikan sesuatu dengan komputer, kamu harus memberi tahu komputer cara melakukannya. Caranya adalah dengan menulis program komputer yang menjelaskan langkah demi langkah tugas apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Di sinilah algoritma pemrograman berperan.  Algoritma adalah seperangkat instruksi yang digunakan oleh komputer untuk memecahkan masalah yang diberikan untuk memenuhi tujuan akhir. Penasaran dengan fungsi algoritma dan cara kerjanya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut!

Definisi algoritma

Secara sederhana, algoritma adalah susunan logis secara keseluruhan yang diurutkan berdasarkan sistematika tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Algoritma sangat penting untuk merancang dan mengembangkan program komputer yang efisien. 

Jika ingin menguasai algoritma pemrograman, kamu harus mempelajari struktur data terlebih dahulu. Struktur data mudah dipelajari dan mencakup hal-hal seperti array, tumpukan, antrean, dan lain-lain. Jika sudah paham struktur data, baru kamu bisa mulai menguasai algoritma.

Ibaratnya, algoritma adalah resep makanan. Pada resep makanan, tercantum bahan-bahan yang dibutuhkan dan beberapa langkah untuk membuat makanan tersebut. Seperti itulah algoritma jika dianalogikan sebagai resep.

Resep, dalam bahasa komputer, merupakan prosedur. Sedangkan bahan-bahan resep masakan disebut masukan. Komputer melihat prosedur, mengikutinya ke alur tersebut, dan menghasilkan sesuatu yang disebut output. Algoritma pemrograman menjelaskan cara melakukan sesuatu dan komputer akan melakukan sesuatu tersebut persis seperti yang dijelaskan oleh algoritma pemrograman.

Fungsi algoritma, apa saja?

Fungsi utama algoritma pada dasarnya adalah memecahkan suatu masalah. Algoritma pemrograman berguna dalam aktivitas pembuatan program karena pada umumnya digunakan untuk membantu konversi sebuah permasalahan ke bahasa pemrograman. 

Dengan kata lain, algoritma adalah konsep pemikiran sehingga perintah dalam algoritma dapat dilaksanakan oleh komputer melalui bahasa pemrograman. Berikut sejumlah fungsi algoritma yang penting kamu ketahui.

  • Menyederhanakan sebuah program yang rumit dan besar;
  • Secara urut membantu mengatasi permasalahan yang ada;
  • Menggunakan logika dan secara sistematis memecahkan suatu permasalahan;
  • Membuat suatu program lebih mudah digunakan untuk penyelesaian suatu masalah;
  • Dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan penggunaan berkali-kali;
  • Memungkinkan perhitungan tingkat tinggi lewat pemecahan program yang rumit;
  • Memungkinkan alur kerjanya yang jelas sehingga memudahkan tracking kesalahan;
  • Menyederhanakan modifikasi program tanpa merubah dan mengganggu modul lain;
  • Program yang lebih mudah dipahami dan dikembangkan karena dibuat lebih rapi dan terstruktur.

Sekilas cara kerja algoritma

Algoritma komputer bekerja melalui input dan output. Algoritma mengambil input dan menerapkan setiap langkah algoritma ke informasi itu untuk menghasilkan output. Contohnya browser merupakan algoritma yang memakai kueri penelusuran sebagai input dan menelusuri basis datanya untuk item yang relevan dengan kata dalam kueri.

Algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman agar komputer bisa melaksanakannya, itulah mengapa algoritma disebut sebagai program. Program merupakan wujud atau implementasi teknis algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer. 

Namun, algoritma dan program tidaklah sama. Algoritma merupakan rangkaian langkah untuk menyelesaikan masalah, sedangkan program adalah realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman.

Pintar algoritma pemrograman bersama BINUS ONLINE LEARNING! 

Kamu ingin pintar algoritma pemrograman? Yuk, kuliah online jurusan Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING! Jurusan Sistem Informasi merupakan sebuah disiplin ilmu yang berhubungan dengan teknologi aplikasi pada berbagai masalah bisnis. 

Biasanya, para lulusan jurusan Sistem Informasi memiliki kesempatan karier yang baik di bidang bisnis atau teknologi. Jika mengenyam pendidikan jurusan Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa mempunyai latar belakang yang baik dalam manajemen dan menyediakan karier yang berkelanjutan.

Kamu berkesempatan memupuk keahlian yang tak pernah habis dan dapat diterapkan. Jurusan Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk masuk ke dalam pasar global atau lebih pada bidang bisnis dan teknologi.

Yuk, gabung kelas karyawan dengan kuliah online jurusan Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING sekarang! Dengan menjadi mahasiswa Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa mencapai impian untuk berkarier di bidang teknologi dan bekerja di perusahaan besar. Jika ingin tahu info lebih lanjut tentang program kelas S1 online BINUS ONLINE LEARNING, klik di sini!

Whatsapp