Ikuti Perkuliahan Berkualitas dengan Tukar Pengalaman Kerja di BINUS ONLINE LEARNING

Tertarik untuk berkuliah sambil kerja? BINUS ONLINE LEARNING bisa kamu jadikan pertimbangan. Sekarang, BINUS ONLINE LEARNING telah membuka jalur kuliah RPL. Program RPL telah dirancang agar mudah diikuti oleh mahasiswa yang bekerja, baik dari segi kegiatan perkuliahan maupun biaya kuliah. Seperti apa program RPL yang ditawarkan melalui BINUS ONLINE LEARNING ini?

Apa itu program RPL? 

RPL sendiri merupakan singkatan dari Rekognisi Pembelajaran Lampau. Menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek, RPL merupakan pengakuan kemampuan hasil belajar dari pembelajaran informal, nonformaldan pengalaman kerja ke capaian hasil pembelajaran formal.

Di BINUS ONLINE LEARNING, RPL hadir berupa penyetaraan akademik atas pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikasi. Program ini dijalankan dengan pembebasan sejumlah mata kuliah atau perolehan SKS (Sistem Kredit Semester). Artinya, kamu hanya diharuskan mengikuti beberapa mata kuliah untuk bisa memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi.

Bagi BINUS ONLINE LEARNING, program RPL adalah implementasi dari life-long learning (pembelajaran sepanjang hayat) untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja yang memiliki keahlian sekaligus terdidik. Jadi, buat kamu yang sudah punya pegalaman kerja dan ingin mendapatkan pendidikan tinggi, inilah kesempatan yang tepat!

Keuntungan mengikuti program RPL 

Lalu, sebenarnya apa keuntungan yang didapat dengan mengikuti program RPL di BINUS ONLINE LEARNING?

  1. Lulus kuliah lebih cepat

Pertama, kamu punya peluang untuk bisa lulus kuliah lebih cepat. Ini karena RPL menghitung pengalaman kerjamu dan menganggapnya sebagai SKS yang sudah selesai diambil. Dengan begitu, kamu bisa lulus lebih cepat dibandingkan dengan mahasiswa jalur reguler. Sebagai gambaran, berikut adalah contoh capaian mata kuliah yang bisa mempersingkat masa studi:

Jumlah Mata Kuliah yang Diakui Lama Semester Studi
5 Mata Kuliah 7 Semester
10 Mata Kuliah 6 Semester
15 Mata Kuliah 5 Semester

Jadi, katakanlah pengalaman kerjamu dinilai setara dengan 10 mata kuliah, maka sisa semester yang perlu kamu jalani adalah 6 Semester.

  1. Lebih hemat biaya kuliah

Kedua, program RPL juga lebih hemat biaya. Jumlah mata kuliah yang kamu dapat dari penyetaraan akademik hanya akan dikenakan 50% dari biaya mata kuliah reguler di BINUS ONLINE LEARNING. Terlebih, sisa masa studi yang harus kamu tempuh pun lebih pendek. Jadi, besaran BP3 (Biaya Pengembangan dan Pembangunan Pendidikan) akan berkurang. Saat ditotal, biaya program RPL lebih kecil dari program reguler.

Rincian biaya kuliah 

Untuk mendaftar pada program RPL, mahasiswa akan dikenakan dua jenis biaya, yaitu:

  1. Biaya Pendaftaran Rp250.000
  2. Biaya Pengakuan Mata Kuliah

Skema Biaya Pengakuan Mata Kuliah untuk program RPL bisa kamu simak pada tabel di bawah ini:

Jumlah Mata Kuliah yang diakui Lama semester studi Total Biaya Kuliah Penghematan Biaya
5 Mata Kuliah 7 Semester 67,275,000.00 5,575,000.00
10 Mata Kuliah 6 Semester 61,700,000.00 11,150,000.00
15 Mata Kuliah 5 Semester 56,125,000.00 16,725,000.00

Keterangan:

  • Minimal 5 Mata Kuliah dan maksimal 15 Mata Kuliah.
  • Jika mendapat pengakuan 5-9 Mata Kuliah, pembayaran berlangsung sebanyak 1 kali dengan biaya kuliah semester 2.
  • Jika mendapat pengakuan 10-15 Mata Kuliah, pembayaran berlangsung sebanyak 2 kali dengan biaya kuliah semester 2 dan tagihan semester 3.

Jadi, misalnya kamu mendapatkan pengakuan 10 Mata Kuliah, maka total biaya kuliah yang harus dibayarkan adalah Rp61.700.000. Jumlah tersebut lebih hemat Rp11.150.000 dari program kuliah reguler di BINUS ONLINE LEARNING. Sedangkan proses pembayarannya bisa dilakukan 2 kali bersamaan dengan biaya kuliah semester 2 dan tagihan semester 3.

Lima pilihan jurusan 

Program RPL di BINUS ONLINE LEARNING menawarkan lima pilihan jurusan yang menarik, yakni:

  1. Akuntansi (SMA/K – S1)
  2. Business Management (SMA/K – S1)
  3. Sistem Informasi (SMA/K – S1)
  4. Teknik Informatika (SMA/K – S1)
  5. Teknik Industri (SMA/K – S1)

Seluruh kegiatan pembelajaran akan dilakukan secara online melalui Integrated Learning Management System. Sistem ini bisa diakses di mana saja dan kapan saja selama kamu terhubung dengan internet. BINUS ONLINE LEARNING juga telah menyediakan Digital Library untuk memudahkanmu mencari materi kuliah atau referensi mengerjakan tugas.

Bagaimana, tertarik untuk mengikuti program RPL melalui BINUS ONLINE LEARNING? Kamu cukup mengisi Formulir Aplikasi BINUS ONLINE LEARNING serta menyiapkan dokumen pendukung seperti Surat Keterangan Kerja atau Sertifikasi. Informasi selengkapnya bisa kamu dapatkan di sini!

Whatsapp