7 Karakter Pemimpin yang Dapat Menginspirasi orang Lain

Apakah kamu memiliki keinginan untuk menjadi seorang pemimpin? Terkadang mimpi ini telanjur kandas karena kamu merasa tak memiliki karakter dan kemampuan dalam memimpin. Padahal, bisa saja kemampuan leadership ini sebenarnya ada dalam diri kamu. Kamu hanya perlu mengasahnya supaya radar kepemimpinan kamu bisa lebih mantap lagi. Bagaimana caranya? tentunya dengan melatih diri untuk menciptakan karakter kepemimpinan. Ini dia tujuh karakter pemimpin yang sebaiknya kamu miliki agar bisa menginspirasi orang lain!

  1. Memiliki Integritas

Salah satu karakter pemimpin adalah harus memiliki integritas yang tumbuh dari dalam diri. Integritas sendiri merupakan sikap yang konsisten atas prinsip, tindakan, dan nilai-nilai yang ada dalam diri. Umumnya, orang dengan integritas kuat memiliki pribadi jujur dan karakter yang kuat. Ia juga sadar akan hubungannya dengan orang lain. Itulah mengapa integritas menjadi karakter pertama yang wajib dimiliki seorang pemimpin.

  1. Selalu mendengarkan dan berkomunikasi dengan tim

Karakter pemimpin lainnya adalah harus bisa mendengarkan dan berkomunikasi dengan tim. Pemimpin yang baik harus mampu berkomunikasi secara baik dengan tim. Bagaimanapun juga, keberhasilan seorang pemimpin datang dari kerja sama yang diciptakan bersama anggota tim. Dibandingkan bangga akan keberhasilan sendiri, pemimpin yang menginspirasi akan selalu berterima kasih kepada timnya. Hal ini juga menjadi wujud apresiasi akan kerja keras mereka. 

  1. Tidak takut mengambil risiko

Salah satu peran penting dari pemimpin adalah mengambil keputusan. Pengambilan keputusan memang bukan hal yang mudah, apalagi jika keputusan ini berkaitan dengan banyak orang. Maka dari itu, beranilah mengambil risiko yang cenderung besar. Rasa takut dalam mengambil keputusan itu wajar, terlebih ada risiko salah atau gagal. Hal terpenting adalah kamu berani bertanggung jawab atas risiko tersebut jika memang ingin menjadi seorang pemimpin.

  1. Memiliki kecerdasan emosional

Saat menjadi seorang pemimpin, memiliki kepintaran secara intelektual saja tidaklah cukup. Kamu juga harus memiliki kecerdasan emosional, di mana kamu dapat mengelola emosi dari dalam diri dan orang lain. Karakter pemimpin satu ini harus dimiliki untuk membantu menciptakan pola kerja yang efisien juga efektif.

  1. Mampu membangun kerja sama tim

Karakter pemimpin tak bisa luput dari keberhasilannya dalam membimbing tim. Untuk itu, ia perlu memiliki keterampilan dalam membangun kerja sama di dalam tim. Ia harus bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam anggota timnya, keharmonisan, dan membuat anggota tim memiliki visi dan misi yang selaras. Seorang pemimpin akan mengutamakan kerja sama di dalam kelompok dibandingkan kerja individualnya.

  1. Bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan

Tak heran tugas menjadi seorang pemimpin dikatakan berat. Mereka tidak hanya bertugas memimpin dan menjaga keharmonisan di dalam timnya, tapi juga harus mampu bertanggung jawab akan semua keputusan yang ia buat. Bagaimana jika kesalahan sebenarnya dilakukan oleh salah satu anggota tim? Pemimpin harus tetap bertanggung jawab. Kesalahan dalam tim bisa saja terjadi karena kurangnya kepemimpinan yang tegas. Karenanya, menjadi seorang pemimpin harus dapat bertanggung jawab akan diri sendiri dan juga tim yang mereka pimpin.

  1. Bisa dipercaya oleh anggota

Bagaimana caranya tim dapat mengikuti arahan yang diberikan oleh pemimpinnya? Jawabannya, pemimpin harus bisa menjadi sosok yang dipercaya. Pemimpin yang bisa dipercaya adalah mereka yang mampu mengarahkan timnya sesuai visi dan misi, memotivasi tim untuk maju bersama, bertanggung jawab, serta berintegritas. Ketika anggota tim merasa percaya dan bangga berada dalam kepemimpinan kamu, maka mereka akan lebih mudah untuk diarahkan dan berperan aktif dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Itulah karakter pemimpin yang harus kamu miliki jika ingin menjadi seorang pemimpin kelak. Nah, untuk membangun karakter pemimpin ini, kuliah di BINUS ONLINE LEARNING merupakan keputusan tepat. Sambil menjalankan usaha atau organisasi, kamu bisa menimba ilmu dengan waktu perkuliahan yang fleksibel berkat metode kelas online 100%. Klik di sini untuk cari tahu lebih banyak tentang keunggulan BINUS ONLINE LEARNING!

Whatsapp