BINUS Online

4 Alasan Mengapa Kemandirian Harus Dilatih Sejak Dini

Pada dasarnya manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Meski begitu bukan berarti kamu bisa bergantung kepada orang lain setiap saat, ya. 

Dalam menjalani hidup, menjadi mandiri itu perlu. Sebab, tak selamanya orang-orang di sekitar kita seperti keluarga atau teman mampu membantu kita menghadapi beban hidup yang semakin bertambah dari hari ke hari. 

Nah, apakah saat ini kamu sudah hidup sebagai pribadi yang mandiri? Kalau belum, cari tahu manfaat sikap mandiri dan bagaimana cara melatihnya berikut ini. 

4 Alasan Mengapa Harus Belajar Mandiri Sedini Mungkin

Tahukah kamu mengapa sikap mandiri itu harus dilatih sedini mungkin? Cari tahu jawaban lengkapnya pada poin-poin di bawah ini. 

  • Agar Tidak Mudah Mengandalkan Orang Lain

Sewaktu kecil kita mungkin terbiasa menerima bantuan dari orang tua. Ketika dewasa pun terkadang orang tua turut andil dalam membantu kita menjalin hidup. Meski menguntungkan, tetapi kamu tidak boleh lengah dan wajib melatih kemandirian diri sendiri. 

Ingat, tak selamanya orang tua bisa diandalkan. Suatu hari nanti ada masanya tenaga mereka mulai menurun dan justru kamulah yang menjadi tulang punggung untuk mereka. 

Jadi, mulai dari sekarang, yuk, biasakan hidup mandiri agar tidak selalu bergantung dengan uluran tangan orang lain. Ketika kamu bisa memegang kendali atas hidupmu, maka cita-cita setinggi apa pun akan terasa mudah untuk diraih. 

  • Bekal untuk Bertahan Hidup di Dunia yang Keras Ini

Semakin bertambahnya usia, semakin besar tanggung jawab yang akan kita terima. Apalagi kalau kamu memutuskan untuk berumah tangga, tentunya sikap mandiri menjadi bekal penting yang harus dimiliki. 

Sementara di luar sana, orang bisa melakukan apa saja untuk bertahan hidup di dunia yang keras ini. Kamu pun harus demikian. Oleh karena itu, latihlah sikap mandiri mulai dari sekarang agar bisa survive menjalani hidup. 

  • Melatih Mental Jadi Lebih Tangguh 

Manfaat sikap mandiri yang ketiga adalah melatih mental menjadi lebih tangguh. Ketika kita terlalu bergantung kepada orang lain, tanpa disadari mental akan menjadi lebih manja. Padahal, dalam menjalani hidup kita dituntut menjadi pribadi yang tangguh agar bisa melewati setiap permasalahan yang ada. 

Untuk menumbuhkan perilaku tangguh, kamu bisa mulai dengan belajar hidup mandiri. Dengan cara ini lama kelamaan kamu akan menjadi orang yang kuat dan terbiasa dengan garis kehidupan yang ada kalanya penuh ujian. 

  • Membantu Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Melatih sikap mandiri ternyata juga bisa membantu menumbuhkan rasa percaya diri, lho. Ya, karena sudah terbiasa melewati rintangan yang ada tanpa bantuan orang lain, ke depannya jika ada masalah kamu akan lebih percaya diri untuk mengatasinya. 

Tips Melatih Diri Menjadi Seorang yang Mandiri

Setelah mengetahui manfaat sikap mandiri, sekarang cari tahu bagaimana cara menumbuhkan kemandirian lewat tips berikut.

  • Cobalah Membuat Keputusan untuk Diri Sendiri

Membuat sebuah keputusan untuk diri sendiri memang tidak mudah. Apalagi kalau hal itu berhubungan dengan kesuksesan kita di masa depan. Meski sulit, sebisa mungkin ambillah keputusan tanpa bantuan orang lain. 

Inilah cara pertama agar kamu bisa hidup dengan mandiri. Agar mendapatkan keputusan yang tepat, kamu bisa menimbang baik buruk dari setiap opsi yang ada.  

  • Jangan Cepat Meminta Bantuan Orang Lain

Jika memang masalah yang ada bisa dihadapi seorang diri, jangan buru-buru untuk meminta pertolongan kepada orang lain. Ingat ya, orang lain juga bisa merasa jengah kalau kamu terus menerus meminta bantuan mereka. 

Daripada dikenal sebagai orang yang menyebalkan, mulai sekarang jangan minta bantuan kalau tidak begitu perlu. 

  • Belajarlah Menanggung Beban Hidup yang Ada 

Tipe melatih sikap mandiri yang terakhir adalah belajar untuk menanggung beban hidupmu sendiri. Meski begitu bukan berarti kamu tidak bisa menceritakan permasalahan tersebut kepada orang lain. 

Hanya saja ketika kamu merasa bisa mengatasi seorang diri, maka atasilah. Dengan begitu kamu akan tumbuh jadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh. 

Sikap mandiri merupakan salah satu kemampuan dasar agar bisa survive menjalani kehidupan. Kalau kamu merasa belum menjadi pribadi yang mandiri, mulai dari sekarang ikuti tips di atas untuk menumbuhkan rasa kemandirian. 

Nah, jika kamu sudah menjadi pribadi yang mandiri dan ingin meningkatkan kompetensi diri, karier dan bisnis, kamu bisa mengikuti serangkaian kegiatan ONE-X (Online Learning Expo) yang akan digelar pada 23 – 25 September 2021. catat dan ingat tanggalnya yah dan segera bergabung di ONE-X https://online.binus.ac.id/one-x/

Whatsapp