Kuliah Jurusan Teknik Informatika BINUS ONLINE LEARNING, Ini yang Kamu Pelajari

Kamu menaruh minat pada perkembangan teknologi? Atau ingin serius menekuni pengembangan hardware dan software, tetapi terkendala waktu karena kamu harus bekerja? 

Semua pertanyaan itu bisa terjawab lewat kuliah online jurusan Teknik Informatika BINUS Online Learning. Saat ini Teknik Informatika menjadi salah satu program studi paling diminati mengingat perkembangan teknologi sudah merambah ke berbagai sektor industri. Hal tersebut membuat Teknik Informatika memiliki prospek karier menjanjikan.

Maka, sebelum memutuskan berkuliah di program studi ini, sebaiknya kamu cari tahu dahulu apa saja yang akan kamu pelajari dalam kuliah online Teknik Informatika di BINUS ONLINE LEARNING.

  • Konsep matematika dan penerapannya

Sesuai namanya, kamu akan diajak menyelami pengetahuan fundamental hingga tingkat lanjutan seputar Computer Science. Beberapa materi di dalamnya termasuk algoritma, teknik pengembangan aplikasi, serta pembuatan dan pemanfaatan teknologi database. Ini akan membawamu pada pembelajaran pengetahuan dan membangun pemahaman terkait konsep matematika.

Nah, logika matematika tersebut akan banyak diaplikasikan untuk mengelola informasi, baik melalui transformasi data maupun pengolahan fakta simbolik lewat teknologi komputer. Jangan kaget kalau nanti kamu akan berjumpa dengan kalkulus, algoritma, statistika, dan sebangsanya. Bisa dibilang semua itu santapan kamu sehari-hari.

  • Dasar-dasar Teknik Informatika

Setelah memahami dan menguasai ilmu matematika dasar, kamu akan mempelajari mata kuliah dasar Teknik Informatika. Bisa dibilang deretan mata kuliah pengantar ini wajib kamu kuasai supaya nanti bisa mendalami software engineering dengan mudah. Kalau kamu gagal mencapai nilai minimum materi ini, opsi mengulang kelas tidak bisa dihindari. 

Beberapa contoh mata kuliah pengantar Teknik Informatika yang akan kamu jumpai pada sesi kuliah online adalah Pengantar Teknologi Informasi, Struktur Data, Multimedia, dan Algoritma.

  • Serba-serbi Pemrograman

Begitu kamu mempelajari serba-serbi pemrograman, berarti kamu harus siap berpusing-pusing ria dengan praktikum. Ya, jurusan ini memang banyak kegiatan praktikum yang bertujuan menguji kemampuan mahasiswa mengaplikasikan teori yang sudah dipelajari. Contohnya, Bahasa Pemrograman, Pemrograman Web, Pemrograman Jaringan, dan UI Design.

  • Arsitektur Komputer dan Jaringan Komputer

Teknik Informatika bukan cuma membuatmu piawai meng-install perangkat lunak, tetapi juga mendorongmu menciptakan perangkat lunak dalam perangkat keras buatan sendiri. Itulah mengapa kamu akan belajar mengenai Arsitektur Komputer, tempat berkenalan dengan bermacam-macam prosesor komputer dan perkembangannya. 

Lalu, ada Jaringan Komputer yang akan membantu kamu memahami cara membangun suatu jaringan. Mulai dari pembuatan kabel jaringan, membangun koneksi antarkomputer, sampai konfigurasi router. Plus, soal IP address, hub, switch, dan cara komunikasi komputer. 

  • Mengelola dan mengolah data, serta keamanan data

Materi yang tak kalah penting adalah bagaimana mahasiswa belajar mengelola dan mengolah data dalam jumlah besar. Sistem manajemen database dan transmisi data jadi kunci kesuksesan perusahaan di berbagai sektor industri dewasa ini. 

Lebih lanjut, kamu juga akan berlatih memecahkan aneka masalah komputasi, menemukan informasi dari miliaran hasil pencarian web, memproses jutaan data dalam satu waktu, sampai membangun sistem keamanan penyimpanan data. 

Jika kamu memutuskan kuliah online Teknik Informatika di BINUS Online Learning, keputusanmu sudah tepat. Pasalnya, kurikulum jurusan ini telah dirancang mengacu pada kurikulum internasional Association for Computing Machinery atau ACM serta masukan dari praktisi dunia usaha dan industri. Artinya, semua yang kamu pelajari pasti akan terpakai di dunia kerja. Bahkan, bisa kamu langsung praktikkan jika kamu sedang kuliah sambil bekerja.

Keunggulan lainnya, kamu bisa mengakses berbagai bahan ajar untuk dipelajari secara mandiri. Begitu juga kemudahan mengakses Digital Library yang menyediakan literatur lengkap dan keberadaan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Bina Nusantara atau BULC (Bina Nusantara Unit Learning Community).

Dengan fleksibilitas pembelajaran seperti ini, kuliah jarak jauh tetap berlangsung efektif karena kamu bisa berkuliah dari mana saja dan kapan saja. Ditambah biaya kuliah terjangkau, meraih gelar sarjana sambil bekerja kini bisa kamu wujudkan. Yuk, daftar sekarang dan bergabunglah dengan BINUS ONLINE LEARNING!

Whatsapp