Suka Duka yang Dirasakan Mahasiswa Selama Kuliah Online

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, tak bisa dipungkiri bahwa kuliah online juga memiliki tantangan tersendiri. Mengetahui suka-duka yang mungkin akan kamu rasakan selama proses ini mungkin dapat membantu dalam memutuskan apakah kuliah online memang untuk kamu. Mari simak di bawah ini informasi selengkapnya! 

Hal menyenangkan dari kuliah online

Jika dibandingkan dengan kuliah tatap muka langsung, kuliah online menawarkan sejumlah keunggulan tersendiri. Berbagai keunggulan inilah yang membuat kuliah online terasa menyenangkan. Ini dia beberapa di antaranya:

  • Waktu dan tempat lebih fleksibel

Tidak perlu datang ke kampus, kuliah online punya kelebihan berupa waktu dan tempat yang lebih fleksibel. Bahkan beberapa mahasiswa bisa kuliah sambil kerja, seperti yang ditawarkan oleh BINUS ONLINE LEARNING. 

Bagi kamu yang masih harus menyeimbangkan antara bekerja dan kuliah, fleksibilitas kuliah online dari BINUS ONLINE LEARNING memberikan kesempatan untuk belajar sambil tetap bekerja dan berkembang secara profesional. kamu dapat belajar sesuai jadwal sendiri dan memilih waktu kuliah pada waktu yang tidak mengganggu komitmen lain. 

Fleksibilitas juga memungkinkan kamu untuk lebih mudah menyeimbangkan pekerjaan, kehidupan, dan kuliah. Lewat belajar online, kamu juga dapat mengulang kembali materi kuliah sebelumnya. Fleksibilitas memungkinkan kamu untuk mendapatkan hasil maksimal dari kuliah online.

  • Hemat pengeluaran

Sistem kuliah online dapat membantu kamu memangkas berbagai biaya yang biasanya harus kamu sediakan saat kuliah tatap muka. Cek beberapa di antaranya berikut ini:

  • Transportasi

Kuliah offline mengharuskan mahasiswa melakukan perjalanan ke kampus untuk melakukan sesi mata kuliah. Kamu pun harus menyiapkan bujet untuk pengeluaran biaya transportasi. Sedangkan untuk kuliah online, biaya seperti itu tidak diperlukan karena kamu dapat menerima materi kuliah di rumah.

  • Biaya makan 

Belajar di kampus offline, kamu perlu menyiapkan biaya untuk makan saat istirahat. Biaya ini juga dapat dihilangkan jika materi kuliah dilakukan secara online. Kamu bisa memasak sendiri makanan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di kulkas rumah.

  • Biaya percetakan

Dengan kuliah online, kamu dapat menghemat banyak uang untuk printing karena semua materi dapat di-hosting secara online tanpa perlu dicetak untuk setiap sesi mata kuliah. Misalnya, jika kamu perlu membuat makalah, ini dapat dengan mudah dibagikan melalui tautan email tanpa harus mencetak dan mendistribusikan dalam bentuk fisik dan manual.

  • Tidak perlu memikirkan penampilan

Meskipun boleh-boleh saja berdandan untuk menghadiri kelas online, kamu sebenarnya tidak perlu memikirkan penampilan. Jika ingin, cukup kenakan kemeja atau pakaian semiformal lainnya dengan bawahan sesuai kenyamanan kamu. Lagi pula, penampilan kamu tidak akan terlihat sampai kaki, jadi tidak perlu terlalu khawatir.

Keterbatasan kuliah online

Walaupun memiliki banyak keunggulan, tak bisa dipungkiri bahwa kuliah online mempunyai sejumlah keterbatasan dan tantangan tersendiri. Contohnya seperti beberapa hal berikut ini:

  • Kondisi internet berbeda-beda

Banyak mahasiswa di seluruh dunia mengeluh tentang kuliah online karena tidak memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Masalah ini biasanya terjadi di daerah pedesaan atau pelosok. Ketidaksetaraan semacam ini adalah hal yang nyata dalam kuliah online

Jika kondisi internet begitu buruk hingga kamu tidak mampu mengikuti pelajaran dengan baik, umumnya kamu memiliki masalah pada perangkat keras, perangkat lunak, atau internet yang perlu kamu atasi. Caranya bisa dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Matikan modem/router kamu, diamkan sejenak, lalu nyalakan ulang.
  • Jika memungkinkan, gunakan koneksi kabel ke komputer kamu atau setidaknya berada lebih dekat ke router Wi-Fi.
  • Tutup aplikasi kurang penting yang mungkin memakan banyak bandwidth.
  • Minta juga keluarga kamu untuk tidak streaming video atau melakukan panggilan video saat kamu menghadiri kelas online di rumah.
  • Uji kecepatan internet kamu untuk memastikan kamu mendapatkan kecepatan yang sesuai.
  • Hubungi penyedia layanan internet kamu dan tunggu sampai mereka menyelesaikan masalah
  • Sulit konsentrasi saat belajar

Suasana belajar online yang santai bisa membuat kamu menjadi sulit konsentrasi saat belajar. Sebagai solusi, kamu bisa memilih spot yang paling membuat kamu merasa nyaman dan fokus mengikuti materi perkuliahan. Hindari berbagai distraksi yang bisa membuat kamu semakin sulit konsentrasi, seperti notifikasi smartphone. Matikan smartphone sementara atau buat jadi mode silent.

  • Batasan antara kehidupan kuliah dan personal jadi mengabur

Berhubung kuliah online memungkinkan kamu untuk belajar sesuai keinginan, kamu mungkin merasakan bahwa batasan antara kehidupan kuliah dan personal jadi mengabur. Ini bisa menjadi masalah ketika kamu tidak bisa menemukan keseimbangan antara keduanya.

Buatlah jadwal yang cocok dan bisa kamu ikuti. Misalnya, pilih kelas online hanya saat weekdays sehingga kamu bisa hangout dengan keluarga atau teman saat weekend. Mengatur waktu dengan bijaksana adalah kunci untuk menjalani kehidupan kuliah dan personal yang seimbang.

Itu tadi informasi mengenai suka duka mahasiswa selama kuliah online yang perlu kamu ketahui. Kualitas perkuliahan juga sangat menentukan pengalaman kamu dalam kuliah online. Karenanya, jika memang tertarik kuliah online, pastikan kamu bergabung dengan institusi yang reputasinya terbukti baik seperti BINUS ONLINE LEARNING. Klik di sini untuk informasi selengkapnya!

Whatsapp