BINUS Online

Tips Menjaga Komitmen Perkuliahan Saat Menjalani Kuliah Online

Mempunyai gelar sarjana bisa disebut impian sebagian besar orang. Namun, ketika situasi mengharuskan kamu bekerja lebih dahulu, bukan berarti impian tersebut pupus begitu saja. Kamu masih bisa mendaftar kuliah online di BINUS UNIVERSITY sambil tetap bekerja seperti biasa. Dengan kuliah jarak jauh BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa berkuliah tanpa harus pergi ke kampus. 

Saat awal perkuliahan, semangat kamu sedang tinggi-tingginya. Sebisa mungkin semua tugas dikerjakan segera agar tidak mengganggu pekerjaan utama. Seiring waktu ada kalanya kamu mulai merasa lelah dan jenuh. Terlebih saat menghadapi kenyataan bahwa tugas kantor dan tugas kuliah datang dalam waktu bersamaan.

Dalam keadaan demikian, kamu mulai mempertanyakan komitmen dirimu sendiri untuk berkuliah. Kadang terselip sedikit rasa penyesalan, tetapi lebih sering muncul pertanyaan “sampai kapan aku harus mendua antara kerja dan kuliah?” 

Jawaban pertama dan terutama justru datang dari kamu lho. Tidak ada satu pun orang yang bisa menjaga komitmen kuliah kecuali dirimu sendiri. Nah, supaya kamu semakin bersemangat kuliah online, simak dahulu apa saja tips jitu menjaga komitmen kuliah di bawah ini.

Membuat skala prioritas

Apa prioritas utama kamu saat ini? Pekerjaan dan kuliah pasti jadi dua jawaban teratas. Namun, kamu perlu membuat skala prioritas secara spesifik dalam rentang waktu tertentu. Saat minggu ujian misalnya, kamu menyisihkan waktu lebih banyak untuk belajar dan tidak menunda pekerjaan kantor.

Mengatur jadwal dengan rinci

Setelah tahu prioritas kamu dalam periode tertentu, sekarang kamu harus mengatur jadwal kegiatan dengan rinci. Contoh, minggu ini sedang ada ujian online di jam kerja. Supaya bisa fokus, sebaiknya kamu mengajukan izin cuti pada waktu tersebut. Di lain waktu, kamu bisa kembali bekerja seperti biasa dan menuliskan dengan jelas kapan jadwal kuliah agar tidak bertabrakan dengan pekerjaan.

Fokus mengerjakan satu hal dalam satu waktu

Sekalipun multitasking menantang, tetap tidak efektif jika dijalani dalam jangka panjang.  Kamu tetap perlu fokus pada satu tugas dalam satu waktu. Jadi, hasil pekerjaan pun lebih maksimal karena kamu berkonsentrasi penuh untuk menyelesaikan tugas itu selesai dengan baik.

Aktif terlibat dalam proses perkuliahan

Kuliah online dapat menjadi waktu menyenangkan untuk belajar ketika kamu aktif terlibat. Misalnya, sambil menyimak penjelasan dosen, kamu dapat membuat catatan sendiri dengan menuliskan poin-poin penting dari materi. Lalu, jangan ragu untuk bertanya atau ikut berdiskusi dengan teman sekelas. Di luar kelas, kamu bisa mengikuti diskusi melalui LMS BINUSMAYA sebagai multi channel learning

Kerjakan sekarang, bukan nanti

Apa yang sering membuatmu sulit membagi waktu antara kuliah dan kerja? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena kamu sering menunda mengerjakan sesuatu. Memang lelah menjalani dua peran sekaligus: karyawan dan mahasiswa, tetapi ingat kembali tujuan besar yang ingin dicapai. Dengan begitu kamu termotivasi untuk segera menyelesaikan tugas alih-alih menundanya terus menerus.

Manfaatkan fasilitas LMS dan Digital Library

BINUS Online Learning sudah membangun lingkungan perkuliahan yang kondusif bagi mahasiswanya. Meski kegiatan kuliah dilakukan jarak jauh, semua proses pembelajaran sudah terintegrasi melalui multi channel learning BINUSMAYA yang berbasis LMS. Plus, kehadiran Digital Library juga memberimu kemudahan mengakses berbagai literatur dan jurnal untuk mendukung pengerjaan tugas. Sekarang kamu hanya perlu memanfaatkan keuntungan itu saja kan?

Bangun support system di rumah, kantor, dan kampus

Di rumah tentu saja keluarga, di kantor bisa atasan dan rekan kerja, serta teman kuliah dan dosen pembimbing akademik di kampus. Memiliki support system akan membantumu fokus pada prioritas saat ini. Saat kamu sedang down atau galau, kamu bisa curhat atau berdiskusi dengan mereka. Begitu juga ketika kamu gembira, berbagi kebahagiaan bersama orang dekat jadi hal pertama yang ingin kamu lakukan. Dengan begitu, kamu termotivasi untuk terus melakukan yang terbaik. 

Pasti bisa dong menjaga komitmen perkuliahan berbekal ketujuh tips di atas?

Bagaimanapun kunci keberhasilan menyelesaikan kuliah online ada dalam dirimu sendiri. Dengan menjaga komitmen kuliah, kamu pasti siap mengikuti proses perkuliahan BINUS Online Learning yang fleksibel. Apalagi, jika kamu membiayai sendiri kuliah ini, tentu kamu ingin memperoleh manfaat sebanyak-banyaknya dari ilmu yang dipelajari supaya bisa menunjang karier di masa mendatang.

Jadi, tetap semangat berjuang meraih impian besarmu bersama BINUS ONLINE LEARNING ya!

Whatsapp