Jurusan Teknik Industri BINUS ONLINE LEARNING, Belajar Apa Saja?

Ketika kuliah online jadi pilihan utama bagi pekerja seperti kamu, menentukan jurusan yang tepat jadi isu penting. Sebisa mungkin sejalan dengan pekerjaan yang ditekuni saat ini sehingga gelar sarjana nanti bisa menunjang karier di tempat kerja. Namun, apakah ketersediaan program studi kuliah jarak jauh terbatas pada jurusan populer saja?

Tidak selalu demikian kok. Lebih tepatnya, program studi yang ditawarkan berupaya menjawab kebutuhan industri masa kini. Seperti di BINUS Online Learning, kamu bisa menjumpai jurusan Teknik Industri yang cukup diminati calon mahasiswa dan dibutuhkan perusahaan berbagai sektor. 

Lantas, apa saja yang akan kamu pelajari saat mengikuti kuliah online jurusan Teknik Industri di BINUS ONLINE LEARNING?

  • Perpaduan ilmu dasar matematika, fisika, dan teknik

Teknik Industri merupakan salah satu cabang teknik yang mempelajari bagaimana mendeskripsikan, mengevaluasi, merancang, memodifikasi, mengontrol, dan meningkatkan kinerja sistem yang mengintegrasikan material, SDM, dan teknologi. Secara berkala sistem tersebut akan ditinjau ulang dan disesuaikan dengan konteks terkini.

Untuk mencapai semua itu, mahasiswa perlu mempelajari ilmu dasar matematika, fisika, dan teknik. Penerapan prinsip dan metode teknik dilakukan secara menyeluruh serta komprehensif, termasuk dalam analisis dan perancangan kebutuhan industri. Diharapkan nanti lulusan Teknik Industri mampu mengidentifikasi, merumuskan formula, serta memberi solusi dengan aplikasi ketiga ilmu tadi.

  • Sumber daya manusia sebagai kontributor utama

Teknik Industri justru menempatkan sumber daya manusia sebagai kontributor utama yang menentukan apakah suatu sistem berjalan baik dan optimal. Maka, mereka dipersiapkan untuk mampu menerapkan dasar-dasar teknik yang menyeimbangkan teori, desain, dan pengalaman atau temuan di lapangan. Kemudian, mereka dibekali pengetahuan lanjutan bidang keilmuan Teknik Industri sehingga siap bersaing secara global dan berkomitmen kuat pada standar profesional serta kode etik.

  • Fokus pada Supply Chain Engineering

Mahasiswa juga akan mempelajari Supply Chain Engineering secara mendalam. Program ini menawarkan fleksibilitas pada mahasiswa dalam mendalami bagaimana produksi modern dan teknik manajemen operasi merespons kebutuhan industri saat ini. Dengan demikian, mereka bisa melakukan integrasi seluruh aktivitas dalam supply chain, membangun sistem yang fleksibel, sekaligus mampu menekan biaya produksi.

  • Aplikasi teknologi informasi dan komputer dalam lingkup Teknik Industri

Sudah menjadi ciri khas semua program studi BINUS Online Learning, jurusan Teknik Industri juga mengintegrasikan materi teknologi informasi dan komputer dalam perkuliahan. Beberapa mata kuliah terkait bidang ini yang akan kamu temui antara lain Introduction to Programming dan E-Supply Chain Management. Bahkan, mahasiswa juga bisa mengambil program minor Technopreneur, terutama bagi mereka yang berminat merintis bisnis sendiri.

  • Berbagai bidang keilmuan lain yang bersinggungan dengan Teknik Industri

Kekhasan program studi Teknik Industri lain yang perlu diketahui adalah bagaimana jurusan ini mempelajari berbagai disiplin ilmu. Selain matematika, fisika, dan teknik, kurikulum kuliah online memfasilitasi mahasiswa untuk menguasai disiplin ilmu sosial/humaniora, komputer, manajemen, sains teknik dan industrial, sains lab, hingga professional engineering practice. 

Menyandang gelar Sarjana Teknik di belakang nama bisa terwujud lewat metode pembelajaran jarak jauh atau kuliah online BINUS Online Learning. Ini solusi terbaik untuk kamu, lulusan SMA/SMK yang sudah aktif bekerja di sektor industri, manufaktur, dan servis tanpa harus meninggalkan pekerjaan. Fleksibilitas pembelajaran jadi kunci yang memudahkan kamu berinteraksi dengan dosen dan teman kuliah, berikut kemudahan mengakses bahan ajar yang bisa kamu pelajari secara mandiri.

Selain bahan ajar tersebut, kamu juga bisa memperkaya wawasan dengan memanfaatkan Digital Library yang menyediakan akses pada literatur dan jurnal terbaru. Sekalipun kamu belajar jarak jauh, BINUS UNIVERSITY tetap memfasilitasi semuanya, termasuk keberadaan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Bina Nusantara atau BULC (Bina Nusantara Unit Learning Community).

Semakin yakin untuk berkuliah di BINUS ONLINE LEARNING kan? Daftar sekarang yuk!

Whatsapp