BINUS Online

Apa Saja Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika yang Menjanjikan?

Semakin canggihnya teknologi yang beredar sekarang membuat prospek kerja jurusan Teknik Informatika menjadi semakin luas. Jangan salah, seorang lulusan Teknik Informatika bukan berarti akan selalu bekerja mereparasi komputer. Sebaliknya, lulusan Teknik Informatika justru akan banyak berurusan dengan data dan bahasa pemrograman. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak enam prospek kerja jurusan Teknik Informatika yang sangat menjanjikan di bawah ini!

Software Engineer

Dilansir dari blog Transparent Career, pekerjaan software engineer diprediksi akan meningkat hingga 17% dalam sepuluh tahun ke depan. Blog Field Engineer juga mengatakan bahwa software engineer merupakan prospek kerja jurusan Teknik Informatika terfavorit.

Secara singkat, pekerjaan software engineer berhubungan dengan aplikasi prinsip-prinsip pengelolaan dan optimalisasi software. Jenis-jenis software yang dihasilkan dan dikembangkan oleh seorang software engineer pun bermacam-macam, mulai dari sistem operasi, network distribution, sampai software untuk compiler yang berfungsi melakukan konversi program untuk eksekusi pada komputer.

Web Developer

Prospek kerja jurusan Teknik Informatika yang tak kalah menarik adalah web developer. Bagi orang yang masih awam dengan profesi satu ini, web developer adalah para pakar yang memiliki keahlian dalam bidang pengembangan aplikasi world wide web. Bisa juga untuk aplikasi yang dibangun pada HTTP dari sebuah web server. Tugas seorang web developer dimulai dari mengatur domain, membuat basis data, hingga mendesain, mengembangkan, dan memelihara situs web. Web developer tidak melulu bekerja pada satu perusahaan, banyak juga yang lebih berminat untuk bekerja sebagai freelance.

System Analyst

Seorang lulusan Teknik Informatika juga bisa bekerja sebagai seorang system analyst. Tugas seorang system analyst adalah bertanggung jawab untuk memodifikasi dan mengadaptasi sistem yang ada, serta melakukan integrasi atas fitur-fitur baru guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam bisnis. Para system analyst menggunakan sistem tertentu untuk menciptakan solusi dalam arsitektur teknologi informasi.

Full Stack Developer

Full stack developer sebenarnya merupakan salah satu cabang dari profesi web developer. Secara singkat, seorang full stack developer harus mampu menguasai sisi front end dan back end developing. Full stack developer mempunyai peran mengembangkan sisi pekerjaan dalam aplikasi atau software yang termasuk di dalamnya database, server, sistem engineering, ataupun permintaan klien lainnya.

Back End Developer

Kamu pasti pernah mengisi formulir online atau menekan tombol ‘kirim’ untuk mengirim dokumen lewat email. Kedua action tersebut merupakan contoh sederhana dari hasil kerja back end developer. Back end developer bertugas untuk mengelola dan merancang sistem yang ada di balik layar sistem aplikasi. Seorang back end developer wajib menguasai berbagai macam bahasa pemrograman seperti JavaScript, Ruby, dan lainnya. 

Front End Developer

Tugas seorang front end developer berbanding terbalik dari tugas back end developer. Jika seorang back end developer memberikan aksi untuk melakukan sesuatu di sebuah web, maka front end developer hanya bertugas untuk merancang tampilan depan dari sebuah web. Tampilan depan tersebut biasanya mencakup sidebar, header, menu navigasi, sampai dengan footer. 

Ada tiga bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh seorang front end developer, yaitu HTML, CSS, dan JavaScript. HTML digunakan saat membuat kerangka website, sedangkan CSS dipakai untuk memperindah tampilan dalam situs. Setelah itu, JavaScript akan diaplikasikan untuk menguatkan fungsi tiap elemen dalam website.

Itulah enam prospek kerja jurusan Teknik Informatika yang paling diminati. Jika kamu berminat untuk bekerja di bidang teknik informatika, maka belum terlambat untuk mendaftarkan diri di jurusan satu ini. Salah satu universitas yang memiliki jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia adalah BINUS ONLINE LEARNING.

BINUS ONLINE LEARNING menawarkan program S1 Teknik Informasi, baik untuk regular maupun ekstensi. Kurikulum yang ditawarkan oleh BINUS ONLINE LEARNING mempunyai basis internasional dari ACM atau Association for Computing Machinery. BINUS ONLINE LEARNING juga mempunyai keunggulan lain, yaitu dosen-dosen berkualitas yang sangat berpengalaman di bidangnya. Jadi, tunggu apa lagi, segera daftar di BINUS ONLINE LEARNING!

Whatsapp