Masa Depan Cerah, Simak Prospek Kerja Lulusan Jurusan Information System!

Bagaimanakah prospek kerja lulusan Information System atau Sistem Informasi? Jurusan Information System merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Meski begitu, terkadang masih ada calon mahasiswa yang belum memahami ilmu seperti apa yang akan dipelajari serta peluang karier lulusan jurusan Information System.

Padahal, mengetahui prospek kerja akan memudahkan dalam menentukan fokus selama menuntut pendidikan di bangku kuliah. Untuk menambah motivasi sekaligus mengenal lebih jauh tentang jurusan Information System, mari simak ulasan berikut ini.

Jurusan Information System merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Meski begitu, terkadang masih ada calon mahasiswa yang belum memahami ilmu seperti apa yang akan dipelajari serta peluang karier lulusan jurusan Information System. Artikel ini membahas 5 prospek kerja bagi lulusan Information System.

Sekilas tentang Jurusan Information System

Jurusan Information System atau Sistem Informasi mempelajari tentang cara menerapkan teknologi ke lingkungan bisnis. Mahasiswa jurusan Sistem Informasi akan mempelajari keterampilan teknis dalam bidang komputer, sekaligus mendapatkan pengetahuan di bidang komunikasi dan organisasi yang diperlukan untuk berkembang sebagai profesional TI (teknologi informasi).

Sifat teknologi yang selalu berubah dan bagaimana teknologi itu diintegrasikan ke dalam masyarakat memunculkan beragam cara, yang mungkin tak terbatas peluangnya. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu yang didapat selama berkuliah di jurusan Sistem Informasi akan selalu dibutuhkan dan relevan dengan kebutuhan masyarakat akan teknologi.

Terlebih, kini jurusan Information System telah tersedia dalam program BINUS ONLINE LEARNING. Melalui program ini, mahasiswa berkesempatan untuk memperoleh ilmu yang relevan dengan masalah di kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat berkesempatan dengan para praktisi di bidang sistem informasi. Kuliah online ini pun dirancang untuk fleksibel sehingga memudahkan mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan yang mereka butuhkan.

5 Prospek kerja lulusan Information System

Poin sebelumnya telah menyinggung tentang prospek kerja bagi lulusan jurusan Sistem Informasi. Disebutkan, lulusan Sistem Informasi akan memiliki prospek kerja yang luas jika mengingat sifat teknologi yang terus berubah dan berinovasi. Namun, sebenarnya apa saja contoh profesi yang bisa dibidik oleh lulusan Information System? Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Computer engineer

Seorang computer engineer menggabungkan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer untuk mengembangkan suatu teknologi baru. Para computer engineer memiliki tugas untuk merancang, membangun, sekaligus memelihara perangkat keras (hardware) pada sistem komputer modern. Sederhananya, mereka berfokus pada proses integrasi antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dalam suatu sistem terpadu dan memastikannya bekerja secara efisien.

  1. Developer

Developer di sini tentu tidak berhubungan dengan mereka yang mengembangkan dan membangun properti. Developer lulusan Jurusan Information System bekerja untuk mengembangkan program, aplikasi, maupun software. Bisa dibilang, merekalah otak di balik suatu program, aplikasi, atau software. Para developer memanfaatkan bahasa pemrograman dan memahami seni penataan serta pengembangan kode untuk bisa membangun sistem tersebut.

  1. Data analyst

Seorang data analyst memiliki kewajiban untuk mengumpulkan, merapikan, sekaligus menafsirkan kumpulan data untuk bisa menjawab suatu pertanyaan atau memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Mereka dapat bekerja di banyak industri, termasuk bisnis, keuangan, sains, kedokteran, hingga pemerintahan. Profesi ini memungkinkan lulusan Sistem Informasi bekerja secara multidisiplin di berbagai sektor.

  1. Database administrator

Database administrator (atau kadang disebut dengan istilah DBA) adalah individu yang ditunjuk untuk mengurus dan mengelola sistem komputer khusus. Sistem komputer tersebut berfungsi memelihara lingkungan database dengan mengarahkan atau melakukan semua aktivitas terkait untuk menjaga keamanan data. Tanggung jawab utama seorang database administrator adalah menjaga integritas data yang tersimpan dalam database. Artinya, mereka harus selalu memastikan bahwa data aman dari pihak yang berpotensi melakukan pelanggaran dan penyalahgunaan.

  1. IT staff

Prospek kerja lulusan jurusan Information System yang terakhir adalah IT staff. Sebenarnya, cakupan kerja profesi yang satu ini sangat luas, tergantung pada sektor yang dituju. Namun, secara garis besar, mereka memiliki tugas untuk memastikan bahwa ekosistem TI (teknologi informasi) yang digunakan suatu perusahaan dapat beroperasi dengan lancar dan tentunya aman.

Meniti karier dalam kelima profesi yang disebutkan sangatlah mungkin dengan mengambil kuliah S1 online di jurusan Information System BINUS ONLINE LEARNING. Di BINUS ONLINE LEARNING, sistem perkuliahan dirancang fleksibel agar dapat menyesuaikan jadwal dan kebutuhan mahasiswa. Selain itu, materi yang diberikan pun dipastikan selalu update dan relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Informasi mengenai pendaftaran Jurusan Information System BINUS ONLINE LEARNING bisa didapatkan di sini!

Whatsapp