BINUS Online

Cemas Sidang Skripsi? Ini Tips Agar Tidak Grogi

Adaptasi untuk ikut kuliah dan ujian online mungkin bukan masalah untuk kamu, tetapi siapa saja pasti cemas dengan sidang skripsi. Rasa gugup dan cemas berlebih bisa memengaruhi performa saat “tampil” di depan dosen penguji, terutama jika kamu ingin cepat lulus. Bagaimana caranya agar tampil prima tanpa gugup saat menghadapi hari penting ini?

Simak tips-tips berikut agar kamu bisa menyiapkan diri untuk sidang skripsi!

Persiapan: Kunci Utama Sidang Skripsi

Kualitas mahasiswa tidak hanya soal kecerdasan, tetapi juga kemampuannya menyiapkan diri, sama halnya dengan sidang skripsi. Tidak peduli sebagus apa pun skripsimu, persiapan yang kurang matang akan membuatmu gugup bahkan gagal saat sidang skripsi. 

Kamu bisa mulai dengan mencicil persiapan skripsi saat masih semester 5 atau 6, misalnya. Walau ide skripsi belum muncul, kamu pasti sudah menyadari minat ke area atau fokus tertentu dalam jurusanmu. Cobalah membaca skripsi, tesis, atau disertasi di perpustakaan yang sesuai minatmu, lalu catat ide-ide menarik yang bisa kamu jadikan tema skripsi.

Bayangkan isi skripsimu seperti rangkaian menu, mulai dari hidangan pembuka, utama, hingga penutup. Kelompokkan materimu sesuai dengan urutan tersebut, dan hindari melompat dari hidangan pembuka langsung ke penutup. Ketika kamu berkomitmen untuk melakukan ini, kamu pun akan “dipaksa” mempelajari subjek penelitianmu secara lebih rinci.

Ketika skripsimu sudah hampir selesai (tetapi belum dekat waktu sidang), coba lakukan “presentasi” sendirian di depan cermin menggunakan bahan-bahanmu. Walau belum sidang secara resmi, latihan presentasi seperti ini akan membuatmu lebih terbiasa dengan hal sesungguhnya. Mintalah bantuan teman satu jurusan untuk menjadi penonton dan memberimu saran.

Persiapan Lain Sebelum Sidang Skripsi

Masih merasa gugup dan cemas? Inilah beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan untuk bersiap sebelum sidang skripsi.

  • Datang Tepat Waktu

Perhitungkan waktu sebelum sidang skripsi agar kamu bisa datang awal. Keterlambatan bisa memengaruhi kualitas presentasimu. Akan tetapi, pastikan kamu tidak perlu menunggu terlalu lama sebelum masuk ruang sidang (misalnya 30 menit sebelumnya). Hal ini terutama cocok untukmu yang gampang cemas dan susah fokus jika menunggu lama.

  • Kurangi Kafein, Perbanyak Jam Tidur

Kamu mungkin menghabiskan bercangkir-cangkir kopi ketika mengikuti kuliah, ujian online, dan bimbingan skripsi. Akan tetapi, kamu sebaiknya memotong konsumsi kafein minimal sehari sebelum sidang. Kafein bisa membuat kecemasanmu bertambah parah, apalagi jika kamu termasuk sensitif terhadap efeknya.

Sebagai ganti kafein, pastikan tidurmu cukup. Tidurlah minimal enam jam dan pastikan bangun dalam keadaan segar pada hari sidang. Tidur nyenyak tanpa kafein akan membuatmu merasa lebih segar dan siap ikut sidang walau mungkin masih ada kecemasan.

  • Latihan Pernapasan

Jika kamu tipe yang sering cemas, latihan pernapasan bisa membantumu menguasai teknik untuk mengendalikannya. Caranya, temukan tempat yang tenang dan duduklah dengan punggung tegak serta bahu sejajar (tidak bungkuk). Tarik napas dalam-dalam lewat hidung, tahan sejenak, lalu hembuskan perlahan lewat mulut sambil menghitung sampai lima.

Dengan latihan pernapasan, otakmu akan mendapat asupan oksigen yang dibutuhkan untuk menjaga pikiran agar tetap jernih dan fokus. Kamu juga bisa mengurangi suara gemetaran, sesuatu yang biasanya terjadi ketika napasmu pendek-pendek akibat cemas.

  • Undang Teman untuk Menyaksikan Sidangmu

Mahasiswa lain biasanya boleh ikut menyimak sidang skripsi. Kamu bisa mengundang teman yang belum skripsi untuk menontonmu. Mereka bisa memberimu dukungan psikologis, terutama ketika mereka menunjukkan bahasa tubuh seperti mengangguk dan tersenyum memberi semangat.

  • Beri Dirimu Self-Reward

Menjanjikan self-reward untuk diri sendiri bisa cukup membantu menghilangkan kecemasan. Hal ini membuatmu merasa bahwa ada sesuatu yang baik menanti setelah melewati sidang skripsi. Pastikan “hadiah” ini adalah sesuatu yang memang kamu sukai, misalnya makanan atau jajanan kesukaan, buku baru, menonton serial favorit seharian penuh, dan sebagainya.

Sidang skripsi memang mencemaskan bahkan bagi mahasiswa unggulan dengan kualitas tinggi. Akan tetapi, kamu bisa mengendalikan kecemasan tersebut dengan beberapa strategi mudah. Sidang skripsi pun tidak lagi terasa menakutkan!

Whatsapp