BINUS Online

5 Alasan Mengapa Kuliah Online Kian Banyak Diminati

Konsep pendidikan tradisional yang dilakukan secara tatap muka kini mulai tergeser, terutama semenjak pandemi COVID-19 membatasi ruang gerak setiap orang di sebagian besar wilayah dunia. Saat ini, perkuliahan di ruangan kelas sesungguhnya tak lagi menjadi pilihan utama. Kuliah online atau daring justru kian banyak diminati karena dianggap memberikan sejumlah keuntungan yang tidak dapat dicapai oleh kuliah tatap muka.

Meski sebagian orang menganggap kuliah daring dapat mengurangi efektivitas belajar mahasiswa, opsi sistem pendidikan di tingkat perguruan tinggi ini nyatanya tetap menuai peminat dari berbagai kalangan. Hal tersebut didasari oleh berbagai alasan utama sebagai berikut:

Akses yang Mudah

Perkuliahan online membuatmu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Kemudahan akses ini berlaku bagi semua aspek pembelajaran, mulai dari agenda pertemuan dengan dosen, pencarian sumber materi belajar, pengumpulan tugas, hingga diskusi kelompok dengan sesama mahasiswa. 

Asal terhubung dengan koneksi internet dan tergabung dalam portal belajar khusus yang telah ditentukan, kamu bisa mengakses semua kebutuhan belajar tanpa hambatan berarti. Kamu pun tak perlu lagi berkunjung ke kampus setiap hari.

Waktu Belajar yang Lebih Fleksibel

Fleksibilitas waktu belajar menjadi salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh kuliah dalam jaringan. Baik mahasiswa maupun dosen bisa sama-sama mengatur agenda di tengah-tengah waktu luang tanpa perlu bertemu langsung di tempat yang sama. Hal ini menciptakan bentuk tanggung jawab baru bagi kedua belah pihak dalam mengatur manajemen waktu perkuliahan.

Jika kamu mengikuti program kelas karyawan, agenda kuliah daring yang fleksibel akan membuatmu lebih mudah dalam menyeimbangkan waktu bekerja dan belajar. Kedua aktivitas ini pun dapat berjalan bersamaan tanpa saling bertentangan.

Pilihan Program Studi yang Beragam

Tak jauh berbeda dengan perkuliahan reguler pada umumnya, program kuliah daring juga menawarkan banyak pilihan prodi yang bisa kamu pilih sesuai minat dan kemampuan. Saat ini, sudah banyak universitas ternama di dalam maupun luar negeri yang menawarkan sistem kuliah online bertajuk Massive Open Online Courses (MOOC) dengan segudang pilihan jurusan, program studi, maupun peminatan.

BINUS ONLINE LEARNING, misalnya, menawarkan banyak program studi dari berbagai lintas keilmuan. Beberapa di antaranya adalah prodi Akuntansi, Sistem Informasi, dan Manajemen Bisnis. 

Pengalaman Belajar yang Lebih Eksklusif

Pada umumnya, jumlah mahasiswa yang mengikuti satu sesi perkuliahan daring akan lebih sedikit dibandingkan kuliah tatap muka di dalam ruangan. Hal ini dapat meningkatkan interaksi antara mahasiswa dengan dosen, maupun mahasiswa satu dengan yang lainnya. Hasilnya, penyampaian materi serta kegiatan diskusi bisa dilakukan secara lebih eksklusif dan menyeluruh.

Sistem dan metode pembelajaran yang terintegrasi kian menciptakan pengalaman belajar yang dinamis. Kamu juga bisa berperan secara langsung dalam memilih program, materi, atau mata kuliah yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Biaya Kuliah yang Lebih Hemat

Mengapa kuliah online makin diminati? Alasan terakhir yang tidak kalah penting berhubungan dengan efektivitas biasa. Dalam sistem pembelajaran jarak jauh, biaya yang perlu dikeluarkan relatif lebih murah dibandingkan perkuliahan tradisional. Salah satu alasannya karena kamu tidak perlu menggunakan fasilitas kampus atau universitas yang memang memerlukan biaya tambahan.

Selain itu, sistem kuliah ini membuatmu bisa mengatur bujet pendidikan secara lebih efisien. Pasalnya, kamu tidak perlu membuat anggaran transportasi maupun akomodasi meskipun lokasi universitas dan tempat tinggalmu terbilang jauh.

Dengan sejumlah alasan di atas, tak heran jika kuliah S1 online makin banyak peminatnya saat ini. Kamu pun bisa menjadi bagian dari sistem belajar daring untuk bisa merasakan sendiri sederet manfaat dan keuntungannya.

BINUS ONLINE LEARNING menghadirkan solusi terbaik bagi kamu yang ingin berkuliah secara daring. Sistem pembelajaran berstandar global, pilihan program studi yang beragam, hingga biaya kuliah yang dapat disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Di bawah naungan BINUS UNIVERSITY, program kuliah online ini memiliki visi untuk menciptakan lulusan berkualitas yang dapat mengembangkan kariernya di mana saja. Kamu pun bisa menjadi salah satu lulusannya dengan bergabung bersamaBINUS ONLINE LEARNING. Kunjungi laman https://online.binus.ac.id sekarang juga untuk cari tahu lebih banyak tentang informasi program dan prosedur registrasinya!

Whatsapp