BINUS Online

5 Peluang Kerja Kuliah Online Teknik Industri, Menjanjikan!

Kuliah online Jurusan Teknik Industri, kenapa tidak? Saat ini, lulusan dari Jurusan Teknik Industri sedang banyak dicari, terutama mereka yang dapat merancang suatu sistem optimal untuk meningkatkan operasional dengan tetap memperhatikan manajemen perusahaan. Itu artinya, peluang kerja untuk Jurusan Teknik Industri sangat menjanjikan.

Terlebih jika memilih model kuliah S1 online, jadwal kuliah akan jauh lebih fleksibel dan ilmu yang didapat pun bisa langsung diterapkan dalam kehidupan nyata. Setelah lulus, peluang untuk mendapat karier yang lebih oke pun terbuka lebar. Apa saja peluang kerja yang bisa dibidik oleh lulusan dari Jurusan Teknik Industri? Mari simak penjelasannya berikut!

5 Peluang Kerja Kuliah Online Teknik Industri

Sekilas tentang Jurusan Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri merupakan suatu cabang Ilmu Teknik yang berkaitan dengan desain dan operasi proses industri. Jurusan teknik lainnya cenderung menerapkan keterampilan ke bidang yang sangat spesifik. Namun, teknik industri memberikan kesempatan kepada para praktisinya untuk bisa bekerja di berbagai lini bisnis. Mahasiswa Teknik Industri dilatih untuk menjadi spesialis peningkatan produktivitas dan kualitas industri. Bisa dibilang, jurusan Teknik Industri adalah irisan dari dua bidang keilmuan: bidang teknik dan bisnis.

Jurusan Teknik Industri kini telah tersedia di BINUS ONLINE LEARNING. Teknik Industri BINUS ONLINE LEARNING bahkan telah mendapatkan akreditasi unggul BAN-PT dan ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology). Menariknya lagi, sistem kuliah S1 online di BINUS UNIVERSITY tidak hanya terbatas untuk lulusan SMA/SMK, tapi juga lulusan D3 melalui program extension.

Sistem perkuliahan dilakukan 62,5% online via LMS (Learning Management System) dan 37,5% offline melalui video conference. Dengan fleksibilitas ini, jurusan Teknik Industri BINUS ONLINE LEARNING cocok untuk mereka yang ingin mengambil kelas karyawan di sela-sela kesibukan bekerja. Terlebih, LMS yang digunakan pun telah terintegrasi dengan dosen dan pembimbing sehingga memudahkan mahasiswa dalam berkomunikasi kapan saja dan di mana saja.

5 Peluang kerja lulusan Teknik Industri

Sekarang mari membahas tentang peluang kerja lulusan Teknik Industri. Ada banyak sekali prospek kerja yang dapat dibidik selepas menamatkan kuliah online di jurusan Teknik Industri, di antaranya:

  1. Project manager

Seorang project manager adalah profesional yang mengatur, merencanakan, melaksanakan, dan memastikan proyek berjalan sesuai anggaran dan jadwal. Project manager bertanggung jawab untuk memimpin tim, menentukan tujuan, berkomunikasi dengan para stakeholders, sekaligus memastikan proyek dapat mencapai titik akhir.

Peran project manager sangat dibutuhkan di hampir setiap industri. Entah itu menjalankan kampanye pemasaran, membangun gedung, mengembangkan sistem komputer, atau meluncurkan produk baru, semuanya perlu dukungan seorang project manager.

  1. Industrial manager

Industrial manager bekerja dengan menggabungkan prinsip-prinsip sistem manufaktur, logistik, manajemen rantai pasokan, manajemen material, hingga kewirausahaan. Mereka bertanggung jawab dalam merencanakan bagaimana menggunakan sumber daya secara efisien dan ekonomis dalam bisnis, termasuk dalam aspek tenaga kerja, bahan, mesin, waktu, modal, energi, hingga informasi. Sekarang, posisi ini sedang banyak dicari, membuatnya menjadi peluang kerja yang menjanjikan bagi lulusan kuliah online Teknik Industri.

  1. Quality controller

Quality controller merupakan bagian dari tim audit kontrol yang memeriksa proses manufaktur dan teknik operasional. Mereka memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa produk yang diproduksi oleh perusahaan secara konsisten sesuai dengan ekspektasi, baik itu di mata industri, perusahaan, dan tentunya konsumen. Dengan tujuan akhir meminimalkan biaya dan memaksimalkan efisiensi, quality controller menjaga loyalitas pelanggan dan reputasi perusahaan secara keseluruhan.

  1. Data scientist

Data scientist biasanya berangkat dari Jurusan Statistika atau Sistem Informasi. Namun, sebenarnya lulusan Teknik Industri pun bisa menjadi seorang data scientist. Profesi yang satu ini sedang banyak dicari karena data merupakan sumber daya baru yang pengolahannya dapat menghasilkan berbagai informasi bermanfaat.

Seorang data scientist, terutama yang berhubungan dengan sektor industri, memiliki tanggung jawab dalam mengumpulkan, memeriksa, dan menafsirkan sejumlah besar data yang dikumpulkan. Dari situ, perusahaan bisa mengambil keputusan dengan tingkat akurasi tinggi.

  1. Market researcher

Peluang kerja untuk lulusan Teknik Industri adalah market researcher atau periset pasar. Mereka memiliki tugas untuk membantu perusahaan dalam mempertahankan atau mengembangkan keunggulan kompetitif mereka. Dengan begitu, mereka tidak kalah dari para pesaingnya. Market researcher sangat dibutuhkan karena merupakan bagian dari strategi pemasaran.

Nah, itu dia peluang kerja kuliah online jurusan Teknik Industri. Adakah profesi yang diincar? Gapai cita-cita karier tersebut dengan berkuliah di Jurusan Teknik Industri BINUS ONLINE LEARNING. Dengan sistem perkuliahan online, belajar pun lebih fleksibel dan bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Cek informasi pendaftarannya di sini!

Whatsapp