7 Tips Jitu Biar Sidang Skripsi Kamu Berjalan Lancar

Lulus kuliah dan memperoleh gelar sarjana. Itulah hal yang kerap terpikirkan saat kamu menjalani semester akhir perkuliahan. Namun, sebelum mendapatkan gelar sarjana, kamu terlebih dulu harus menyelesaikan satu tantangan berat, yaitu sidang skripsi. Tantangan ini memang menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa tingkat akhir dan kerap membuat kamu merasa gugup. 

Perasaan gugup dan tidak tenang berpotensi membuat proses sidang skripsi kamu jadi tidak lancar. Alhasil, kamu tidak berhasil menjalaninya dengan baik dan berpengaruh pada nilai kelulusan. Untuk menghindari risiko terburuk, kamu perlu melakukan persiapan agar sidang skripsi berjalan lancar. Ada tujuh tips yang bisa kamu lakukan, yaitu: 

1. Pahami Materi Skripsi Secara Mendalam

Cara pertama yang perlu kamu lakukan biar sidang skripsi berjalan lancar adalah memahami materi yang bakal dipresentasikan. Kamu harus benar-benar memahami materi serta data hasil penelitian yang akan disampaikan dalam sidang. Jangan menghafal, tetapi pahami secara mendalam isi dari skripsi kamu. Dengan begitu, kamu bisa menyampaikan materi dengan lancar dan tanpa hambatan. 

2. Berlatih Presentasi

Tips yang tak boleh kamu lewatkan biar sidang skripsi lancar adalah memanfaatkan waktu untuk berlatih presentasi. Kamu dapat mengajak teman untuk melakukan simulasi sidang. Dari simulasi tersebut, kamu jadi tahu kekurangan yang perlu kamu tambahkan dalam materi presentasi. 

3. Mendatangi Sidang Mahasiswa Lain

Beberapa kampus bakal mengadakan sidang skripsi secara terbuka. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai salah satu persiapan sebelum sidang. Dengan begitu, kamu jadi lebih tahu tatanan jalannya sidang skripsi. Kamu pun jadi tahu pertanyaan seperti apa yang kerap dilontarkan oleh dosen penguji. 

4. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing

Momen sebelum sidang skripsi merupakan masa krusial. Dalam kesempatan tersebut, kamu perlu memperbanyak waktu untuk melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Di situ, kamu bisa memperoleh berbagai tips agar bisa lebih tenang dan siap menghadapi sidang skripsi. Terlebih lagi, dosen pembimbing mempunyai pengalaman dalam menemani para mahasiswa dalam menjalani sidang skripsi.

5. Antisipasi Pertanyaan yang Mungkin Diajukan

Sediakan waktu secara khusus untuk menenangkan pikiran. Kesempatan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk melakukan evaluasi pada materi presentasi. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan menemukan beberapa poin krusial yang kemungkinan bakal menjadi bahan pertanyaan oleh dosen penguji. Kamu perlu melakukan antisipasi terkait hal tersebut. 

Sebagai langkah antisipasi, kamu dapat menyusun beberapa poin penting yang kemungkinan bakal dipertanyakan dosen penguji. Selanjutnya, kamu perlu mencari referensi yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut. Pastikan bahwa jawaban yang kamu tulis tidak bertele-tele dan termasuk argumen yang mengada-ada. 

6. Persiapkan Pakaian yang Rapi

Kamu mungkin beranggapan kalau pemilihan pakaian merupakan aspek yang sepele dalam sidang skripsi. Namun, kamu jangan sampai menyepelekanny, apalagi setiap perguruan tinggi menetapkan aturan yang jelas berkaitan dengan penggunaan pakaian saat sidang. Biasanya, mahasiswa diharuskan untuk mengenakan pakaian formal, lengkap dengan jas, sepatu, dan dasi. 

Usahakan untuk mempersiapkan pakaian sidang skripsi jauh-jauh hari. Dengan begitu, kamu tidak akan tergesa-gesa melakukan persiapan ketika menjelang waktu sidang. Jadinya, pikiran kamu bisa lebih fokus untuk menyampaikan materi skripsi dan menghadapi berbagai jenis pertanyaan yang diajukan dosen penguji.

7. Jangan Menginterupsi

Ada kalanya, dosen penguji bakal mencecar kamu dengan meminta penjelasan secara detail terhadap data yang disampaikan. Dalam situasi seperti ini, kamu harus bertindak tenang. Rasa gugup malah membuat melontarkan jawaban yang tidak masuk akal. 

Untuk menenangkan pikiran, dengarkan pertanyaan dosen penguji secara jelas dan sampai tuntas. Hindari kebiasaan memotong pembicaraan mereka. Setelah itu, manfaatkan waktu untuk berpikir sambil minum air putih. Setelah itu, jawab pertanyaan dengan lugas. 

Persiapan dalam menghadapi sidang skripsi ini dapat membuat kamu jadi lebih tenang. Kamu bisa menerapkannya dalam sidang skripsi yang berlangsung secara konvensional ataupun online seperti yang berlangsung dalam sesi perkuliahan BINUS ONLINE LEARNING. 

Hal yang perlu kamu lakukan, tetap tenang. Dengan pikiran yang tenang, kamu bakal bisa menjawab beragam jenis pertanyaan dengan lebih baik.  Semoga bermanfaat, ya. 

Whatsapp