Tips Mengatasi Kecemasan Berlebih

Kecemasan adalah perasaan tidak tenteram karena khawatir atau takut ketika sedang menghadapi situasi tertentu. Cemas merupakan suatu perasaan yang normal dirasakan manusia. Perasaan ini dapat membuat seseorang lebih awas dan tergerak mencari solusi. Rasa cemas yang normal akan mereda begitu faktor pemicunya teratasi. 

Akan tetapi, kecemasan juga bisa terjadi secara berlebihan. Hal ini harus diatasi karena dapat membuat hidup tidak produktif. Kecemasan berlebih sering kali disebabkan oleh diri sendiri dan belum tentu benar adanya. Kecemasan seperti ini dapat berlangsung terus-menerus. Jika tidak diatasi, kecemasan berlebih dapat menurunkan kualitas hidup. Nah, berikut tips untuk mengatasinya.

  • Pelajari Situasi

Situasi apa yang sedang kamu hadapi saat ini? Apakah kamu sedang berada di tengah krisis ekonomi? Wajar saja jika kamu merasa cemas. Namun, jangan segan untuk mempelajari situasi tersebut dengan cermat. Ukurlah seberat apa situasi yang dihadapi dan faktor apa yang membuatnya lebih sulit untuk diatasi.

Sadari juga hal-hal positif yang sebenarnya bisa kamu peroleh ketika berada dalam situasi yang mencemaskan. Dalam tiap peristiwa, tentu ada sisi positif dan negatif. Cara pandang terhadap situasi yang dihadapi sangat penting dalam mencegah kecemasan berlebih.

  • Jangan Overthinking

Overthinking atau berpikir berlebihan dapat membuat kamu cemas secara berlebihan. Overthinking biasanya ditandai dengan sulit tidur dengan nyenyak, tidak fokus pada masalah, sulit mengambil keputusan dan sering menyalahkan diri setelahnya, serta memikirkan hal sepele secara berlebihan.

Overthinking dapat menciptakan stres dan gangguan mental. Selain itu, kualitas hidup kamu pun akan menurun karena sibuk memikirkan hal yang tidak penting. Solusinya, mulailah bersikap santai dan tidak terlalu mempermasalahkan hal sepele. Jika melakukan kesalahan, maafkan diri sendiri dan segera move on.

  • Cari Jalan Keluar

Cemas karena menghadapi masalah tertentu? Carilah jalan keluar yang memungkinkan. Ini adalah cara yang paling masuk akal untuk mengurangi rasa cemas berlebihan. Pelajari situasi yang dihadapi, lalu temukan solusi yang tepat untuk itu.

Dengan sikap seperti ini, kamu tidak akan memiliki waktu untuk cemas secara berlebihan. Selain itu, rasa cemas akan berkurang karena mengetahui peluang bahwa suatu masalah atau tantangan bisa diselesaikan.

  • Fokus Pada Hal Positif

Supaya kamu juga tidak cemas berlebihan, kamu pun bisa fokus melakukan hal-hal yang positif. Lakukan aktivitas yang disukai. Pikirkan sesuatu yang membangun diri atau bermanfaat bagi orang lain. Karena sibuk mengerjakan hal positif, kamu pun tidak lagi fokus pada rasa cemas berlebihan.

Ada berbagai hal positif yang bisa kamu lakukan pada saat luang. Kamu bisa meningkatkan kapabilitas diri dengan belajar atau terlibat dalam pekerjaan sosial.  

  • Jaga Kesehatan

Jagalah kesehatan tubuh dengan melakukan pola hidup sehat. Mulailah dengan beristirahat pada malam hari dalam waktu yang cukup. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi supaya tubuh mendapatkan asupan yang baik. Selain itu, lakukan olahraga secara rutin agar tubuh tetap bugar.

Melakukan kegiatan yang sehat adalah cara yang paling praktis untuk mengatasi kecemasan berlebih. Olahraga, misalnya, dapat membuat memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres. Tidur yang cukup juga membuat kamu lebih tenang dalam menjalani hari.

  • Berbagi Perasaan

Untuk mengatasi kecemasan berlebih, kamu dapat berbagi perasaan dengan orang lain. Pilihlah seseorang yang bijak, dapat dipercaya, dan mau mendengarkan kekhawatiran yang kamu rasakan. Dari orang tersebut, kamu pun bisa mendapatkan saran dan nasihat yang berguna.

Selain itu, kamu juga bisa sharing secara positif di media sosial untuk mencurahkan perasaan. Bukan hanya agar lebih lega, kamu pun bisa sekaligus menguatkan orang lain yang merasakan hal yang sama. Kecemasan berlebih dapat membuat kualitas hidup berkurang. Karena itu, kamu bisa mencoba beberapa tips tersebut untuk mengatasinya. Selamat mencoba!

Whatsapp