BINUS Online

6 Prospek Kerja Teknik Industri yang Kini Banyak Dicari

Ingin kuliah jurusan Teknik Industri, tapi masih bingung apa saja prospek kerja setelah lulus nanti? Jangan takut, prospek kerja teknik industri terbilang cukup luas, lho. Teknik industri sendiri adalah bidang ilmu yang mempelajari optimalisasi kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan, dan ekonomi.

Oleh karena itu, mulai dari dunia perikanan, perbankan, periklanan, otomotif, hingga layanan kesehatan, semuanya membutuhkan tenaga ahli di bidang teknik industri. Nah, apa saja prospek kerja teknik industri? Simak enam di antaranya berikut ini!

Project Manager

Prospek kerja teknik industri yang pertama adalah project manager. Project manager mempunyai tanggung jawab yang besar, mulai dari membuat rencana kerja, merancang pembiayaan proyek, mengatur sumber daya yang dibutuhkan dalam pengerjaan suatu proyek, sampai penulisan laporan dari semua pembuatan, rilis, dan maintenance. Oleh karena itu, penting sekali bagi suatu perusahaan untuk merekrut seorang ahli dalam bidang project management dengan konsentrasi teknik informatika.

Quality Engineer

Sebagai quality engineer, kamu akan bertanggung jawab untuk memastikan kualitas keseluruhan produk yang telah selesai diproduksi. Lebih jelasnya, tugas utama seorang quality engineer adalah merancang uji kualitas dan menentukan kriteria yang harus dipenuhi dari hasil tes. Produk akhir yang telah lolos uji kualitas harus aman dan dapat digunakan oleh pengguna. Hal ini berarti seorang quality engineer sebaiknya memiliki pemahaman yang mendalam atas proses manufaktur perusahaan.

Market Researcher

Saat mendengar kata-kata market researcher, mungkin tidak tebersit gambaran bahwa profesi satu ini merupakan salah satu prospek kerja teknik industri. Sebagai market researcher, tugas kamu adalah mengumpulkan dan menganalisis data agar dapat dijadikan acuan dalam pemilihan target pemasaran suatu produk. Informasi yang dikumpulkan biasanya berupa opini dari pelanggan hingga tren yang ada. 

Operations Consultant

Tugas dari seorang operations consultant adalah memastikan efisiensi dari sebuah value chain. Penerapan dan pengembangan model target layanan, mengoptimalkan proses bisnis, dan merancang program pengurangan biaya juga merupakan tugas dari operations consultant. Beberapa tanggung jawab utama dari operations consultant adalah mendesain ulang sumber bahan, meningkatkan efisiensi value chain, dan meningkatkan manfaat IT.

Production Engineer

Prospek kerja teknik industri selanjutnya adalah menjadi seorang production engineer. Sebagai production engineer, kamu bertanggung jawab dalam merancang bagaimana produk akan dibuat, menggunakan mesin apa, dan bagaimana proses produksi bisa berjalan aman namun tetap efisien. Tugas production engineer lainnya adalah menyusun protokol kesehatan dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan efisiensi produksi.

Demand Planner

Demand planner adalah peran yang sangat penting dalam value chain suatu perusahaan. Sesuai dengan namanya, demand planner bertugas untuk memprediksi permintaan produk di masa yang akan datang secara efektif dengan menggunakan data analitik, data pemasaran, dan data penjualan dari masa sebelumnya. Setelah prediksi permintaan berhasil dibuat, maka tugas selanjutnya adalah merencanakan aliran inventaris dan melakukan analisis data statistik.

Nah, untuk bisa bekerja di bidang teknik industri dan menggeluti berbagai profesi di atas, tentunya kamu membutuhkan ilmu dasar yang mumpuni. Ilmu dasar tersebut dimulai dari pemilihan universitas yang sesuai dengan minat dan rencana masa depan kamu. Salah satu universitas yang bisa menjadi bahan pertimbangan terbaik adalah BINUS ONLINE LEARNING.

Di BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa mendaftarkan diri di program S1 Teknik Industri, baik yang regular maupun ekstensi. Program Teknik Industri yang ditawarkan oleh BINUS ONLINE LEARNING dirancang untuk mengintegrasikan ilmu-ilmu dasar seperti matematika, fisika, dan analisis desain teknik serta basis ilmu komputer. 

Menerapkan Program Studi Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ, BINUS ONLINE LEARNING berupaya untuk menghasilkan lulusan-lulusan berkompeten dengan hard skill dan soft skill di bidang Manufacturing, Supply Chain Engineering & Logistic, Scientific Management, dan juga IT System. Tentunya setiap materi juga disampaikan oleh dosen-dosen berkualitas yang sangat berpengalaman di bidangnya. Jadi, tunggu apa lagi, segera daftar kuliah Teknik Industri di BINUS ONLINE LEARNING!

Whatsapp