BINUS Online

Cari Tahu Tantangan Bisnis di Era Digital, Apa Saja?

Dunia tengah memasuki era digitalisasi. Mau tak mau, semua sistem yang sudah ada berubah menjadi sistem digital. Meski perubahan ini membawa efisiensi dan kemudahan, bagi SDM tentu bisa memunculkan tantangan tersendiri. Jika tak berhasil menemukan solusi atas tantangan tersebut, maka SDM akan sulit berkompetisi dan bahkan tertinggal. Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi, simak ulasan mengenai tantangan bisnis di era digital berikut ini!

Ilustrasi bisnis digital. Ada 4 tantangan bisnis di era digital yang dibahas dalam artikel ini.

4 Tantangan bisnis di era digital

Ada banyak sekali tantangan bisnis yang muncul di era digital, entah itu dari aspek teknologinya sendiri maupun aspek manusia yang memanfaatkan teknologi digital. Pola konsumsi konsumen pun kini telah mengalami pergeseran. Poin-poin di bawah ini telah merangkum tantangan bisnis terbesar di era digital.

  1. Persaingan semakin tinggi

Tantangan bisnis yang paling besar tentu saja dari segi persaingan. Tiap waktu, akan muncul kompetitor baru dan mereka hadir dengan nilai kompetitifnya masing-masing. Terlebih, kini pola konsumsi telah bergeser ke dunia virtual atau online. Sekarang banyak konsumen yang lebih memilih belanja online daripada datang ke toko fisik. Selain praktis, metode belanja online ini juga disukai karena mudah dilakukan. Mau tak mau, pelaku bisnis pun harus memperhitungkan bisnis online sebagai kompetitor.

  1. Isu keamanan

Era digital mendorong akses informasi yang begitu mudah, cepat, dan transparan. Namun, hal ini ibarat pedang bermata dua. Sering kali, kemudahan akses informasi harus dibayar dengan keamanan data. Informasi sensitif seperti NIK, alamat, hingga tanda tangan kini bisa diakses dengan mudah, tapi juga sangat mudah disalahgunakan. Sayangnya, hal ini tidak disertai dengan edukasi mengenai keamanan data. Pemilik sekaligus pengguna data hanya menyadari kemudahan akses dan mengabaikan konsekuensinya.

  1. Semua serba cepat

Dunia bergerak begitu cepat akhir-akhir ini. Suatu tren bisnis sering kali tidak akan bertahan lama. Apa yang populer pada target pasar di bulan Juni, belum tentu akan kembali populer di bulan Juli. Perlu kerja keras serta strategi pemasaran yang baik agar produk dan juga brand bisa tetap relevan bagi masyarakat dan target pasar.

Mereka yang tidak bisa beradaptasi dengan cepat tentu akan terseret arus perubahan tersebut. Akan bagus jika perubahan tersebut positif bagi bisnis, namun jika efek yang diperoleh sebaliknya, tentu akan sangat berbahaya.

  1. Kurang inovasi

Perubahan yang begitu cepat mau tak mau membuat begitu banyak ide bermunculan. Namun, sering kali, ide yang muncul sebenarnya sudah digunakan oleh kompetitor. Akibatnya, suatu ide yang digadang-gadang akan menjadi suatu inovasi pun hanya menjadi angan-angan belaka.

Padahal, inovasi merupakan salah satu cara untuk bisa bertahan dalam persaingan, terutama persaingan yang amat kompetitif di era digital seperti sekarang. Tanpa adanya inovasi, perusahaan dan produknya akan sulit untuk meraih pelanggan. Sebab, pelanggan akan merasa kurang relevan dengan produk yang ketinggalan zaman.

Persiapkan diri hadapi tantangan dengan kuliah online Business Management di BINUS ONLINE LEARNING!

Tantangan bisnis di era digital memang begitu berat. Meski begitu, bukan berarti tantangan tersebut tidak memiliki solusi. Salah satu cara yang paling efektif dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis di era digital adalah dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Mempersiapkan diri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berkuliah atau meneruskan pendidikan tinggi adalah cara terbaik. Berkuliah di jurusan yang relevan, seperti jurusan Business Management (Manajemen Bisnis), akan membuka peluang untuk mempelajari pengetahuan yang dibutuhkan dalam menghadapi era digital.

Menariknya, jurusan Business Management BINUS ONLINE LEARNING menawarkan kuliah S1 online yang fleksibel. Mahasiswa bisa menentukan jadwal sesuai rutinitasnya. Selain itu, materi yang diberikan pun selalu disesuaikan dengan perubahan tren bisnis. Dengan kata lain, ilmu yang didapat dari kuliah online BINUS ONLINE LEARNING bisa langsung diterapkan pada kasus di dunia nyata.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa era digital memang menghadirkan tantangan bisnis yang begitu hebat. Meski begitu, tantangan tersebut harusnya dijadikan sebagai motivasi untuk mengembangkan diri. Kembangkan diri agar siap hadapi tantangan bisnis era digital dengan mengambil kuliah online di jurusan Business Management BINUS ONLINE LEARNING. Informasi selengkapnya, klik di sini!

Whatsapp