BINUS Online

7 Kriteria Dosen Idaman Versi Mahasiswa BINUS ONLINE LEARNING

Dosen idaman itu seperti apa sih?

Ada banyak jawaban untuk pertanyaan tersebut. Namun, jawaban mahasiswa yang kuliah online sambil bekerja bisa jadi berbeda. Kuliah sambil bekerja bisa dibilang tidak mudah, tetapi mungkin dilakoni jika kamu punya komitmen kuat, kampus yang memfasilitasi, dan dosen yang menyenangkan.

Ya, faktor dosen juga berperan penting dalam menciptakan proses perkuliahan yang menarik dan interaktif. Apalagi, perkuliahan jarak jauh membuat pertemuan dengan dosen hanya berlangsung secara online. Sah-sah saja kalau kamu mengharapkan dosen idaman sebagai pengajar mata kuliah yang diambil.

Buat kamu yang berminat kuliah online, coba lirik dahulu apa saja kriteria dosen idaman versi mahasiswa BINUS ONLINE LEARNING berikut ini.

Punya pengetahuan dan wawasan luas

Dosen idaman harus punya pengetahuan dan wawasan luas. Bukan cuma terkait keilmuan yang ditekuni, tetapi juga berbagai berita dan tren terkini yang sedang digemari mahasiswa. Ini bisa jadi modal utama agar dosen mudah berinteraksi dengan mahasiswa di kelas. Pendek kata, dosen bisa menginspirasi mahasiswa lewat pengetahuan keilmuannya sekaligus kemauannya mengikuti perkembangan zaman alias menjadi dosen gaul.

Komunikatif saat mengajar

Poin satu ini tidak bisa ditawar, terlebih untuk kamu yang menjalani kuliah online. Dosen pintar memang banyak, tetapi yang bisa menyampaikan beragam teori rumit secara informatif dan mudah dipahami tentu butuh keahlian. Bagaimana caranya supaya mahasiswa bisa memahami materi kuliah sekaligus memancing rasa penasaran yang mendorong mahasiswa bertanya lebih banyak, seorang dosen idaman harus bisa melakukan hal itu.

Terbuka untuk diskusi

Dosen komunikatif justru mampu mendorong mahasiswa untuk ingin tahu lebih banyak tentang materi yang sedang dibahas. Saat dosen melontarkan beberapa penjelasan, mahasiswa tergugah untuk mencari tahu lebih lanjut dengan bertanya. Proses perkuliahan interaktif dua arah demikian bisa memantik diskusi mendalam sehingga mahasiswa pun semakin memahami materinya.  

Responsif saat dihubungi

Nah, kriteria dosen idaman ini juga tak kalah penting. Apa pun media yang digunakan untuk mengontak dosen, misalnya melalui pesan dan kolom diskusi di LMS atau jalur komunikasi pribadi, dosen diharapkan dapat merespons dalam waktu relatif cepat. Paling tidak, jika belum sempat membalas atau menjawab panjang lebar, dosen sudah merespons singkat sehingga mahasiswa tidak merasa “digantung” begitu saja.

Bisa jadi tempat konsultasi yang andal

Dosen tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga jadi tempat bertanya dan konsultasi berbagai hal seputar perkuliahan, pekerjaan, hingga kehidupan. Dosen idaman adalah dosen yang mau meluangkan waktu untuk mendengarkan dan menjawab kegundahan mahasiswanya. Tidak harus datang dengan solusi, cukup jadi pendengar yang baik dan merefleksikan permasalahan mahasiswa sampai mereka mendapat insight dan menemukan solusi sendiri. 

Murah hati saat memberi nilai 

Mengerjakan tugas kuliah dan menyelesaikan pekerjaan di kantor secara bersamaan terdengar mustahil. Namun, bagi mahasiswa kuliah online mau tak mau kedua tugas itu harus dilakukan meski harus berkejaran dengan waktu. Itulah mengapa mereka akan berterima kasih pada dosen yang murah hati memberi nilai tugas kuliah. Hal ini menunjukkan dosen bisa memahami situasi mahasiswa dengan cara mengapresiasi setiap hasil kerja kerasnya.

Memberi saran dan kritik yang membangun

Dosen yang baik tidak akan berhenti pada pemberian nilai saja. Namun, dosen mau meluangkan waktu untuk memberi saran dan kritik yang membangun pada tugas-tugas mahasiswa. Mahasiswa sebetulnya lebih membutuhkan feedback tersebut agar tahu mana bagian yang salah dan bagaimana ia bisa memperbaiki hal tersebut. Lagipula bagaimana kamu bisa tahu salahnya di mana jika hanya berbekal nilai sekian? Penjelasan atas suatu kesalahan dalam pengerjaan tugas lebih efektif sehingga mahasiswa bisa memahami materi secara mendalam. 

Dari ketujuh kriteria dosen idaman di atas, mana yang sudah dimiliki dosen kamu?

Kalau kamu ingin berkuliah di kampus yang memfasilitasi kuliah online, BINUS ONLINE LEARNING adalah tujuan utama. Dirancang khusus untuk mereka yang berkuliah sambil bekerja, para dosen pengajar pun bisa memahami perjuangan mahasiswa dalam membagi waktu. Maka, dosen pun melakukan perkuliahan secara fleksibel lewat dukungan fasilitas pembelajaran online yang memadai. Dosen idaman banget kan?

Yuk, gabung dengan BINUS ONLINE LEARNING sekarang demi mewujudkan mimpi meraih gelar sarjana!

Whatsapp