BINUS Online

Apa Saja Komitmen Mahasiswa yang Kuliah Online?

Pada masa kini, segala sesuatu lebih banyak mengandalkan teknologi, termasuk untuk belajar. Anak usia sekolah mengikuti pembelajaran jarak jauh dan belajar secara online. Begitu pula mahasiswa, kini dapat mengikuti kuliah online, seperti yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY melalui program BINUS ONLINE LEARNING.

Kuliah secara online tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu sebagai mahasiswa tidak perlu lagi keluar rumah untuk mengikuti kegiatan perkuliahan sehingga risiko kesehatan lebih minim. Namun, kamu juga harus memiliki komitmen yang teguh agar bisa menjalani perkuliahan dengan optimal. Apa saja komitmen tersebut?

  • Jangan Terlalu Santai

Karena tidak perlu datang ke kampus untuk mengikuti kegiatan perkuliahan, sebagian mahasiswa bersikap terlalu santai. Ada yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan kegiatan lain, seperti bermain game, menonton film, nongkrong bersama teman, atau sekadar bermalas-malasan.

Jika melakukan ini setiap hari dalam porsi waktu yang banyak, kamu bisa ketinggalan proses pembelajaran. Bahkan, kamu akhirnya tidak sempat untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah dengan baik. Semangat belajar pun pasti lebih kendur karena kuliah tidak lagi menjadi prioritas utama bagi kamu.

  • Rajin Ikut Kelas Virtual

Meskipun kuliah online, kamu memiliki kewajiban untuk selalu mengikuti pertemuan tatap muka virtual dengan dosen. Pada kesempatan ini, kamu dapat belajar lebih efektif karena berinteraksi langsung dengan pengajar. Jika ada materi kuliah yang belum jelas, kamu pun bisa bertanya melalui kesempatan ini.

Ada mahasiswa yang mengabaikan pertemuan virtual saat kuliah online. Selain menjadi tidak optimal saat belajar, kamu pun bisa saja terkena sanksi dari dosen yang bersangkutan dan dianggap tidak hadir. Jadi, jika tidak terpaksa absen, ambil komitmen untuk selalu mengikuti pertemuan kelas virtual.

  • Aktif Bertanya dalam Kelas

Saat kuliah online, kamu bisa bersembunyi di balik layar perangkat yang digunakan dengan mematikan kamera video. Situasi ini berbeda dengan saat belajar di dalam kelas. Dengan demikian, kamu dapat memilih untuk bersikap pasif saja dan hanya mendengarkan paparan dosen.

Sebaiknya, tetaplah aktif bertanya atau memberikan respons saat dosen sedang mengajar. Pahami bahwa kuliah adalah kesempatan untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Belajarlah dengan giat dan antusias meskipun suasana kuliah online sangat mendukung untuk bersikap pasif.

  • Mengerjakan Tugas

Tidak perlu bertemu dosen setiap hari mungkin sedikit melegakan bagi sebagian mahasiswa. Jika belum mengerjakan tugas, kamu tidak akan merasa terintimidasi. Saat kuliah online, dosen hanya memberikan tugas secara online dan bisa jadi tidak terlalu aktif memintanya untuk diselesaikan. 

Meskipun demikian, kamu tidak boleh mengabaikan tugas-tugas tersebut. Selain menjadi pertimbangan nilai, tugas kuliah merupakan bagian penting dalam pembelajaran. Kamu dapat belajar lebih optimal setelah mengerjakan tugas-tugas kuliah tersebut.

  • Mengusahakan yang Terbaik

Mudah untuk mencari alasan supaya tidak mengikuti perkuliahan online. Perangkat yang rusak, kuota internet yang habis, sinyal yang kurang lancar, hingga suasana belajar di rumah yang tidak ideal, dapat dijadikan alasan tidak kuliah. Namun, mengajukan alasan seperti ini sama dengan membohongi diri sendiri.

Hal yang justru harus dilakukan oleh mahasiswa yang mengikuti perkuliahan online adalah selalu mengusahakan yang terbaik. Jika ada kendala, carilah solusi yang memungkinkan. Lakukan upaya preventif, misalnya menyediakan cukup kuota sebelum mulai mengikuti kuliah, mencari tempat belajar, dan sebagainya.

Kuliah online memang merupakan suatu aktivitas menantang bagi mahasiswa. Bukan hanya bisa dihambat oleh faktor eksternal, tetapi juga oleh faktor internal mahasiswa itu sendiri. Akan tetapi, jika niat untuk belajar lebih tinggi, hambatan apa pun bisa dihadapi.

Nah, bagi kamu yang ingin merasakan suasana kuliah online, kamu bisa memilih program BINUS ONLINE LEARNING. Metode perkuliahan yang fleksibel sekaligus menyenangkan akan membuat kamu tambah bersemangat sekaligus bisa menggali ilmu lebih dalam.

Whatsapp