BINUS Online

5 Tips Menjaga Keseimbangan saat Kamu Kerja sambil Kuliah Online

Pilihan untuk kerja sambil kuliah saat ini terbuka sangat lebar, apalagi kamu bisa mengikuti perkuliahan daring berkualitas seperti di BINUS ONLINE LEARNING. Lewat kesempatan ini, kamu bisa meraih gelar sarjana dan tetap menjalankan tugas sebagai karyawan secara bersamaan. 

Hanya saja, ada banyak tantangan yang perlu kamu atasi saat bekerja sambil menjalani perkuliahan online. Tantangan terbesarnya adalah menjaga keseimbangan antara kedua aktivitas ini, termasuk saat kamu berada dalam keadaan krisis. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan pekerjaan dan menyelesaikan tugas kuliah dengan baik. 

1. Pilih Jurusan Kuliah Online yang Tepat

Kamu perlu melakukan pemilihan jurusan kuliah secara cermat. Pastikan bahwa program studi yang kamu pilih tidak memberi beban berat. Caranya, pilih jurusan yang kamu sukai. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terbebani saat mengikuti perkuliahan dan mengalokasikan waktu senggang untuk belajar. 

Kabar baiknya, BINUS ONLINE LEARNING menawarkan banyak pilihan program studi yang bisa kamu ikuti secara online. Kamu bisa memilih kuliah S1 reguler, S1 ekstensi, ataupun S2. Pilihan jurusannya variatif, seperti akuntansi, teknik industri, sistem informasi, business management, teknik informatika, master of information technology, dan lain sebagainya. 

2. Pisahkan antara Urusan Kerja dan Kuliah

Untuk membangun keseimbangan antara kerja dan kuliah, kamu perlu memisahkan kedua kegiatan ini. Caranya sederhana. Kamu perlu memfokuskan pikiran pada hal yang tengah dikerjakan. Saat kuliah, kamu hanya mengerjakan tugas dari dosen. Sebaliknya, kamu tidak perlu memikirkan tugas kuliah saat berada di tempat kerja. 

Kamu mungkin berpikir untuk mencoba melakukan multitasking dengan menggabungkan antara pengerjaan tugas kuliah dan kantor. Hanya saja, multitasking bakal memberi beban kerja yang lebih berat pada pikiran kamu. Terlebih lagi, kalau jurusan kuliah dan pekerjaan yang kamu jalani tidak memiliki keterkaitan apa pun. 

3. Dukungan Orang-Orang di Sekitar Sangat Penting

Kamu bakal sangat kesulitan untuk membangun keseimbangan antara kerja dan kuliah online tanpa adanya dukungan orang-orang di sekitar. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menginformasikan kesibukan kerja dan kuliah pada teman atau saudara. Dengan begitu, mereka akan memahami adanya perubahan jadwal aktivitas yang kamu jalani. 

Pada situasi tersebut, tidak menutup kemungkinan orang-orang di sekitar akan membantu saat kamu mengalami gangguan atau krisis. Kalaupun mereka tak bisa memberi bantuan secara nyata, paling tidak kamu akan mendapatkan dukungan motivasi yang bisa mendorong untuk terus berjuang. 

4. Maksimalkan Fasilitas

Layanan kuliah seperti BINUS ONLINE LEARNING menyediakan banyak fasilitas yang bisa membantu kamu agar bisa menyelesaikan tugas dengan lancar tanpa mengganggu waktu kerja. Kamu perlu memaksimalkan berbagai fasilitas tersebut, seperti: 

a. Interaksi dengan Dosen dan Mahasiswa Lain

Kamu dapat memanfaatkan platform Learning Management System (LMS) BINUSMAYA saat mengalami permasalahan saat belajar. Di sini, kamu tidak hanya bisa menemukan berbagai materi perkuliahan. Namun, kamu dapat menggunakan BINUSMAYA untuk berkonsultasi dengan dosen ataupun berdiskusi dengan mahasiswa lain. 

b. Sistem Modular

BINUS ONLINE LEARNING memberi keleluasaan bagi mahasiswa dalam menentukan beban mata kuliah yang diambil. Kamu dapat memanfaatkan kemudahan ini dengan mempertimbangkan kondisi di tempat kerja. Selain itu, pastikan kamu memilih mata kuliah yang jadwalnya tidak bentrok dengan waktu kerja. 

c. Lulus lebih Cepat

Ada pula fasilitas lulus lebih cepat dengan mengikuti Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program ini ditujukan untuk penyetaraan akademik terhadap pelatihan bersertifikasi atau pengalaman kerja yang kamu miliki. Lewat Program RPL, kamu berkesempatan untuk mendapatkan pengakuan hingga 15 SKS. 

5. Jaga Kesehatan

Terdengar sepele, tetapi kamu perlu mengedepankan aspek kesehatan agar tidak ada gangguan dalam aktivitas kerja dan kuliah online. Oleh karena itu, kamu perlu mengalokasikan waktu istirahat dan olahraga yang cukup di sela-sela kesibukan. Dengan tubuh yang fit, kamu tidak akan mengalami permasalahan fisik saat menjalani berbagai kegiatan. 

Nah, itulah lima tips yang bisa kamu praktikkan sebagai upaya menyeimbangkan aktivitas kerja dan kuliah online. Semoga bermanfaat, ya.

Whatsapp