6 Hal Penting yang Harus Kamu Kuasai Sebelum Lulus Kuliah

Masa kuliah merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan. Tahap inilah yang sangat menentukan masa depan kita, apalagi selama kuliah kamu punya kesempatan untuk belajar lebih dari ilmu mata kuliah yang kamu ambil. Ada beberapa hal yang harus kamu pelajari agar dapat bertahan di dunia kerja maupun dunia nyata. Apa saja hal-hal yang harus kamu kuasai sebelum lulus kuliah? Cek selengkapnya berikut ini!

  1. Latih jiwa leadership dari organisasi

Memasuki dunia kerja, kemampuan leadership kamu sangat dibutuhkan. Kamu yang pernah atau saat ini sedang bekerja pasti tahu betul tentang hal tersebut. Jangan merasa rendah diri jika saat ini kamu merasa dirimu bukan leader material, sebelum lulus kuliah kamu bisa mengasah kemampuan ini terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Kampus adalah surganya organisasi di mana kamu bisa bergabung dengan salah satunya untuk melatih skill leadership kamu. Dalam organisasi yang kamu ikuti ini, kamu bisa menunjukkan leadership kamu dengan cara memimpin event organisasi, mulai dari memutuskan konsep acara, perencanaannya, sampai pelaksanaan di hari-H. Nantinya setelah event selesai, kamu bisa mengevaluasi kekurangannya sehingga dapat diperbaiki di masa depan.

  1. Perbanyak relasi dan koneksi

Relasi dan koneksi tak hanya bermanfaat dalam dunia kerja, tapi juga kehidupan secara umum. Masa kuliah memberi kamu banyak kesempatan untuk membangun relasi dan koneksi ini. Karenanya, manfaatkan semaksimal mungkin. Caranya banyak, misalnya dengan bergabung dengan organisasi di kampus atau mengikuti program magang. Apalagi kampus juga biasanya mewajibkan kamu untuk mengambil mata kuliah magang agar bisa menerapkan materi yang kamu pelajari selama kuliah di dunia kerja.

Namun, kamu juga bisa mengikuti program magang di luar mata kuliah yang diwajibkan. Setidaknya kamu dapat mengikuti 2-3 program magang selama kuliah untuk membangun relasi dan koneksi. Bisa saja nanti kamu lanjut bekerja di tempat magang tersebut atau memanfaatkan relasi dan koneksimu untuk mengembangkan karier di masa depan. Namun, ingat, jangan sampai program magang yang kamu ikuti mengganggu proses kuliah. 

  1. Latih kemampuan komunikasi

Kemampuan lain yang harus kamu asah sebelum lulus kuliah adalah komunikasi. Dengan kemampuan berkomunikasi, kamu bisa menyampaikan pendapat, ide, membangun relasi dan koneksi, hingga menyelesaikan masalah. Kerja di dalam tim juga akan lebih solid jika kamu bisa berkomunikasi dengan baik. Sekali lagi, kemampuan komunikasi ini bisa kamu asah dengan bergabung dengan organisasi atau komunitas di kampus.

  1. Mampu mengatur waktu dengan baik

Apakah kamu merasa kewalahan mengatur waktu antara kuliah, organisasi, dan bermain dengan teman? Kalau iya, berarti kemampuan kamu mengatur waktu kamu masih perlu diasah lagi. Sebelum lulus kuliah, sebaiknya kamu memperbanyak melatih diri dalam mengatur waktu. Misalnya dengan mencatat kegiatan kamu dalam notebook, kemudian membagi waktunya dengan benar. Jangan sampai kegiatan di luar perkuliahan kamu lebih banyak menyita waktu karena bisa memperlambat proses kelulusan kamu.

  1. Asah kemampuan diri lewat bisnis kecil-kecilan

Saat kuliah, waktu libur yang kamu miliki setiap akhir semester bisa berlangsung selama beberapa bulan. Daripada menganggur di rumah, lebih baik manfaatkan waktu libur panjang ini dengan mengasah kemampuan diri lewat bisnis kecil-kecilan.

Kamu bisa membangun bisnis kecil-kecilan bersama teman kuliah kamu. Bisnisnya bisa berupa sablon kaos, bisnis camilan, atau online shop. Pengalaman membangun bisnis kecil-kecilan ini akan mengajarkan kamu tentang manajemen keuangan, leadership, decision making, hingga seluk beluk berbisnis yang akan sangat berguna di masa depan.

  1. Mengenali personal branding

Generasi milenial pasti sudah tak asing dengan kata personal branding, apalagi dengan perkembangan dunia digital yang semakin pesat ini. Personal branding sendiri adalah proses membentuk citra diri untuk membangun persepsi masyarakat tentang keahlian, prestasi,dan nilai-nilai positif yang tertuju pada kamu. Jadi, sebelum lulus kuliah, penting untuk membangun personal branding yang akan membantu kamu di dunia karier dan meningkatkan rasa percaya diri sehingga membedakan kamu dari kompetitor lain.

Kemampuan-kemampuan yang harus kamu kuasai sebelum lulus kuliah ini juga bisa kamu kuasai sambil kuliah di BINUS ONLINE LEARNING. Menerapkan perkuliahan 100% berbasis online, sistem belajar di BINUS ONLINE LEARNING sangatlah fleksibel karena kamu tak perlu datang ke kelas untuk tatap muka langsung. Waktu yang fleksibel ini bisa kamu manfaatkan untuk mengasah berbagai skill yang disebutkan di atas. Yuk, bergabung di BINUS ONLINE LEARNING! Informasi selengkapnya bisa kamu dapatkan di sini.

Whatsapp