BINUS Online

7 Pekerjaan Freelance yang Wajib Dicoba

Di era digital seperti sekarang, sudah banyak masyarakat yang memilih terjun sebagai freelancer untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), per Agustus 2020 jumlah freelancer di Indonesia mencapai lebih dari 33 juta jiwa. Angka tersebut diperkirakan naik sebanyak 26% dari jumlah freelancer di tahun 2019. Ada beberapa alasan mengapa posisi freelancer begitu diminati saat ini. Di antaranya adalah waktu kerja lebih fleksibel, dapat bekerja di mana saja, dan memungkinkan untuk menerima bayaran sesuai keinginan. Buat kamu yang tertarik menjadi pegawai lepas, berikut 7 pekerjaan freelance yang bisa dicoba. Apa saja?

  • Desainer Grafis

Desainer merupakan salah satu pekerjaan freelance dengan penghasilan menggiurkan. Apalagi kalau kamu bisa mendapatkan klien dari pasar luar negeri. Alhasil, kamu pun semakin berpeluang untuk menerima penghasilan dalam bentuk dolar. 

Lalu, bagaimana cara bekerja sebagai freelancer desainer? Pertama, kamu perlu membuat portofolio yang dapat menarik perhatian klien. Setelah itu, manfaatkan situs portofolio online seperti Dribbble dan Behance untuk memamerkan karya milikmu. 

Tips kedua adalah tawarkan keterampilanmu melalui website yang menyediakan layanan jasa seperti Sribulancer, Fastwork, Fiverr, dan Upwork. Tips terakhir, gunakan situs Freepik, Shutterstock, dan Pixabay untuk menjual desain logo atau ilustrasi yang sudah dibuat. 

  • Penerjemah

Jika pandai berbahasa asing, kamu bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk menjadi penerjemah. Biasanya keahlian penerjemah dibutuhkan oleh perusahaan penerbitan untuk menerjemahkan buku maupun komik berbahasa asing. 

Dalam praktiknya, penerjemah tidak hanya menerjemahkan kalimat secara harfiah, tetapi wajib memahami konteks dari kalimat yang sedang diterjemahkan. Hal ini dilakukan supaya hasil terjemahannya dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. 

Untuk mendapatkan pekerjaan freelance sebagai penerjemah, kamu bisa memanfaatkan Sribulancer, Fastwork, Projects.co.id, dan Upwork. 

  • Penulis

Kamu jago merangkai kata menjadi kalimat yang indah? Bekerja freelancer sebagai penulis adalah pilihan terbaik. Di luar sana posisi penulis dapat dikategorikan lagi menjadi penulis artikel, blogger, penulis naskah, dan penulis cerita. Tinggal pilih deh jenis penulis mana yang kamu minati. 

Jika menjadi penulis artikel adalah tujuanmu, kamu bisa memulai mempelajari teknik SEO supaya artikel buatanmu bisa muncul di peringkat teratas dalam mesin pencarian Google. Sebagai blogger, kamu juga bisa menerapkan teknik SEO untuk menaikkan jumlah kunjungan pembaca. 

Menawarkan jasa penulis bisa dilakukan lewat Sribulancer, Upwork, TextBroker, atau bergabung ke sebuah agensi. 

  • Fotografer

Saat ini fotografer menjadi salah satu pekerjaan freelance dengan peminat tinggi. Dalam melaksanakan tugasnya, seorang fotografer bisa menggunakan kamera digital sampai kamera smartphone untuk menghasilkan karya yang menawan. 

Salah satu jenis usaha yang banyak membutuhkan jasa fotografer adalah periklanan. Dengan bantuan fotografer, pelaku bisnis periklanan bisa mendapatkan foto produk terbaik untuk keperluan iklan. 

Selain bekerja untuk suatu perusahaan, kamu juga bisa menawarkan jepretanmu melalui situs penjualan foto seperti StockFresh, Fotolia, Veer, dan Alamy.

  • Web Developer

Pilihan selanjutnya adalah web developer. Secara teknis, posisi ini menuntutmu untuk bisa membangun sebuah website dengan memanfaatkan kemampuan programming yang ada. 

Selain menuliskan barisan kode yang bisa dimengerti oleh komputer, web developer juga bertanggung jawab untuk menciptakan desain website yang menarik dan mudah digunakan. 

Jika kamu tertarik bekerja freelance sebagai web developer, silakan tampilkan portofolio terbaikmu dan tawarkan jasamu melalui Gigster, Stack Overflow, Upwork, atau Sribulancer.

  • Jasa Pengelola Media Sosial

Media sosial memang menjadi solusi untuk menjalin komunikasi dengan sejumlah orang dari berbagai belahan dunia. Di sisi lain, media sosial juga merupakan sarana terbaik untuk berbagi informasi dan melakukan promosi. 

Dari sini kemudian muncul peluang kerja baru sebagai admin media sosial. Kalau kamu paham betul bagaimana cara mengoptimalkan media sosial untuk keperluan bisnis, tak ada salahnya mencari pekerjaan freelance sebagai pengelola media sosial.

  • Guru Les Privat

Pilihan freelance yang terakhir adalah menjadi guru les privat. Selain menjadi guru privat dari satu rumah ke rumah, kini kamu bisa melakukannya secara online, lho.

Cara menjadi guru les online juga cukup mudah, di samping menguasai mata pelajaran yang diampu, kamu hanya perlu sebuah komputer, kamera yang menunjang, dan koneksi internet yang bagus. 

Buat kamu yang tertarik di dunia pendidikan, bekerja freelance sebagai guru les privat adalah pilihan yang tepat. Nah, dari 7 pekerjaan freelance di atas, posisi mana nih yang ingin dicoba? Semoga 7 pekerjaan tersebut bisa membantumu menambah penghasilan bulanan, ya.  

Whatsapp