6 Bahasa Pemrograman yang Kamu Perlu Tahu!

Bahasa pemrograman adalah rangkaian kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang wajib dikuasai oleh seorang developer. Biasanya, bahasa pemrograman terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Baik baru mengenal pemrograman atau ingin mengasah keterampilan, kamu perlu mengetahui bahasa pemrograman yang populer dan sering digunakan. Berikut informasinya!

Bahasa pemrograman adalah rangkaian kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang wajib dikuasai oleh seorang developer. Biasanya, bahasa pemrograman terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Baik baru mengenal pemrograman atau ingin mengasah keterampilan, kamu perlu mengetahui bahasa pemrograman yang populer dan sering digunakan.

  1. Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang ada dan banyak digunakan saat mengembangkan aplikasi Android. Salah satu bahasa pemrograman ini semakin diminati oleh banyak kalangan, khususnya para programmer, sejak dikembangkan oleh SUN Microsystem pada 1991. Sebab, Java mempunyai rangkaian keunggulan dan kelebihan tersendiri.

Dari segi pengembangan sebuah aplikasi, Java mudah digunakan karena dilengkapi sifat yang multiplatform. Java menyediakan banyak dipilih bagi para programmer untuk mengembangkan aplikasi, mulai dari komputer desktop, seperti Windows dan Linux atau aplikasi mobile yang berbasis Android dan iOS. Pemrograman Java juga mudah dimodifikasi berdasarkan kebutuhan dari penggunanya dan berorientasi pada objek.

  1. PHP

PHP banyak digunakan untuk pengembangan web sisi server. Sebagai bahasa pemrograman yang cukup tua, PHP memanfaatkan ekosistem besar pengguna yang telah menghasilkan kerangka kerja, perpustakaan, dan alat otomatisasi untuk membuatnya lebih mudah digunakan. Kode PHP juga mudah untuk di-debug

Salah satu manfaat utama PHP adalah platform ini bersifat independen, artinya dapat digunakan di Mac OS, Windows, Linux, dan mendukung sebagian besar browser web. PHP juga mendukung semua server web utama, membuatnya mudah untuk digunakan pada sistem dan platform yang berbeda dengan biaya tambahan yang minimal. Bahasa pemrograman ini adalah kode yang menjalankan situs web berorientasi konten, seperti Facebook, WordPress, dan Wikipedia.

  1. Rust

Rust menekankan kinerja dan keamanan tinggi serta berguna untuk aplikasi yang memungkinkan banyak hal terjadi secara bersamaan. Bahasa pemrograman ini lebih cepat dan bisa dua kali lebih cepat daripada Python. Sebab, Rust dikompilasi langsung ke dalam kode mesin, tidak ada penerjemah atau mesin virtual antara kode dan perangkat keras. Faktor lain yang meningkatkan kinerja Rust adalah manajemen memorinya.

  1. C++

C++ adalah bahasa lintas platform yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berkinerja tinggi. Dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup sebagai perpanjangan dari bahasa C, C++ memberi programmer tingkat kontrol yang tinggi atas sumber daya dan memori sistem. Bahasa ini diperbarui sebanyak empat kali, yakni pada 2011, 2014, 2017, dan 2020 ke C++11, C++14, C++17, C++20. Bahasa pemrograman C++ memiliki banyak kegunaan dan merupakan bahasa yang menjadi background dari banyak hal, mulai dari game komputer hingga simulasi matematika.

  1. Typescript

TypeScript adalah JavaScript untuk pengembangan skala aplikasi. Bahasa yang berorientasi objek dan dikompilasi ini dirancang oleh Anders Hejlsberg (desainer C#) di Microsoft. Diketik dari JavaScript yang dikompilasi ke JavaScript, TypeScript dengan kata lain adalah JavaScript diberi tambahan beberapa fitur.

TypeScript lebih unggul dari rekan-rekan lainnya, seperti CoffeeScript dan bahasa pemrograman Dart karena merupakan perpanjangan JavaScript. Bahasa ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi JavaScript untuk eksekusi sisi klien dan sisi server (seperti halnya Node.js atau Deno).

  1. Phyton

Dengan sintaks yang sederhana, perpustakaan standar dan toolkit yang besar, serta terintegrasi dengan bahasa pemrograman populer lainnya, seperti C dan C++, Python dianggap sebagai bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Faktanya, Python merupakan bahasa pertama yang dipelajari dalam program Align.

Merupakan bahasa pemrograman yang populer, terutama di kalangan pemula, keterampilan Python sangat diminati. Python digunakan dalam berbagai macam aplikasi, termasuk kecerdasan buatan, layanan keuangan, dan ilmu data. Situs media sosial seperti Instagram dan Pinterest juga dibangun di atas Python.

Pelajari semua bahasa pemrograman di BINUS ONLINE LEARNING! 

Jurusan Sistem Informasi BINUS ONLINE LEARNING merupakan sebuah disiplin ilmu yang berhubungan dengan teknologi aplikasi pada berbagai masalah bisnis. Biasanya, para lulusan jurusan Sistem Informasi memiliki kesempatan karier yang baik di bidang bisnis atau teknologi. Dengan kuliah S1 online jurusan Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa mempunyai latar belakang yang baik dalam manajemen dan menyediakan karier yang berkelanjutan.

Kamu berkesempatan memupuk keahlian yang tak pernah habis dan dapat diterapkan. Jurusan Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk masuk ke dalam pasar global atau lebih pada bidang bisnis dan teknologi.

Itu tadi informasi yang kamu perlu tahu. Baik Java, PHP, Rust, C++, Typescript, maupun Python, bisa kamu pelajari dengan kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING. Klik di sini untuk info lebih lengkapnya!

Whatsapp