8 Peran dan Fungsi Mahasiswa bagi Kehidupan Bermasyarakat

Belajar di kampus, mengikuti berbagai acara, dan berperan aktif dalam organisasi kampus adalah sebagian dari aktivitas mahasiswa. Meski terlihat sederhana, tetapi dengan menjalankan kewajiban itu mahasiswa terlatih untuk tidak hanya berguna bagi diri sendiri, tetapi juga masyarakat, bangsa, dan negara.

Sebagai kaum intelektual, peran dan fungsi mahasiswa tidak sekadar lulus kuliah dan sukses dalam pekerjaannya di kemudian hari. Mahasiswa juga memiliki fungsi sosial yang lebih luas bagi kehidupan bermasyarakat. Berikut ini peran dan fungsi mahasiswa yang harus diketahui para mahasiswa.

Peran mahasiswa bagi kehidupan bermasyarakat

Mahasiswa adalah kalangan akademis yang memiliki tempat tersendiri di dalam masyarakat. Potensi, kelebihan, dan kemampuan yang dimiliki tidak bisa disamakan dengan rakyat lain karena kontribusinya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara tidak bisa dianggap remeh. Inilah beberapa peran mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat:

  • Menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah

Mahasiswa adalah kaum intelektual yang tinggal bersama berbagai lapisan masyarakat. Mereka sering melakukan interaksi dengan masyarakat, sehingga para mahasiswa juga lebih memahami permasalahan yang sedang terjadi. Dalam hal ini, mahasiswa berperan menganalisis masalah-masalah tersebut, kemudian menyampaikan realita serta solusinya kepada pemerintah.

  • Kontrol politik

Tidak seperti para politikus yang sudah terjun ke dunia politik, mahasiswa merupakan anak muda dengan idealisme yang masih kuat dan pemikiran yang belum terpengaruhi oleh kepentingan politik. Hal ini membuat peran dan fungsi mahasiswa sebagai kontrol politik adalah hal yang tepat. Mahasiswa berperan sebagai pengawas dan partisipan dalam membahas segala hal mengenai politik yang terkait dengan pengambilan keputusan pemerintah.

  • Penyambung lidah pemerintah

Selain menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah dan melakukan kontrol politik, mahasiswa juga berperan sebagai penyambung lidah pemerintah. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan sosialisasi mengenai kebijakan pemerintah kepada masyarakat. Beberapa kebijakan pemerintah mungkin tidak sepenuhnya dimengerti oleh masyarakat, maka dari itu peran mahasiswa sebagai penerjemah dibutuhkan disini.

Fungsi mahasiswa bagi kehidupan bermasyarakat

Mahasiswa tidak hanya sekadar datang ke kampus untuk belajar dan bertemu teman. Mereka sudah cukup dewasa untuk memiliki idealismenya sendiri, yaitu kebenaran yang murni diyakini oleh mereka tanpa terpengaruhi oleh pihak lain. Atas dasar inilah, mahasiswa menjalankan fungsi penting dalam kehidupan bermasyarakat. Beberapa fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Agent of Change

Mahasiswa adalah agen perubahan yang harus berdiri di barisan paling depan untuk menggerakkan perubahan ke arah lebih baik. Melalui kacamata mahasiswa yang masih netral, mereka bisa melihat kesalahan-kesalahan yang dilakukan di negaranya. Salah satu contoh nyata fungsi mahasiswa sebagai agen perubahan adalah aksi 1998 ketika orde baru tumbang. Salah satu aksi demo terbesar di Indonesia itu dimotori oleh mahasiswa.

  • Social Control

Fungsi mahasiswa sebagai kontrol sosial sangatlah penting. Mahasiswa berfungsi untuk melakukan kontrol kepada hal-hal yang bertentangan dengan nilai keadilan di masyarakat. Cara yang dilakukan adalah dengan memberikan saran, kritik, serta solusi untuk permasalahan sosial di masyarakat maupun bangsa. Sebagai kaum akademis dengan intelektual yang tinggi, mahasiswa diharapkan dapat menjadi jembatan bagi masyarakat untuk melawan perlakuan birokrasi yang salah.

  • Moral Force

Hidup di dunia global dengan keterbukaan yang semakin luas membuat nilai-nilai luar dengan mudah masuk ke budaya Indonesia. Di sinilah peran dan fungsi mahasiswa dalam menjaga nilai-nilai baik di kalangan masyarakat. Mahasiswa harus mampu mencerminkan nilai karakter terbaik sesuai dengan tingkatan intelektualnya. 

  • Iron Stock

Mahasiswa adalah penerus bangsa. Mereka adalah generasi baru yang bisa memajukan negaranya. Dengan menjadi mahasiswa berkualitas dan bermoral, masa depan bangsa Indonesia pun akan semakin cerah. Peran dan fungsi mahasiswa ini begitu penting, itulah kenapa para mahasiswa harus menyiapkan dirinya sebaik mungkin.

  • Guardian of Value

Fungsi mahasiswa yang terakhir adalah untuk menjaga nilai atau guardian of value. Indonesia diwarisi oleh banyak nilai luhur yang harus dijaga. Di sinilah mahasiswa dibutuhkan, yaitu untuk menjaga nilai-nilai seperti kejujuran, empati, keadilan, gotong-royong, dan lain sebagainya.

Itulah peran dan fungsi mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat bagi bangsa dan negara. Seluruh peran dan fungsi mahasiswa tersebut dapat diasah melalui perkuliahan di BINUS ONLINE LEARNING. Dengan program pembelajaran jarak jauh, mahasiswa mendapatkan perkuliahan yang efektif dan efisien dengan waktu fleksibel. 

Whatsapp