Lakukan 6 Cara Ini Agar Kamu Makin Semangat Kuliah Online

Kebebasan yang didapat dari kuliah online membuatmu perlu memiliki strategi tepat agar bisa lebih semangat. Kuliah online menawarkan proses belajar yang memungkinkanmu untuk memahami materi perkuliahan sesuai kecepatan sendiri. Guna memperoleh manfaat maksimal dari proses belajar yang melibatkan penggunaan alat teknologi ini, ada beberapa cara yang sebaiknya kamu lakukan untuk semakin semangat kuliah online. Berikut informasinya.

  1. Dekorasi meja belajar kamu

Agar semakin semangat kuliah online, pertimbangkan untuk mendekorasi meja belajar. Menyiapkan lingkungan belajar khusus untuk belajar memungkinkanmu untuk mulai membangun rutinitas belajar yang baik. Tidak perlu heboh atau berlebihan, kamu bisa mendekorasi meja belajar dengan menempel memo-memo kecil untuk menjagamu tetap termotivasi. Bisa juga meletakkan beberapa tanaman untuk meningkatkan kenyamanan belajar.

Selain dekorasi, penting pula untuk mencari tahu lingkungan belajar apa yang paling cocok untukmu. Kamu bisa bereksperimen untuk menemukan jenis pengaturan mana yang paling mampu meningkatkan produktivitas. Di mana pun spot yang kamu pilih, pastikan ada akses internet memadai agar sesi kuliah online pun lancar.

  1. Atur waktu kuliah

Saat kuliah online, sangat penting untuk membiasakan diri dengan silabus, persyaratan kelas, dan tanggal pengumpulan tugas agar kamu bisa mengatur waktu kuliah dengan baik. Gantung kalender pada dinding ruang belajar dan isi setelah kamu mendapatkan silabus. Bisa juga gunakan kalender online dan atur peringatan. Mengatur jadwal tidak hanya akan memfasilitasi studi, namun juga akan membantumu menyisihkan waktu untuk hal lain dalam hidup.

Buat jadwal mingguan yang bisa kamu ikuti, tentukan jam-jam tertentu setiap minggu untuk membaca, menonton materi kuliah, menyelesaikan tugas, belajar, dan berpartisipasi dalam forum. Dengan berkomitmen untuk menjadikan kuliah online sebagai bagian dari rutinitas mingguan dan mengatur pengingat untuk diri sendiri, maka akan membantumu menyelesaikan tugas-tugas secara lebih efektif.

  1. Tetap berkomunikasi dengan teman-teman

Walau kuliah online, berkomunikasi dengan teman-teman tetap perlu dilakukan karena kamu membutuhkan support system. Dukungan yang diberikan teman-teman dapat mempermudah kamu untuk lebih semangat mengerjakan tugas kuliah. Sulit bagimu untuk bertemu orang baru dan berteman saat belajar online, jadi cobalah untuk tetap berkomunikasi dengan teman-teman agar kamu ingat bahwa kamu tetaplah makhluk sosial. Terlalu fokus belajar tanpa ada waktu untuk kehidupan lain akan lebih mudah membuatmu stres dan jadi tidak semangat kuliah online.

  1. Susun strategi belajar

Susunlah strategi belajar agar kamu bisa menyelesaikan studi dengan lebih baik. Kamu bisa mulai dengan menetapkan tujuan realistis agar kamu tidak kecewa nantinya. Tetapkan tujuan yang lebih kecil dan dapat dicapai pada awal proses belajar, seperti menyelesaikan satu bab bacaan yang diperlukan atau menulis outline untuk suatu tugas. Kamu akan lebih termotivasi untuk terus maju saat kamu telah mencapai beberapa tujuan jangka pendek. 

Saat menetapkan tujuan, fokuslah pada kekuatanmu dan cari dukungan untuk area yang tidak terlalu kamu kuasai. Intinya, susunlah strategi belajar yang sesuai kebutuhanmu. Strategi belajar akan sangat membantumu untuk lebih terorganisir dan lebih mudah untuk memetakan pembelajaran nantinya.

  1. Buat suasana belajar yang menyenangkan

Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bisa dengan memilih tempat belajar senyaman mungkin. Jika memungkinkan, cobalah untuk memisahkan area belajar dari ruang yang kamu gunakan untuk istirahat. Ciptakan lingkungan yang membantu kamu fokus, seperti:

  • Spot yang mendapatkan cahaya alami
  • Tambahkan kenyamanan dengan memutar musik favorit
  • Menentukan satu tempat belajar khusus
  • Hilangkan gangguan atau distraksi

Efektivitas kuliah online tentunya juga ditentukan oleh kualitas sistem pembelajaran itu sendiri. Jika kuliah di BINUS ONLINE LEARNING, kamu tak perlu khawatir karena pembelajarannya dilakukan secara interaktif dan fleksibel, sehingga belajar akan lebih nyaman namun tetap efektif. Suasana belajar menyenangkan yang kamu bangun akan menjadi lebih maksimal jika belajar di BINUS ONLINE LEARNING.

  1. Jangan lupa untuk istirahat

Pandemi COVID-19 membuat banyak hal jadi serba tidak pasti. Ketidakpastian ini wajar apabila membuatmu lebih sering cemas dan stres. Alhasil, kamu jadi lebih mudah merasa lelah. Karenanya, untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental, jangan lupa untuk istirahat dan periksa kesehatanmu secara teratur. Dengan istirahat sejenak, kamu bisa mengumpulkan kembali semangat dan motivasi untuk melanjutkan rutinitas kuliah online.

Menyeimbangkan pekerjaan, sekolah, dan kehidupan pribadi terkadang sulit, tapi penting untuk tidak membiarkan satu area menguasai kehidupanmu. Aspek self-pacing (belajar dalam waktu dan jadwal sendiri) dari kuliah online menjadikannya ideal untuk kamu yang sibuk bekerja. Walau begitu, jangan sampai kamu juga jadi lupa dengan kehidupan pribadi. Beristirahatlah sesekali untuk membantumu kembali fokus dan semangat kuliah online.

Lakukan tips-tips tersebut ketika kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING agar kamu semakin semangat kuliah online. Dengan semangat yang cukup, kamu bisa menyelesaikan studi dengan cepat dan bisa belajar dengan lebih optimal. Untuk informasi lebih lanjut tentang BINUS ONLINE LEARNING, klik di sini!

Whatsapp