7 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar agar Tetap Giat dan Bersemangat

Belajar menjadi tugas dari setiap mahasiswa. Oleh karenanya, kamu perlu menjaga agar motivasi belajar tidak turun dan terus meningkat. Dengan begitu, kamu dapat mengikuti perkuliahan dengan lancar dan meraih prestasi tinggi. 

Hanya saja, tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan dalam menjaga motivasi belajar agar tetap tinggi. Alhasil, banyak problem akademis yang mereka hadapi selama kuliah. Kalau situasi tersebut dibiarkan saja, tak menutup kemungkinan kamu bakal memperoleh nilai buruk.

Kamu tentunya tak menginginkan hal tersebut, kan? Oleh karena itu, kamu perlu menjaga dan meningkatkan motivasi belajar selama menjalani masa kuliah. Ada tujuh tips ampuh yang bisa kamu praktikkan agar motivasi tetap terjaga dan bahkan bisa meningkat, yaitu: 

1. Temukan Sumber Motivasi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menemukan sumber motivasi belajar. Untuk mengetahuinya, kamu perlu mempertanyakan hal tersebut kepada diri sendiri. Mengapa kamu menginginkan kesuksesan secara akademik? 

Jawaban atas pertanyaan itu bisa beragam dan berbeda untuk setiap orang. Ada orang yang menjawab karena mereka ingin memperoleh nilai terbaik saat lulus. Namun, ada pula mereka yang ingin membanggakan orang tua, biar memperoleh prospek karier cerah, sarana pengembangan diri, dan lain sebagainya. 

Apa pun jawabannya, kamu harus menemukan sesuatu yang menjadi sumber motivasi belajar. Dengan mengetahui apa yang kamu inginkan secara jelas, kamu bakal dengan lebih mudah memotivasi diri sendiri untuk terus semangat belajar. 

2. Membuat Progress Adalah Salah Satu Bentuk Motivasi

Saat mengerjakan tugas atau berada di tengah-tengah semester, kamu mungkin merasa down dan beranggapan kalau meraih nilai bagus sangatlah sulit. Dalam situasi seperti itu, ada satu cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar. Caranya, kamu dapat mengevaluasi progress yang ada. 

Dengan melakukan evaluasi terhadap progress yang telah dilakukan, kamu bisa mengetahui beberapa pencapaian kecil yang berhasil diraih. Kamu bisa memilih untuk melakukan selebrasi untuk setiap keberhasilan meraih target jangka pendek. Dengan begitu, kamu bisa termotivasi untuk melanjutkan progres ke target selanjutnya. 

3. Berkompetisi Secara Sehat

Cara selanjutnya yang dapat kamu coba untuk meningkatkan motivasi belajar adalah lewat kompetisi. Situasi ini bisa kamu terapkan saat memiliki rival secara akademik. Adanya rival, bakal mendorong kamu untuk termotivasi dan giat belajar sehingga memperoleh nilai yang lebih baik. 

4. Temukan Rasa Nyaman saat Belajar

Kamu bakal bisa dengan mudah memotivasi diri sendiri kalau berkuliah di jurusan yang disukai. Namun, bagaimana kalau saat ini berkuliah di jurusan yang bukan merupakan program studi favorit kamu? Dalam situasi seperti itu, menemukan motivasi belajar adalah problem yang sangat sulit. 

Meski begitu, meningkatkan motivasi bagi mahasiswa yang bisa dibilang salah jurusan bukanlah hal mustahil. Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan menemukan fakta menarik terkait program studi tersebut. Fakta itu bisa beragam, salah satu contohnya adalah prospek kerja masa depan. 

5. Rasa Takut Gagal Sebagai Sumber Motivasi

Rasa takut terhadap kegagalan merupakan salah satu hambatan dalam meraih kesuksesan. Di waktu yang sama, ketakutan tersebut juga membuat kamu bakal merasa tertekan. Dalam situasi tersebut, tidak heran kalau seseorang akhirnya memilih untuk tidak bertindak apa pun. 

Namun, tahukah kamu kalau rasa takut gagal bisa pula kamu manfaatkan sebagai sumber motivasi. Kamu bisa mengubah rasa takut tersebut menjadi sebuah tindakan nyata dan belajar keras. Pada akhirnya, kamu akan merasa lebih termotivasi saat belajar. 

6. Tentukan Tujuan yang Ingin Dicapai

Tips selanjutnya adalah dengan menetapkan tujuan yang jelas. Kamu bisa menentukan tujuan dalam dua jenis, yakni jangka pendek dan jangka panjang. Dalam penentuannya, kamu perlu memastikan kalau tujuan tersebut bersifat spesifik, menantang, serta bukan hal yang mustahil dijangkau. 

7. Belajar Sebagai Bagian dari Kebiasaan

Terakhir, kamu perlu menjadikan aktivitas belajar sebagai bagian dari kebiasaan. Hal ini memang cukup sulit dan butuh waktu panjang. Namun, kamu bisa memulainya dengan menyediakan waktu belajar secara rutin. Di waktu bersamaan, kamu juga tetap perlu mengalokasikan waktu untuk bersantai dan bersosialisasi dengan teman.

Itulah tujuh tips yang dapat kamu manfaatkan biar motivasi belajar kamu tetap tinggi. Semoga bermanfaat, ya. 

Whatsapp