BINUS Online

Kerja Dulu VS Kuliah Dulu, Kamu yang Mana?

Tidak semua lulusan sekolah menengah langsung kuliah sebelum mencari kerja. Ada juga yang memilih mencari pengalaman kerja sebelum kuliah, mungkin termasuk kamu! Kedua pilihan ini sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan. Jika kamu ingin memilih, pastikan menyesuaikannya dengan kondisi pribadi! Sebelum memilih kuliah atau kerja dulu, berikut beberapa pertimbangan untuk kamu bandingkan.

Kerja sebelum Kuliah

Kuliah bisa kamu lakukan pada usia berapa saja, tidak seperti pendidikan dasar wajib. Hal ini membuat banyak lulusan SMA atau SMK memilih bekerja dulu selama beberapa tahun sebelum kuliah.

Inilah beberapa keuntungannya:

Memberi Pengalaman Kerja

Bekerja sebelum kuliah memberimu pengalaman kerja nyata. Kamu bisa menambahkannya ke CV untuk bersaing mencari pekerjaan yang lebih bagus di masa depan. Memiliki pengalaman kerja juga bisa membantumu untuk mencari beasiswa ketika akan kuliah.

Mendapat Penghasilan Sendiri Sejak Dini

Kenapa harus menunggu hingga lulus untuk berpenghasilan? Kerja sebelum kuliah memberimu kesempatan mendapat penghasilan sendiri. Jika kamu masih ditanggung, kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk tabungan pribadi. Kamu juga bisa menggunakannya untuk bekal kuliah di luar kota, misalnya.

Memudahkan Proses Adaptasi di Dunia Kerja

Banyak lulusan baru yang “kaget” ketika memasuki dunia kerja karena suasananya berbeda dengan bangku kuliah. Bekerja sebelum kuliah memberimu kemampuan beradaptasi jika kelak memasuki jenjang karier lebih tinggi setelah lulus karena kamu sudah ada pengalaman kerja.

Di luar berbagai kelebihan ini, ada beberapa kekurangan dari bekerja sebelum kuliah, contohnya:

Tidak Banyak Pilihan Kerja

Lulusan SMA atau SMK mendapat pilihan kerja lebih terbatas dibandingkan lulusan universitas. Kurang cocok untukmu yang ingin menjelajahi beragam bidang kerja.

Jenjang Karier Terbatas

Lulusan SMA atau SMK bisa saja menapaki jenjang karier, tetapi biasanya akan terbentur di level tertentu yang membutuhkan ijazah S1 atau S2. Hal ini semakin menyulitkan ketika karier impianmu bersifat teknis dan membutuhkan keahlian khusus yang hanya bisa diperoleh di kampus.

Potensi Pemasukan Lebih Kecil

Lulusan SMA atau SMK rata-rata mendapat penghasilan lebih kecil dari lulusan sarjana. Hal ini mungkin tidak masalah jika kamu berfokus pada mencari pengalaman dan tidak memiliki terlalu banyak kebutuhan.

Kuliah Sebelum Kerja

Kuliah sebelum kerja adalah pilihan populer di kalangan lulusan SMA atau SMK masa kini. Ada beberapa keuntungan bagi yang memilih jalur ini, yaitu:

Jalur Karier Lebih Baik

Lulusan sarjana punya kesempatan lebih baik untuk meraih jalur karier potensial. Hal ini penting jika kamu mengincar jabatan tingkat manajerial, eksekutif, atau ahli, misalnya.

Potensi Penghasilan Besar

Lulusan sarjana biasanya berpotensi mendapat penghasilan lebih besar. Selain jalur kariernya yang lebih luas, penghasilan besar biasanya karena memiliki latar belakang pengetahuan lebih mendalam.

Pilihan Karier Lebih Luas

Selain pengalaman kerja, lulusan sarjana juga mendapat pilihan karier lebih luas. Kamu berkesempatan memilih di antara beragam jenis pekerjaan, termasuk yang tidak terbuka bagi lulusan SMA.

Kekurangan dari pendidikan kuliah adalah pengalaman kerja yang tidak sebanyak pilihan sebelumnya. Karena berpindah langsung dari sekolah ke kampus, lulusan universitas biasanya tidak punya pengalaman sebanyak yang kerja duluan. Selain itu, ada tantangan berupa biaya besar, terutama jika lokasi kampus idaman ada di luar kota. Untungnya, ada solusi untuk hal ini.

BINUS Online Learning, Solusi Kuliah Berkualitas

BINUS Online Learning adalah program yang menawarkan sesi daring, memberi mahasiswa kebebasan untuk menghadiri kelas tanpa harus datang. Kurikulumnya memadukan teori terkini dengan praktik dan kabar tren terkini industri sesuai dengan jurusan. Kamu bisa memilih di antara jurusan bergengsi seperti Teknik Informasi, Manajemen Bisnis, dan Computer System untuk menempuh jalur karier bergengsi.

Kuliah atau kerja dulu sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, mulai dari potensi karier hingga pengalaman kerja. Jadikan panduan di atas sebagai pertimbangan untuk memutuskan jalur pendidikanmu dan manfaatkan program berkualitas seperti BINUS Online Learning demi hasil terbaik.

Whatsapp