BINUS Online

Tips Belajar Efektif Supaya Mudah Menguasai Berbagai Materi

Membagi waktu antara kuliah dan bekerja terdengar mudah. Kenyataannya, kamu hampir kewalahan menyeimbangkan kedua aktivitas tersebut. Terlebih lagi jika kamu harus menghabiskan waktu dan tenaga untuk mencapai tempat kerja maupun kuliah. Rasanya waktu 24 jam sehari tidak cukup.

Ada beberapa solusi yang bisa kamu ambil untuk menghadapi situasi tersebut. Pertama, daftar kuliah online di BINUS UNIVERSITY. Program BINUS ONLINE LEARNING menawarkan pendidikan sarjana dalam bentuk pembelajaran jarak jauh dengan harga terjangkau dan fleksibilitas pada mahasiswa. Semua proses perkuliahan berlangsung online dengan jadwal fleksibel sehingga kamu tidak perlu mengesampingkan pekerjaan utama.

Kedua, terapkan teknik belajar efektif supaya kamu bisa menguasai berbagai materi kuliah dengan mudah. Prinsip yang perlu kamu pegang adalah bagaimana belajar dengan menyenangkan tanpa dibayangi waktu. Jadi, kamu dapat fokus pada suatu topik dalam rentang waktu tertentu.

Penasaran bagaimana caranya? Simak 5 tips belajar efektif berikut ini. 

Coba Teknik Pomodoro

Adalah Francesco Cirillo yang mempopulerkan teknik belajar ini di akhir 1980-an. Ia membagi proses belajar ke dalam lima tahapan, tetapi penekanan utama justru pada adanya jeda. Disebut juga spaced learning, teknik ini dipandang efektif untuk mempermudah pemahaman konsep dan materi.

Mulai dengan pilih topik yang ingin dipelajari. Lalu, atur timer 25 menit dan fokuskan diri mempelajari topik tersebut. Saat timer berbunyi, beristirahatlah selama 5 menit. Lakukan pengulangan tahapan ini sampai empat kali. Baru setelah itu istirahat 15-30 menit. 

Menulis Rangkuman Versi Kamu  

Meski menulis rangkuman di laptop lebih mudah dan praktis, ternyata hasil belajarnya kalah efektif dibandingkan jika kamu menulis tangan di buku catatan. Pasalnya, mencatat di laptop cenderung membuat kita hanya mengetik ulang apa yang diucapkan dosen. 

Berlawanan dengan menulis tangan di buku catatan. Proses ini mendorong kamu untuk melakukan pemrosesan informasi lebih dahulu, seperti menemukan poin-poin penting atau kata kunci dari materi. Lalu, kamu akan merangkai pemahaman tersebut dengan kata-kata sendiri berikut penegasan mana poin penting yang harus dimengerti. 

Latihan Soal Jadi Kunci

Membaca dan menulis ulang materi itu baru langkah awal belajar. Dari mana kamu tahu apa yang dipelajari sudah berhasil menempel di otak? Tentu saja dengan mengerjakan latihan soal. Cara ini menguji sejauh mana kamu telah memahami materi tersebut.

Coba buat beberapa pertanyaan dari bahan ajar yang diberikan dosen. Awali dari poin-poin penting dan mendasar materi tersebut. Setelah bisa menyelesaikannya, kamu bisa mencari studi kasus terkait topik yang dibahas. Coba ulik dan bahas studi kasus tersebut dengan pendekatan teori yang telah dipelajari sebelumnya. 

Coba Teknik Feynman

Teknik ini cocok untuk kamu yang lebih cepat belajar sembari berinteraksi dengan orang lain. Bisa dibilang teknik Feynman adalah model praktik belajar yang membantumu menjelaskan suatu topik dengan bahasa sederhana supaya bisa dipahami orang awam. 

Setelah penjelasan tersebut, cek mana bagian yang masih membuat bingung atau kurang jelas. Pelajari lagi bagian tersebut dan ulangi lagi tahapan tadi. Kamu bisa mengajak teman untuk tanya jawab maupun berdiskusi sambil mencoba teknik ini. 

Tidur Cukup Itu Wajib

Belajar sekeras apa pun tidak akan efektif jika kamu tidak cukup istirahat. Maka, tidur cukup adalah hal terakhir yang harus kamu praktikkan. Begadang belajar hingga lewat tengah malam juga tidak disarankan karena bisa membuat tubuh kelelahan. Tubuh yang lelah dan kurang istirahat membuatmu susah fokus. 

Sebaliknya, tidur cukup dan berkualitas akan memaksimalkan proses pemulihan tubuh usai belajar serta beraktivitas sehari penuh. Saat bangun pagi, tubuh terasa segar dan bugar, otomatis kamu pun bersemangat memulai hari, termasuk fokus pada hal-hal penting yang akan dijalani hari itu. 

Ternyata belajar efektif itu mudah kanSekarang tinggal bagaimana kamu aktif berlatih dan mencoba tips belajar efektif tadi setiap mengikuti kuliah online BINUS ONLINE LEARNING. Semoga tips di atas dapat menjadi referensi cara belajar yang seru dan menyenangkan ya. Selamat mencoba!

Whatsapp