RPL, Program Kuliah Online untuk SMA/K Sederajat dengan Pengalaman Kerja 3 Tahun

Kabar baik untuk kamu lulusan SMA/K sederajat yang sudah bekerja namun ingin kuliah S1, program RPL dari BINUS ONLINE LEARNING dapat menjadi solusi terbaik! Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) ini adalah peluang kuliah S1 online yang tidak boleh kamu sia-siakan karena manfaatnya yang sangat besar. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Kenalan dengan RPL BINUS ONLINE LEARNING

RPL adalah program penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau sertifikasi pelatihan karier untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi setara S1 di BINUS ONLINE LEARNING. Melalui RPL, kamu bisa mengonversikan pengalaman kerja kamu menjadi Satuan Kredit Semester (SKS) mata kuliah dengan mengikuti kuliah S1 online.

Program pengakuan pengalaman kerja ini adalah peluang yang bagus untuk kamu. Siapa bilang berkarier tidak bisa sambil kuliah? Kamu bahkan hanya perlu meneruskan kariermu untuk melengkapi SKS dalam bentuk mata kuliah di BINUS. Jumlah maksimal mata kuliah yang bisa kampu peroleh adalah sebanyak 15 mata kuliah. Sisanya dapat kamu penuhi melalui pelaksanaan kuliah karyawan S1 online di BINUS ONLINE LEARNING.

Dengan menerapkan life-long learning atau pembelajaran sepanjang hayat, program RPL mampu mencetak lulusan-lulusan S1 yang terus berupaya mengembangkan kualitas diri dan daya saing. Program ini dapat menjadi motivasi bagi para profesional untuk menjadi seorang life-long learner yang terdidik sekaligus kompeten dalam menjalankan karier.

Siapa yang Bisa Ikut Program RPL BINUS ONLINE LEARNING?

Program RPL BINUS ONLINE LEARNING terbuka untuk semua lulusan SMA/K atau sederajat di seluruh Indonesia yang memiliki mimpi untuk mengejar S1. Selain itu, calon pendaftar juga harus mempunyai pengalaman kerja minimal tiga tahun. Pengalaman kerja juga harus selaras dengan program studi di BINUS ONLINE LEARNING.

Ada lima program studi yang ditawarkan di kuliah S1 online program RPL, yaitu teknik informatika, akuntansi, business management, sistem informasi, dan teknik industri. Jika kamu punya sertifikasi pelatihan atau pengalaman kerja selama minimal tiga tahun di bidang-bidang tersebut, maka kamu bisa ikut program RPL dengan program studi yang sesuai. Selain itu, calon pendaftar juga harus melalui assesment dan interview oleh Assesor terlebih dahulu sebelum mengikuti program.

Syarat Pendaftaran RPL BINUS ONLINE LEARNING

Selain memenuhi kriteria di atas, calon pendaftar juga harus melengkapi berkas administrasi agar bisa ikut kuliah S1 online lewat program RPL di BINUS ONLINE LEARNING. Dokumen-dokumen yang kamu perlu siapkan meliputi:

  1. Formulir aplikasi BINUS ONLINE LEARNING dan pendaftaran secara online di binus.edu/admissions atau klik Daftar Online (Ditambahkan direct link ke web pendaftaran)
  2. Pas foto formal terbaru ukuran 3×4
  3. Scan asli KTP/paspor, akta kelahiran, ijazah, SKHUN SMA/K
  4. Surat keterangan bekerja
  5. Form assesment mandiri, Curriculum Vitae (CV), dokumen deskripsi diri (template bisa kamu dapatkan di admisi online)
  6. Surat penunjukan Tugas Project
  7. Sertifikasi/sertifikasi profesi
  8. Dokumentasi hasil kerja

Semua syarat terhitung sejak lulus SMA/K. Biaya untuk formulir pendaftaran adalah sebanyak Rp250.000. Jika kamu telah memenuhi semua syaratnya, sebaiknya segera lakukan pendafaran RPL.

Cara Pendaftaran RPL BINUS ONLINE LEARNING

Alur pendaftaran RPL di BINUS harus dilakukan secara runtut. Pastikan juga kamu sudah memenuhi semua syarat, ya! Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendaftar program RPL:

  1. Daftar online di alamat binus.edu/admissions
  2. Pilih kelas S1 online (BINUS ONLINE LEARNING)
  3. Lakukan pembayaran untuk pembelian form, yaitu Rp250.000
  4. Pilih Jalur RPL untuk enrollment track
  5. Isi dan lengkapi seluruh form pendaftaran
  6. Lakukan assesment dan interview dengan Assesor
  7. Apabila dinyatakan LULUS, maka lakukan daftar ulang
  8. Setelah daftar ulang, maka kamu sudah resmi menjadi mahasiswa di BINUS ONLINE LEARNING dan siap mengikuti kuliah S1 online lewat program RPL

 

Mudah sekali, bukan? Inilah kesempatan besar bagi kamu dan para lulusan SMA/K sederajat lainnya untuk meraih gelar S1 meski sambil berkarier. Karier tidak menghambat pencapaian kamu, justru membantu kamu dalam meraih cita-cita di perguruan tinggi! Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu untuk kuliah S1 online di program RPL BINUS ONLINE LEARNING dan dapatkan manfaatnya! Klik di sini untuk info lebih lanjut!

 

 

Meta desc: Syarat dan cara pendaftaran RPL BINUS ONLINE LEARNING, program kuliah S1 online yang praktis dan bermanfaat.

Meta tags: kuliah S1 online, program RPL, sistem RPL, RPL BINUS, program RPL BINUS, cara daftar RPL, syarat daftar RPL, kuliah RPL BINUS

Keyword: kuliah S1 online

References:

– https://onlinelearning.binus.ac.id/informasi-pendaftaran-mahasiswa-baru-jalur-rpl/#:~:text=Rekognisi%20Pembelajaran%20Lampau%20(RPL)%20adalah,berbagai%20Program%20Studi%20BINUS%20ONLINE.
– https://onlinelearning.binus.ac.id/files/2020/09/E-Booklet-RPL-BOL.pdf
– https://onlinelearning.binus.ac.id/2020/11/24/apa-arti-kuliah-jalur-rpl-dan-bagaimana-caranya/
– https://onlinelearning.binus.ac.id/2021/07/08/berkenalan-dengan-keunggulan-program-rpl-dari-binus-online-learning/

Whatsapp