Skill Menjalani Kehidupan Sosial dan Profesional yang Baik

Manusia adalah makhluk sosial. Manusia perlu berinteraksi dengan sesamanya saat menjalani kehidupan sehari-hari. Namun, kehidupan sosial akan memiliki kualitas apabila dijalani secara positif dan sesuai dengan aturan. Selain itu, di tempat kerja yang bersifat lebih formal, interaksi juga perlu disertai dengan sikap profesional.

Nah, apa saja skill yang harus kamu miliki agar dapat menjalani kehidupan sosial dan profesional dengan baik?

  • Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat penting. Komunikasi adalah aktivitas untuk mengirim dan menerima pesan sehingga pesan tersebut dapat dimengerti. Dengan memiliki skill ini, kamu bisa memahami orang lain sekaligus dapat menyampaikan informasi dengan tepat.

Salah satu elemen penting dalam skill komunikasi adalah kemampuan mendengarkan. Menjadi pendengar yang baik tidak mudah karena kamu harus belajar untuk fokus, peduli, dan sabar. Dengan mendengarkan, kamu bisa mengetahui banyak hal secara mendalam, kemudian memberikan respons yang benar. Inilah yang harus diperhatikan saat melakukan komunikasi.

  • Problem Solving

Masalah bisa terjadi kapan saja, baik di lingkungan masyarakat maupun saat berada di tempat kerja. Jika terjadi masalah, apa hal pertama yang umumnya dilakukan? Sebagian orang secara spontan akan menyalahkan sumber masalah dan menghakiminya. Ada pula yang memilih untuk tidak peduli dan bersikap cuek karena merasa tidak mendapatkan keuntungan pribadi.

Saat sedang menghadapi masalah, hal yang lebih penting adalah mengusahakan solusi. Terlebih dahulu, bantu korban yang terdampak masalah tersebut. Kemudian, carilah jalan keluar untuk mengatasi masalah. Jika perlu, temukan cara agar masalah yang sama tidak terjadi lagi. Ini membutuhkan kemampuan problem solving yang baik.

  • Berpikir Kritis

Dalam kehidupan sosial maupun profesional, kemampuan untuk berpikir kritis sangat diperlukan. Berpikir kritis adalah tidak lekas percaya dan selalu berusaha mencari kebenaran. Kemampuan ini akan membuat kamu tidak mudah goyah oleh informasi yang tidak akurat atau hoax. Hoax dapat merusak tatanan kehidupan.

Berpikir kritis juga berhubungan dengan kemampuan untuk melakukan analisis. Ketika ada suatu pernyataan atau informasi, kamu harus dapat melakukan penyelidikan untuk memperoleh fakta. Hal ini sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan sosial maupun profesional yang penuh kualitas.

  • Berpikir Kreatif

Dalam kehidupan, kreativitas sangat diperlukan. Kreativitas akan membantu kamu menghadapi situasi yang tidak ideal. Di tengah kondisi tersebut, kamu harus dapat melakukan improvisasi dengan sumber daya seadanya, tetapi memberikan hasil optimal. Dengan kreativitas, kualitas hidup akan meningkat. Bahkan, kamu bisa meraih pencapaian tanpa terhambat oleh keterbatasan.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kreativitas. Salah satunya, belajar dari berbagai sumber untuk menemukan ide dan pengetahuan. Kemudian, kamu juga harus berani mencoba terus-menerus walaupun sering gagal. Dengan sikap ini, naluri kreatif akan muncul sehingga dapat menghasilkan solusi terbaik.

  • Manajemen Diri

Kemampuan untuk mengelola diri sendiri adalah kemampuan yang dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sosial dan profesional. Ini merupakan kemampuan yang sangat kompleks sekaligus sangat dekat dengan keseharian.

Contoh manajemen diri yang baik adalah dapat membuat skala prioritas yaitu hal-hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Kemampuan ini sangat diperlukan di tengah padatnya tanggung jawab yang harus dipenuhi setiap hari. Dengan menentukan skala prioritas, kamu tidak perlu bingung saat harus mengambil keputusan.

Manajemen diri juga berkaitan dengan kemampuan mengelola emosi. Ada berbagai emosi yang bisa dirasakan oleh manusia, seperti sedih, kecewa, marah, senang, dan sebagainya. Saat berada di tengah lingkungan sosial maupun profesional, emosi yang dirasakan harus dikelola dengan baik. Jika tidak, emosi tersebut dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Jadi, inilah beberapa kemampuan yang harus dimiliki saat menjalani kehidupan sosial dan profesional pada masa kini. Dengan mengasah skill tersebut, kamu akan dapat memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik daripada sebelumnya. Siap untuk mencobanya?

Whatsapp