Ini Kiat Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Setelah lulus SMA, kamu pasti ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi. Meskipun pada masa pandemi, kamu tetap bisa mewujudkan keinginan ini dengan kuliah online seperti yang diselenggarakan BINUS UNIVERSITY melalui BINUS ONLINE LEARNING.

Akan tetapi, salah satu kesulitan yang sering dialami para lulusan SMA adalah menentukan jurusan kuliah yang tepat. Hal ini sangat penting karena berkaitan erat dengan keberhasilan pada masa depan. Selain itu, ada pula yang sering merasa salah jurusan karena tidak bijak saat memilih.

Yuk, ketahui kiat yang bisa kamu terapkan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat.

  • Ketahui Minatmu

Kamu perlu mengenali diri sendiri sebelum memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi. Ketahui apa saja bidang yang kamu minati selama ini dan ingin kamu pelajari lebih dalam. Kamu mungkin memiliki minat di beberapa bidang, tetapi pilihlah yang paling menonjol.

Mempelajari bidang yang sesuai dengan minat akan membuat kamu lebih bersemangat. Secara alami, kamu akan merasakan ketertarikan untuk menggali lebih jauh ilmu pengetahuan yang terkait. Dengan pilihan tersebut, kamu akan menjalani kuliah dengan penuh antusiasme.

  • Pelajari Jurusan

Hal kedua yang tidak boleh lalai dilakukan adalah mempelajari jurusan yang ditawarkan. Untuk strata S1, BINUS UNIVERSITY menawarkan 5 jurusan yang bisa diambil dengan sistem modular atau kuliah online. Kamu perlu mengetahui apa saja yang dipelajari saat kuliah dan bagaimana prospeknya setelah menjadi alumni.

Setelah memahami hal ini, kamu akan dapat memilih jurusan terbaik sesuai yang kamu inginkan. Jangan sampai setelah mulai berkuliah, kamu kaget dengan mata kuliah yang dipelajari. Tak sedikit mahasiswa yang ternyata salah menilai sebuah jurusan karena ternyata mata kuliah yang diajarkan sangat berbeda.

  • Rajin Berdiskusi

Langkah selanjutnya adalah rajin berdiskusi dengan orang lain, baik orang tua, teman, guru sekolah, maupun mahasiswa jurusan tersebut. Kamu perlu mencari tahu lebih lanjut pengalaman dan pengetahuan mereka tentang jurusan yang kamu incar. 

Kamu juga bisa bertanya kepada alumni jurusan tersebut yang kini telah bekerja. Bertanyalah mengenai apa saja ilmu yang mereka dapatkan saat kuliah. Apakah ilmu tersebut bisa membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaan? Dengan wawasan tersebut, kamu dapat memperkirakan apakah jurusan tersebut cocok.

  • Sesuai Cita-Cita

Nah, kamu juga bisa memilih jurusan berdasarkan cita-cita. Sebagai contoh, jika kamu ingin menjadi dokter, jurusan Kedokteran adalah jawabannya. Jika kamu ingin menjadi apoteker, kamu harus berkuliah di jurusan Farmasi. Dengan berkuliah sesuai cita-cita, kamu akan lebih terbantu dalam menggapainya.

Akan tetapi, ada pula jurusan yang lebih fleksibel. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa bebas memilih profesi apa pun. Hal ini bisa saja terjadi, kecuali untuk jurusan tertentu seperti di bidang medis. Sekali lagi, kenali diri sendiri dan apa yang ingin diraih pada masa depan.

  • Tentukan Prioritas

Ada banyak sekali pilihan jurusan yang tersedia saat ini. Namun, kamu harus menentukan prioritas bidang ilmu yang benar-benar ingin dipelajari. Pertimbangkan berdasarkan minat dan cita-cita kamu pada masa depan. Setelah itu, pilihlah jurusan dengan cermat supaya tidak menyesal pada kemudian hari.

Jika kamu tertarik pada berbagai bidang yang berbeda, pilihlah mana yang harus dipelajari di sekolah formal. Untuk bidang lainnya, kamu bisa menggali ilmu dengan berbagai cara, seperti membaca buku, mengikuti webinar, magang, dan sebagainya.

Nah, inilah beberapa kiat yang bisa kamu pelajari sebelum menentukan jurusan kuliah online yang ingin diambil. Karena jangka waktu kuliah cukup panjang dan butuh biaya serta kerja keras, pastikan kamu tidak salah saat memilih. Ingat, berkuliah di jurusan yang serasi dengan profesi yang ingin dijajaki nantinya akan memberi kamu lebih banyak kemudahan.

Whatsapp