Mengenal Sistem Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) BINUS ONLINE LEARNING

 

Bekerja atau kuliah sering kali menjadi pertimbangan; mana dulu yang diprioritaskan? Tak jarang orang-orang akhirnya memilih salah satunya saja agar bisa fokus dengan baik. Namun, dengan adanya RPL di BINUS ONLINE LEARNING, kini kamu bisa mengonversikan sertifikasi kerja dan pelatihan kamu menjadi Satuan Kredit Semester (SKS) melalui kuliah online!

Bagaimana caranya? Lalu, apa itu RPL? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu RPL?

RPL adalah akronim dari Rekognisi Pembelajaran Lampau, yaitu sebuah program kuliah online bagi kamu yang sudah bekerja untuk mendapatkan kesempatan meraih pendidikan tinggi. Di BINUS ONLINE LEARNING, RPL merupakan sebuah implementasi life-long learning (pembelajaran sepanjang hayat) yang menciptakan ekosistem bagi para mahasiswa untuk terus mengembangkan diri dengan meningkatkan keahlian.

Life-long learning dalam RPL mampu menghasilkan mahasiswa yang tidak berhenti berupaya dalam belajar serta mampu bersaing di ranah profesional. Singkatnya, RPL yang ditawarkan oleh BINUS ONLINE LEARNING mampu menyetarakan pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi yang telah kamu miliki menjadi capaian akademik.

Tujuan RPL

RPL bertujuan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi kamu yang sudah bekerja agar bisa mendapatkan capaian di perguruan tinggi. Banyak para pekerja yang sudah telanjur asyik berkarier hingga lupa melanjutkan kuliah. Oleh sebab itu, RPL dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas diri serta menjadi angkatan kerja yang terdidik dan berkeahlian setara S1.

Bisa Konversikan Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja dan pelatihan yang telah kamu dapatkan bisa kamu manfaatkan dengan mengonversikannya melalui RPL. Hasil konversi berupa raihan Satuan Kredit Semester (SKS) nantinya akan berbentuk mata kuliah. Kamu bisa memperoleh maksimal 15 mata kuliah, sisanya dapat dipenuhi melalui kuliah online sesuai dengan kurikulum BINUS ONLINE LEARNING.

Program Studi yang Ditawarkan

Jalur penyetaraan program RPL ini dapat dinikmati oleh peserta kuliah S1 online BINUS ONLINE LEARNING meliputi berbagai program studi berikut ini.

  1. Teknik Informatika

Program studi teknik informatika melibatkan pengetahuan dan kompetensi yang detail terkait dengan algoritma komputer, pengembangan aplikasi, teknologi database, pembuatan software, dan sebagainya. Kurikulum program studi Teknik Informatika RPL BINUS ONLINE LEARNING disusun berdasarkan kurikulum internasional ACM.

Kurikulum ACM (Association for Computing Machinery) terakreditasi internasional dan didukung oleh berbagai kalangan di dunia usaha dan industri. Oleh sebab itu, lulusan program studi ini diharapkan mampu bersaing secara global dan menghasilkan karya kreatif dan inovatif dalam taraf internasional.

  1. Akuntansi

Bagi kamu yang memiliki kompetensi di bidang keuangan dan bisnis, program studi Akuntansi di BINUS ONLINE LEARNING adalah pilihan yang terbaik. Kelas karyawan yang terintegrasi dengan Learning Machine System (LMS) ini memungkinkan kamu untuk mendapat materi sekaligus berinteraksi dengan dosen secara fleksibel. Kurikulum pada program studi ini juga telah berbasis Standar Pendidikan Internasional keluaran IFAC (International Federation of Accountant).

  1. Business Management

Dunia bisnis adalah sektor yang sangat esensial di era ini. Oleh sebab itu, lulusan program studi manajemen bisnis akan punya peluang yang tinggi untuk menjadi SDM yang unggul. Para mahasiswa akan mendapatkan berbagai ilmu dan kompetensi, baik secara teori maupun praktik. Lulusan program studi Manajemen Bisnis diharapkan mampu bersaing di pasar internasional dengan menerapkan etika profesional.

  1. Sistem Informasi

Program studi Sistem Informasi di BINUS ONLINE LEARNING menerapkan kurikulum ACM (Association of Computing Machinery) dan AIS (Association of Information Systems). Program studi ini sangat potensial karena sistem informasi telah memasuki seluruh sektor perusahaan berkat adanya digitalisasi.

  1. Teknik Industri

Meskipun pembelajaran dilaksanakan melalui kelas online, program studi Teknik Industri di BINUS ONLINE LEARNING telah diakui DIKTI sebagai pembelajaran jarak jauh yang mandiri. Hal ini didukung oleh sumber daya, keilmuan, dan teknik yang optimal sehingga mahasiswa dapat menerapkan teknik industri sekaligus praktik lapangan dengan baik.

Model pembelajaran di program studi ini cukup bervariasi dan dibantu oleh Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). Hard skill dan soft skill terkait bidang manufaktur, supply chain engineering & logistic, manajemen sains, ergonomic, dan sistem IT bisa kamu dapatkan dari pengajar terbaik di bidangnya melalui kelas online.

 

Mengubah pengalaman bekerja menjadi SKS pendidikan tinggi adalah kesempatan yang tidak boleh lewat begitu saja. Melalui Rekognisi Pembalajaran Lampau (RPL), semua orang punya kesempatan yang lebih luas untuk mendapatkan kompetensi berkualitas setara S1. Kamu bisa meniti karier sambil kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING dengan sistem RPL yang praktis ini. Tunggu apa lagi? Klik di sini untuk info lebih lanjut tentang BINUS ONLINE LEARNING!

Whatsapp