BINUS Online

7 Tips Meningkatkan Produktivitas dengan Multitasking

Multitasking menjadi salah satu kemampuan yang saat ini perlu kamu kuasai. Keahlian ini bisa membuat kamu menjadi lebih produktif dibandingkan orang lain. Hanya saja, kamu perlu melakukannya dengan benar. Kalau tidak, multitasking malah menimbulkan permasalahan lain. 

Terdapat beberapa permasalahan yang perlu kamu atasi saat melakukan multitasking, di antaranya adalah burnout, fokus pikiran yang terbagi, dan lain sebagainya. Untuk mengantisipasi problem tersebut, ada tujuh tips yang bisa kamu lakukan biar multitasking berjalan dengan baik, yaitu: 

1. Susun To-do List

Kalau kamu berhadapan dengan beberapa tugas dalam satu waktu, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyusun to-do list. Tindakan ini memang sangat sederhana. Namun, penerapannya dapat membantu kamu dalam menata proses pengerjaan tugas jadi lebih baik. Selain itu, penyusunan to-do list juga berguna untuk memastikan penyelesaian tugas sesuai waktu. 

2. Tetapkan Prioritas

Tips kedua yang perlu kamu lakukan biar multitasking berjalan lancar adalah dengan menetapkan prioritas. Kamu harus menyusun to-do list berdasarkan prioritasnya masing-masing. Selesaikan jenis pekerjaan yang mendesak. Selain itu, kamu juga perlu mengalokasikan durasi waktu yang sesuai untuk waktu pengerjaannya. 

3. Kelompokkan Tugas yang Mirip

Beralih dari satu pekerjaan ke tugas lain yang berbeda bakal sangat melelahkan. Kamu bakal perlu waktu untuk beradaptasi untuk membiasakan diri dengan tugas yang akan dikerjakan. Permasalahan inilah yang kerap menjadi hambatan dalam multitasking dan bisa membuat kamu jadi tidak produktif. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu perlu menyusun daftar tugas yang proses pengerjaannya bisa dilakukan bersamaan. Sebagai contoh, kamu memiliki tugas untuk mengunggah konten di berbagai platform media sosial. Kamu dapat mengelompokkan dan mengerjakannya dalam satu waktu. Cara kerja seperti ini bisa membuat pikiran kamu tetap fokus dan tidak ada waktu terbuang sia-sia.

4. Hindari Distraksi

Menjaga fokus pikiran saat bekerja menjadi sebuah keharusan, apalagi kalau kamu mengerjakan beberapa tugas sekaligus dalam satu waktu. Salah satu cara yang perlu kamu lakukan adalah menghindari distraksi. Jenis distraksi bisa cukup beragam, dan setiap orang bisa berbeda-beda. 

Menghindari distraksi merupakan tantangan berat yang perlu kamu atasi. Apalagi, kalau kamu bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Sebagai solusinya, ada beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi problem distraksi selama WFH, di antaranya: 

  • Sediakan ruang kerja khusus di dalam rumah
  • Ikuti jadwal kerja dan istirahat selayaknya saat bekerja di kantor
  • Minimalkan pemakaian smartphone di waktu kerja
  • Gunakan pakaian yang rapi. Tindakan ini berguna untuk memberi tahu orang-orang di sekitar bahwa kamu sedang dalam posisi bekerja

5. Sediakan Waktu Istirahat Secara Rutin

Kemampuan multitasking memang membuat kamu bisa menyelesaikan beberapa tugas secara lebih cepat. Di waktu yang sama, multitasking juga berpotensi membuat tubuh dan pikiranmu jadi cepat lelah. Tidak menutup kemungkinan, kamu bakal mengalami burnout yang kemudian berpengaruh pada kualitas hasil kerja. 

Oleh karena itu, kamu perlu mengalokasikan waktu istirahat yang cukup di sela-sela aktivitas multitasking. Tak butuh waktu lama, kamu dapat memanfaatkan waktu singkat untuk beristirahat. Sebagai contoh, kamu bisa mengalokasikan waktu sekitar 10 menit untuk break. Selama itu, kamu bisa berjalan-jalan, menikmati kopi, dan sebagainya. 

6. Latihan

Multitasking bukanlah keahlian yang bisa kamu kuasai dalam waktu singkat. Kamu perlu latihan untuk bisa memilikinya. Lewat latihan, kamu dapat melakukan multitasking dengan lebih mudah. Sebagai bantuan, kamu bisa memanfaatkan tes multitasking online atau bahan latihan di internet. 

7. Temukan Pola Kerja yang Cocok

Tips terakhir, kamu perlu menemukan pola kerja multitasking yang sesuai. Setiap orang bakal menerapkan cara kerja berbeda. Sebagai contoh, ada orang yang memiliki kecenderungan kerja dengan fokus tinggi di pagi hari. Ada pula orang yang terbiasa kerja nyaman dengan diiringi lantunan musik. 

Nah, itulah tujuh tips yang dapat kamu terapkan untuk bisa multitasking. Semoga bermanfaat, ya!

Untuk meningkatkan produktifitas, kamu juga perlu meningkatkan kompetensi diri, yuk ikutan langsung di acara ONE-X (Online Learning Expo) yang akan digelar pada 23 – 25 September 2021. catat dan ingat tanggalnya yah dan segera bergabung di ONE-X https://online.binus.ac.id/one-x/ karena akan ada serangkaian kegiatan menarik.

Whatsapp